65 Tahun Berkarya, Astra Libatkan Masyarakat untuk Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama

65 Tahun Berkarya, Astra Libatkan Masyarakat untuk Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama
info gambar utama

Keberadaan sekaligus kepemilikan perusahaan multinasional dengan rekam jejak yang gemilang, tak dimungkiri menjadi salah satu hal yang menjadi tolak ukur dan berpengaruh dalam menilik keberhasilan bidang ekonomi dan bisnis suatu negara.

Adanya sejumlah perusahaan besar yang dikenal tidak hanya di dalam negeri namun juga secara internasional, dapat membuktikan jika arah pertumbuhan yang dimiliki suatu negara kian menjanjikan dari masa ke masa.

Dari sekian banyak perusahaan yang dimaksud, nyatanya ada satu yang hingga saat ini berhasil membuktikan eksistensi tidak hanya untuk mengukuhkan diri sebagai perusahaan yang menjalankan kepentingan bisnis semata, namun sekaligus bergerak dan berkontribusi untuk membangun Indonesia, yakni Astra.

Astra, Setelah 60 Tahun Menjadi Kebanggaan Negeri

65 tahun tumbuh bersama Indonesia

Tidak langsung menjadi entitas bisnis besar yang diperhitungkan seperti sekarang, Astra membuktikan bahwa semuanya dimulai dengan jerih payah dan deretan rintangan yang pasti akan selalu menghampiri di setiap perjalanannya.

Perusahaan yang pertama kali didirikan pada tahun 1957 ini dulunya dibentuk dari sebuah kantor kecil yang berlokasi di Jalan Sabang, Jakarta dan hanya mempekerjakan empat orang karyawan.

Saat ini setelah melalui 65 tahun perjalanan yang tidak mudah, Astra berhasil berkembang bak ‘pohon rindang’ dan menjadi rumah bagi tujuh lini bisnis yang dapat berdiri berkat dibangun oleh lebih dari 188.000 insan tanah air, yang berkarya lewat sebanyak 240 anak perusahaan di berbagai sub-lini.

Berbagai peristiwa penting sudah dilalui, mulai dari krisis moneter di tahun 1998, krisis finansial pada tahun 2008, melemahnya perekonomian global pada tahun 2013, hingga pandemi Covid-19 yang masih melanda sejak awal tahun 2020 hingga saat ini. Berbagai rintangan tersebut telah dihadapai dengan semangat bergerak dan tumbuh bersama masyarakat Indonesia, hingga sampai di usia ke-65 tahun ini.

Tak heran, jika Djony Bunarto Tjondro selaku Presiden Direktur Astra menyatakan jika Langkah bertahan sampai di tahun ini merupakan suatu pencapaian yang istimewa.

“HUT ke-65 Astra menggambarkan sebuah ajakan kepada seluruh Insan Astra beserta keluarga dan bersama masyarakat luas yang tersebar di seluruh pelosok negeri, untuk berbagi semangat positif dan optimisme, bergerak dan tumbuh bersama menuju masa depan yang lebih baik,” tuturnya.

Semangat Saling Bantu Astra yang Menjangkau Desa-Desa di Pedalaman Indonesia

Rekam jejak kontribusi Astra

Selama 65 tahun berkarya, tentu ada banyak kontribusi yang diberikan Astra untuk masyarakat di tanah air. Misalnya saja, selama kurang lebih setahun belakangan ini Astra aktif menggaungkan gerakan #SemangatSalingBantu.

Terjun ke berbagai bidang, misalnya di sepanjang tahun 2021 kemarin hingga saat ini Astra turut serta aktif mengajak masyarakat untuk berpartispasi sekaligus memfasilitasi gerakan #SemangatSalingBantu melalui peran baik yang berdampak positif, seperti menghemat air dan energi di setiap aktivitas, memilah sampah, mengurangi pemakaian plastik sekali pakai, menanam dan merawat tanaman, serta menerapkan pola hidup sehat.

Selain itu, Astra juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menebar kebaikan dengan melakukan kampanye unggahan konten di media sosial yang akan dikonversikan oleh Astra menjadi satu paket bantuan yang akan dibagikan untuk masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

Sambut HUT ke-76 Kemerdekaan RI, Astra Hadirkan Gerakan Semangat Saling Bantu

Perayaan HUT ke-65 yang utamakan SDG’s

Di perayaan ulang tahun ke-65 kali ini, Astra juga akan melakukan rangkaian kegiatan di sepanjang tahun 2022 dengan mengangkat tema “Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama”, yang akan berlangsung hingga bulan November 2022 mendatang.

Melakukan serangkaian acara yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan, misalnya saja pada tanggal 22 februari kemarin Astra telah mengadakan webinar bertajuk InnovNation bertema “Transforming Innovation for Sustainability” yang diisi oleh berbagai pakar dari sejumlah bidang terkait.

Adapun beberapa tokoh yang terlibat di antaranya Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Makarim, Iman Usman selaku Co-Founder & COORuangguru, M. Alfatih Timur selaku CEO & CoFounder Kitabisa, Piotr Jakubowski selaku Co-Founder & Chief Growth Officer Nafas, Penggiat Lingkungan dan Aktivis Perlindungan Hewan Davina Veronica, dan Pendiri Kebun Kumara Soraya Cassandra.

Dari segi peningkatan kualitas hidup dan langkungan, Astra juga telah melakukan berbagai engagement activity yang melibatkan seluruh Insan Astra melalui beragam kompetisi meliputi naik sepeda, lari, dan jalan kaki untuk mengumpulkan 65.000 kilometer yang nantinya akan dikonversi menjadi bantuan penanaman 65.000 pohon, pembangunan 65 panel surya, penyerahan 650 paket pendidikan, dan 6.500 kantong darah.

Rangkaian HUT ke-65 Astra akan berlangsung dengan mengusung tema hari besar dan nuansa khas wilayah-wilayah Nusantara, seperti Hari Pendidikan Nasional yang bernuansa Jawa, Hari Lingkungan bernuansa Sumatra, Hari UMKM dan HUT ke-77 Republik Indonesia bernuansa Sulawesi, Hari Keselamatan Berlalu Lintas dengan nuansa Kalimantan, dan ditutup oleh Hari Kesehatan bernuansa Bali, Nusa Tenggara, dan Indonesia Bagian Timur.

Seluruh rangkaian kegiatan HUT ke-65 Astra akan mengajak seluruh insan Astra bersama-sama dengan masyarakat untuk semangat bergerak dan tumbuh bersama mencapai cita-cita sejahtera bersama bangsa, dan mendukung Sustainable Development Goals Indonesia.

Hadirkan Gerakan Perubahan, 11 Anak Muda Terima Apresiasi SATU Indonesia dari Astra

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini