Forest Bathing, Cara Ampuh Hilangkan Stres

Forest Bathing, Cara Ampuh Hilangkan Stres
info gambar utama

Pernahkah Goodmates kata forest bathing? Istilah ini memang masih cukup asing di Indonesia. Meski demikian, banyak orang tidak sadar telah melakukan forest bathing. Mengingat, banyak orang yang melakukan kegiatan ini untuk melepas penat maupun rekreasi.

Jika kamu merasa stres, penat terhadap lika-liku kehidupan, hingga permasalahan kesehatan mental, forest bathing bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurai permasalahan-permasalahan.

Sebagian orang pasti pernah membayangkan bagaimana menelusuri hutan dengan suasana hening dan suara-suara khas di hutan. Jika kamu juga, kamu sedang membayangkan bagaimana menikmati aktivitas forest bathing.

Baca juga:Tak Hanya Menyenangkan, Menggambar Bisa Menyehatkan Mental

Ada beragam manfaat positif dari kegiatan ini bagi orang-orang yang merasa stres hingga menderita kesehatan mental. Aktivitas ini berasal dari Jepang sejak tahun 1980-an dan mulai menyebar ke seluruh dunia hingga saat ini. Lalu, apa itu forest bathing? Berikut penjelasannya.

Mengenal Forest Bathing

Illustrasi Forest Bathing | Foto: Pexels
info gambar

Sejak dahulu, orang Jepang banyak melakukan praktek forest bathing atau shirin-yoku. Kata “shirin” memiliki arti hutan, sedangkan “yoku” berarti mandi. Artinya, kegiatan ini memanfaatkan suasana hutan.

Aktivitas satu ini bukanlah sebuah olahraga, kegiatan hiking, atau jogging di dalam hutan. Akan tetapi menjadi suatu aktivitas atau praktik sadar dan kontemplatif untuk tenggelam dalam pemandangan, suara, dan aroma hutan.

Cara Melakukan Forest Bathing

Illustrasi Forest Bathing | Foto: Pexels
info gambar

Melakukan kegiatan ini bukanlah hal yang susah dan tidak memerlukan persiapan khusus yang menghabiskan biaya besar. Hal pertama yang kamu harus lakukan adalah menemukan lokasi hutan dan pastikan itu aman.

Kamu juga bisa meninggalkan ponsel atau kamera untuk memberikan efek lebih dalam. Setidaknya, jangan membuka atau mengakses perangkat tersebut selama kamu melakukan forest bathing. Hal itu bertujuan agar kamu tidak terdistraksi.

Jika sudah, kamu bisa berjalan menelusuri hutan. Tidak perlu memperhatikan ke mana arahnya, biarkan tubuhmu menuntun diri. Tidak perlu juga memperhatikan seberapa lama atau seberapa jauh, kamu hanya perlu menikmati suasana dan atmosfer hutan.

Baca juga:4 Hal Kecil Ini Bisa Membuatmu Jadi Orang yang Lebih Baik

Kemudian, aktifkan seluruh indera. Bukan hanya sekadar melakukan, tapi lakukan selayaknya kamu sedang bermeditasi. Tidak perlu buru-buru, nikmati suasana segar hutan, hembusan angin, suara burung, dan sejuknya hutan.

Selanjutnya, kamu perlu melakukan kegiatan ini secara konsisten. Pada awal kamu melakukan kegiatan ini pasti sangat sulit dan tidak terbiasa. Oleh karena itu, kamu harus membiasakan diri untuk menemukan pola bagaimana kamu melakukannya.

Manfaat Forest Bathing

Illustrasi Forest Bathing | Foto: Pexels
info gambar

Ada banyak manfaat forest bathing bagi kamu yang bisa melakukannya dengan konsisten dan sungguh-sungguh. Jika kamu hanya melakukannya untuk konten media sosial atau seru-seruan bersama teman, tentu manfaatnya tidak maksimal.

Temuan dari peneliti Nippon Medical School, Tokyo, Japan mengemukakan bahwa orang-orang yang sering melakukan kegiatan ini memiliki tekanan darah yang rendah. Selain itu, tingkat kecemasan berlebih juga bisa menurun.

Hal ini membuat pikiran bisa lebih tenang dari beban kehidupan. Dalam tubuh, hormon stres seperti adrenalin akan menurun saat menghabiskan waktu meresapi suasana hutan. Itulah mengapa banyak psikolog merekomendasikan kegiatan ini.

Baca juga:Bukan Hanya UI, Ini Deretan Hutan Kampus di Indonesia

Selain itu, melakukan aktivitas ini juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh karena tanaman dan pepohonan secara alami mengeluarkan zat phytoncide. Zat ini adalah minyak esensial alami dari tanaman yang melindungi dari kuman dan serangga.

Menghirup udara hutan juga dapat meningkatkan kadar sel natural killer dalam tubuh. Sel tersebut bertugas untuk melawan infeksi hingga kanker. Jika kamu melakukan aktivitas forest bathing, satu hal yang perlu kamu ingat adalah kegiatan ini bukan olahraga di hutan.

Lebih tepatnya, forest bathing adalah kegiatan meditasi untuk meresapi atmosfer dalam hutan. Kamu bisa melakukannya secara konsisten untuk memperoleh manfaat yang maksimal.

Referensi: Merdeka | Sehatq | Suara

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini