SATU Indonesia dan Ajakan kepada Anak Muda untuk Ikut Bergerak Bersama

SATU Indonesia dan Ajakan kepada Anak Muda untuk Ikut Bergerak Bersama
info gambar utama

Apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards kembali digelar pada 2022. Melalui SATU Indonesia Awards yang saat ini memasuki tahun pelaksanaan yang ke-13, Astra berkomitmen untuk "Menjadi Milik yang Bermamfaat Bagi Bangsa dan Negara".

Hal ini memang sejalan dengan perjalanan 65 tahun Astra dalam mencapai cita-cita sejahtera bersama bangsa serta mengajak masyarakat, khususnya kaum muda, untuk semangat bergerak dan tumbuh bersama.

“Keberhasilan suatu bangsa tidak terlepas dari andil positif para pemudanya. Kami percaya ada banyak mutiara bangsa yang bekerja keras tanpa pamrih untuk lingkungannya yang dapat diapresiasi melalui 13th SATU Indonesia Awards 2022 ini,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (9/3/2022).

Menurut Riza, ajang tersebut merupakan kontribusi grup Astra untuk berperan aktif meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta, dan karya terpadu, lewat produk serta layanan yang unggul dan kontribusi sosial yang berkelanjutan.

Hal yang memang sesuai dengan filosofi Catur Dharma Astra, yakni menjadikan Astra perusahaan yang bermanfaat bagi bangsa dan negara, perusahaan yang menjadi kebanggaan bangsa dan negara.

65 Tahun Berkarya, Astra Libatkan Masyarakat untuk Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama

Pada 2021 Astra telah mengapresiasi 493 anak muda di seluruh Indonesia, terdiri dari 81 penerima penghargaan tingkat nasional dan ada 412 penerima penghargaan tingkat provinsi di lima bidang yakni kesehatan, pendidikan, lingkungan, kewirausahaan, dan teknologi.

Beberapa dari penerima apresiasi tersebut saat ini telah berkontribusi bersama Astra di 133 Kampung Berseri Astra dan 930 Desa Sejahtera Astra di 34 Provinsi seluruh Indonesia. Menurut Riza hasil dari apresiasi ini adalah anak muda tersebut bisa berkontribusi lebih besar bagi Bangsa Indonesia.

Sementara dalam 13th SATU Indonesia Awards 2022, Astra kembali bekerjasama dengan beberapa partner yaitu Tempo, Antara, Kumparan, IDN Times, dan Young On Top. Penerima apresiasi ini akan mendapatkan dana bantuan kegiatan Rp65 juta dan pembinaan kegiatan.

Sementara itu pada pelaksanaan Kick-Off 13th Satu Indonesia Awards juga menghadirkan para peraih apresiasi 12th SATU Indonesia Awards 2021 yaitu Achmad Irfandi, Siti Salamah, dan Muhammad Zidny Kaffa sebagai pembicara.

Selain itu para dewan juri SATU Indonesia Awards juga turut hadir dan berpartisipasi dalam proses seremoni Kick-Off 13th SATU Indonesia Awards 2022. Dalam proses seremoni tersebut juga diumumkan peluncurkan buku elektronik atau e-book SATU Indonesia Awards yang menceritakan kisah-kisah inspiratif seluruh penerima apresiasi dari tahun ke tahun.

Para pemberi inspirasi

Tak ada yang menggenggam gawai, mereka sibuk berlarian dan bermain permainan tradisional dengan gelak tawa yang riang. Itulah suasana yang tergambar di sebuah kampung bernama Kampung Lali Gadget yang berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur.

Achmad Irfandi, seorang pemuda yang mengaku resah terhadap tingginya intensitas penggunaan gawai pada anak-anak, sehingga membuatnya menggagas berdirinya kampung Lali Gagdget.

Kini gagasannya berhasil mengurangi kecanduan anak-anak di desanya terhadap gawai. Kisah inspiratifnya tersebut membawa Irfandi menjadi Penerima Apresiasi 12th SATU Indonesia Awards 2021 di Bidang Pendidikan.

“Manusia harus bisa mengimbangi teknologi,” katanya.

Salah satu jurus jitu yang dimanfaatkannya untuk mengurangi ketergantuan anak terhadap gadget dengan memanfaatkan media permainan tradisional. Walau dirinya mengaku pada awalnya caranya tersebut kurang berhasil.

Tetapi upayanya untuk mengkampanyekan manfaat dan memperkenalkan permainan tradisional pun berbuah positif. Kini Kampung Lali Gadget telah memilki anak asuh sekiar 30-50 orang yang berasal dari anak-anak sekitar kampung.

Sementara itu Siti Salamah, penerima Apresiasi 12th SATU Indonesia Awards 2021 Kategori Kelompok merintis pengelolaan sampah terintegrasi bersama rekan-rekannya dengan payung Waste Solution Hub.

Peduli Sesama untuk Kehidupan yang Lebih Baik

Di sini mereka menghubungkan produsen sampah dan bank sampah, serta meningkatkan kemandirian sosial para pemulung. Siti menggagas gerakan ini sejak pertegahan 2019. Kegiatan inovasi sosial ini berfokus pada pengelolaan sampah dan ekonomi.

“Aktivitas Waste Solution Hub dibagi menjadi beberapa program: Pengelolaan Sampah Event dan Cluster perumahaan dilakukan dengan proses end-to-end untuk menambah nilai berkelanjutan,” kata Siti.

Hingga kini Waste Solution Hub telah mengedukasi lebih dari 23.435 pengunjung. Jumlah sampah yang dikelola saat ini 4.388 kilogram, dan juga telah memberdayakan pemulung lebih dari 1.222 orang di wilayah Tangerang Selatan.

“Waste Solution Hub punya target memiliki 10.000 mitra pemulung, meningkatkan pendapatan pemulung sebanyak 100 persen, mengelola 1.000 ton sampah per hari, menghasilkan lebih dari 1.000 produk daur ulang dan mengembangkan lebih dari 10 area pusat daur ulang dan pembelajaran di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Sedangan melalui gerakan Panggung Tanggap Covid-19 (PTC-19), Muhammad Zidny Kafa berhasil menekan angka kasus Covid -19 di tempat tinggalnya, Desa Punggungharjo, Bantul, DI Yogyakarta.

PTC 19, didirikan berawal dari keresahan Zidny dan para pemuda lain yang melihat lamanya respons tim Siaga Covid 19 di daerah mereka. Akhirnya mereka meminta salah satu lurah daerah setempat untuk membuat gerakan yang konkret.

“Tim PTC-19 menyediakan platfrom website untuk mendata kondisi masyarakat yang bisa diisi secara online. Melalui data yang diunggah masyarakat, tim PTC-19 selanjutnya mengindentifikasi kelompok rentan tertular virus. Dengan demikian, pemerintah desa bisa mengatur sumber daya manusia dan tenaga kesehatan untuk menanggulangi pandemi,” paparnya.

PTC 19 juga memberikan bantuan ekonomi kepada warga Bantul yang kesulitan. Saat itu mereka membagikan sembako berupa bahan pokok kepada warga. Namun sejak November 2020, tim PTC lebih fokus memberikan bantuan soal kesehatan saja.

“Harapan tim PTC 19 adalah agar Covid 19 segera hilang dan masyarakat bisa hidup normal kembali,” pungkasnya.

Dewan juri dan syarat pendaftaran

Adapun dalam 13th Satu Indonesia Awards 2022 terdapat sejumlah pihak sebagai juri. Mulai dari Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) Prof. Nila Moeloek, Dosen Ilmu Lingkungan Pascasarjana Ui Prof Emil Salim.

Pegiat seni Dian Sastrowardoyo, hingga Head of Corporate Communication Astra Boy Kelana dan Head of Environment & Social Responsibilty Astra Diah Suran Febrianti.

Berikut syarat dan ketentuan pendaftaran 13th Satu Indonesia Awards 2022:

  • Berusia maksimal 35 tahun,
  • Individu atau kelompok (minimal 3 orang),
  • Kegiatan harus orisinal,
  • Kegiatan telah berlangsung minimal 1 tahun,
  • Belum pernah menerima penghargaan nasional/internasional,
  • Bukan karyawan Grup Astra dan mitra SATU Indonesia Awards,
  • Dapat mendaftarkan orang lain yang memenuhi persyaratan dan ketentuan mengikuti 13th SATU Indonesia Awards 2022, dan
  • Program yang diajukan tidak pernah menerima manfaat dari Grup Astra.

Penerima apresiasi tingkat nasional masing-masing akan mendapatkan dana bantuan kegiatan Rp65 juta dan pembinaan kegiatan.

Pendaftaran dibuka mulai 9 Maret 2022 hingga 9 Agustus 2022. Informasi lebih lengkap tentang SATU Indonesia Awards dapat diakses melalui www.satu-indonesia.com.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

RK
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini