Intip Panduan Lengkap Menonton Pertamina Grand Prix Of Indonesia di Mandalika

Intip Panduan Lengkap Menonton Pertamina Grand Prix Of Indonesia di Mandalika
info gambar utama

Hari yang ditunggu akhirnya datang juga. Seperti yang sudah kita nanti-nantikan selama hampir dua tahun terakhir, hari ini, Jumat (18/3/2022), gelaran Pertamina Grand Prix Of Indonesia resmi dimulai.

Para pembalap dari Idemitsu Asia Talent Cup (IATC), kelas Moto3, Moto2, dan kelas utama MotoGP akan unjuk gigi di ajang Pertamina Grand Prix Of Indonesia yang diadakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengumumkan bahwa jumlah penonton ajang balap tersebut pada 20 maret 2022 maksimal sebanyak 60 ribu orang. Setiap pengunjung, kru, dan pembalap, tidak wajib menunjukkan hasil RT-PCR atau Rapid Test Antigen selama dirinya sudah dua kali vaksin.

“Diharapkan penyelenggaraan MotoGP dapat menciptakan multiplier effect bagi ekonomi lokal dan regional melalui upaya memaksimalkan pelibatan UMKM sehingga mampu meningkatkan dan mempercepat agenda pemulihan ekonomi nasional," ujar Dirjen Bina Adwil Kemendagri, Safrizal.

Pada kesempatan berbeda, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno turut menyampaikan harapannya dari penyelenggaraan Pertamina Grand Prix Of Indonesia.

"MotoGP Mandalika ini kita harapkan bisa membangkitkan ekonomi, membuka peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya dan kami meyakini bahwa ini adalah kebijakan yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu," kata Sandiaga.

Sebagai bentuk dukungan, masyarakat dapat memeriahkan ajang balap bergengsi ini dengan menonton Pertamina Grand Prix Of Indonesia secara langsung dan menjadi bagian dari sejarah. Selain melihat aksi para pembalap, masyarakat juga dapat merasakan langsung bagaimana kondisi sirkuit baru di Mandalika dan segala keindahan yang ada di sekitarnya.

Berikut panduan lengkap menonton Pertamina Grand Prix Of Indonesia, dari membeli tiket, transportasi, akomodasi, hingga fasilitas lain yang dapat menunjang aktivitas Anda.

Kilas Balik Progres Pembangunan Pertamina Mandalika International Street Circuit

Harga dan pembelian tiket

Pembelian tiket Pertamina Grand Prix Of Indonesia bisa dibeli secara daring di Xplorin, Tiketapasaja.com, Tiket.com, My Pertamina Apps, serta DyandraTiket.com. Bisa juga membeli langsung di Alfamart, Indomaret, dan Angkasa Pura Hotel.

Berikut harga tiket sesuai kategori:

  • General Admission:

- 18 Maret 2022 Day 1: Harga Rp115.000

- 19 Maret 2022 Day 2: Harga Rp287.500

- 20 Maret 2022 Day 3: Harga Rp575.000

- Paket Weekend Pass: Harga Rp805.000

  • Standard Grandstand:

-18 Maret 2022 Day 1: Harga Rp230.000

- 19 Maret 2022 Day 2: Harga Rp747.500

- 20 Maret 2022 Day 3: Harga Rp1.150.000

- Paket Weekend Pass: Harga Rp1.725.000

  • Premium Grandstand:

- 18 Maret 2022 Day 1: Harga Rp431.250

- 19 Maret 2022 Day 2: Harga Rp1.150.000

- 20 Maret 2022 Day 3: Harga Rp1.725.000

- Paket Weekend Pass: Harga Rp 2.587.000

Adapun pilihan tiket terusan tiga hari dengan harga Rp10 juta untuk Deluxe Class dan Rp15 juta untuk Premier Class.

Cuma di Indonesia, Nonton MotoGP Mandalika Bisa Sambil ‘Piknik’ Gelar Tikar

Transportasi menuju Mandalika dan di area sirkuit

Untuk penerbangan menuju Mandalika, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan telah menyiapkan rute domestik dengan total 79.603 tempat duduk untuk periode 12-20 Maret 2022.

Untuk rincian rute penerbangan per hari, yaitu dari Jakarta-Lombok 13 kali, Surabaya-Lombok 9 kali, Denpasar-Lombok 14 kali, dan Bima-Lombok 4 kali, Makassar-Lombok 2 kali, Kulon Progo-Lombok 2 kali, dan Labuan Bajo-Lombok 1 kali.

Penerbangan asal Bandara Soekarno-Hatta akan dilayani oleh Garuda Indonesia, Citilink, Batik Air, Lion Air, AirAsia, dan Super Air Jet. Sedangkan dari Bandara Yogyakarta International Airport akan dilayani AirAsia, dan Lion Air. Sementara dari Bandara Juanda Surabaya akan dilayani Citilink, Lion Air, dan Garuda Indonesia.

Kemudian jika terbang dari Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali akan dilayani Citilink dan Wings Air, Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III Sumbawa akan dilayani Wings Air, Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima akan dilayani Wings Air, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar akan dilayani Lion Air dan Wings Air.

Selain penerbangan juga telah disiapkan pelayanan angkutan penyeberangan menggunakan Long Distance Ferry dari beberapa titik, yaitu Padangbai-Lembar, Kayangan-Poto Tano, Tanjung Benoa-Kuta Mandalika, dan Surabaya-Lembar, dan Ketapang-Lembar.

Sementara itu, untuk menuju area Pertamina Mandalika International Street Circuit pun sudah disiapkan bus gratis untuk penonton. Kemenhub telah menyiapkan 278 unit bus antarmoda yang terdiri dari 27 unit bus besar, 70 unit bus sedang, dan 181 unit bus kecil.

Adapun beberapa titik yang menjadi pusat naik-turun bus antara lain Pelabuhan Gili Mas, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Bangsal, Pelabuhan Kayangan, pusat kota Mataram (Eks Bandara Selaparang), dan Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid (BIZAM).

Berikut rute dan jadwal bus gratis ke Pertamina Mandalika International Street Circuit:

-Bangsal ke Mandalika pukul 06.30-12.00 WITA dan Mandalika ke Bangsal 16.00-22.00 WITA.

- Eks Bandara Selaparang ke Mandalika 06.30-12.00 WITA dan Mandalika ke eks Bandara Selaparang 16.00-22.00 WITA.

- Lembar Pelabuhan Gili Mas ke Mandalika 16.00-22 WITA dan Mandalika ke Lembar Gili Mas Mas 16.00-22.00 WITA.

- Kayangan ke Mandalika 06.30-12.00 WITA dan Mandalika ke Kayangan 16.00-22.00 WITA.

- Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) ke Mandalika 06.30-12.00 WITA dan Mandalika ke BIZAM 16.00-22.00 WITA.

Kemudian untuk di dalam kawasan Mandalika pun tersedia shuttle bus dengan tujuh rute, yaitu Parkir Barat dan Parkir Timur menuju Gate 1, Gate 2, dan Gate 3.

Mengintip Desa Bonjeruk, Destinasi Wisata Dekat Sirkuit Mandalika

Pilihan akomodasi

Berkemah di Mandalika | Dok. Kemenparekraf
info gambar

Untuk menyambut antusias penonton Pertamina Grand Prix Of Indonesia, berbagai pihak telah bekerja sama dalam menyiapkan akomodasi. Menurut Dinas Pariwisata NTB, tersedia 22.452 unit kamar penginapan siap menampung penonton MotoGP di Mandalika yang terdiri dari hotel berbintang, hotel melati, homestay, bungalow, vila, camping ground, dan sarana hunian pariwisata (Sarhunta).

Selain itu, Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut juga menyediakan akomodasi terapung gratis untuk wisatawan, syaratnya hanya sudah vaksin dan memiliki tiket menonton MotoGP.

“Animo menonton masyarakat sangat tinggi dan kami tergerak untuk membantu agar mereka tetap dapat menikmati gelaran MotoGP dengan akomodasi yang memadai,” ujar Capt Mugen, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Priok, Capt Mugen.

Akomodasi terapung tersebut adalah KM Kelud dengan fasilitas 1.500 tempat tidur dan bisa digunakan pada 17-21 Maret 2022. Adapun fasilitas di hotel terapung ini adalah musala dan kantin. Namun, tamu diharapkan membawa perlengkapan mandi sendiri dan melakukan reservasi sebelumnya.

"Hotel terapung itu memiliki kapasitas 2.000 penumpang dan berlabuh di Dermaga Gili Mas, Kecamatan Lembar, Lombok Barat," jelas Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB Lalu M. Faozal.

Bagi yang ingin berkemah di sekitaran sirkuit pun bisa. Sebab, bumi perkemahan untuk penonton Pertamina Grand Prix Of Indonesia sudah disiapkan di depan Pantai Kuta, Lombok. Salah satunya yang dibangun atas kolaborasi Eiger dan Bobobox.

Untuk menginap di tenda ini, pengunjung bisa memesan lewat Tiket.com dan kisaran harganya adalah Rp400-600 ribu per malam untuk tenda kecil dan Rp600-900 ribu untuk tenda besar, sudah termasuk matras tebal.

Pemerintah Lombok Tengah pun menyiapkan akomodasi berupa tenda untuk berkemah di KEK Mandalika dan tak jauh dari pantai dan tempat penukaran tiket. Untuk harga sewa tendanya mulai dari Rp400-700 ribu.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian PUPR juga menyiapkan 89 Sarhunta di Gili Trameno, Nusa Tenggara Barat, dengan kisaran biaya per malam Rp200-300 ribu. Karena lokasinya bukan di Mandalika, maka penginapan di Sarhunta ini menawarkan paket lengkap dengan transportasi sampai ke Mandalika.

Kemudian, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Perumahan pun telah menyiapkan sejumlah rumah susun (rusun) di NTB untuk akomodasi pengunjung. Salah satu rusun yang dapat digunakan adalah rusun mahasiswa Universitas Islam Al Azhar Mataram yang sudah dilengkapi fasilitas pendukung, mulai dari tempat tidur, meja, lemari, dan meja makan.

Adapun Pullman Lombok Mandalika Beach Resort menjadi hotel bintang lima pertama di Mandalika. Hotel ini dibangun di lahan seluas 45 ribu meter persegi dan memang didirikan untuk menunjang acara-acara internasional. Akomodasi ini memiliki 257 kamar dengan fasilitas lengkap seperti kolam renang, gym, spa, ruang rapat, sarana ibadah, dan restoran.

Selama ajang Pertamina Grand Prix Of Indonesia, diketahui para pembalap dan kru menginap di beberapa penginapan di Mandalika seperti Hotel Novotel Lombok, Hotel Panfila, Balcony Ocean View, Birru In Hotel, Harmony Villas Lombok, Homestay 79, dan Anchor Bed & Bread.

Tempat makan dan belanja merchandise

Selama mengunjungi Pertamina Mandalika International Street Circuit, penonton tak perlu khawatir kelaparan. Sebab di dalam sirkuit sudah disediakan tenant makanan. Bahkan, pada Minggu (13/3/2022), Menparekraf Sandiaga Uno melepaskan 10 food truck yang merupakan hasil kerja sama dengan Bango, Unilever, dan GoTo. Food truck ini nantinya akan menyajikan kuliner Nusantara dari 34 provinsi, termasuk dari Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Bali, NTB, dan NTT di Mandalika.

Kemudian untuk pilihan tempat makan di sekitar sirkuit ada Waroeng Murah Meriah, Warung Buana, Cheap Zone, Tanjung Aan Resto, RM Mandalika, dan Sapori Italian Restaurant.

Selain makanan, tentunya tak lengkap jika belum membeli merchandise untuk kenang-kenangan dan oleh-oleh. Di beberapa titik dalam kawasan sirkuit, telah tersedia beberapa toko yang menjual merchandise resmi Pertamina Grand Prix Of Indonesia.

Salah satunya adalah dari jenama lokal Mills dengan koleksi pakaian. Akan ada tujuh toko penjualan produk Mills di area Premiere, Deluxe, VIP, timur, selatan, barat, utara, dan tengah. Selain itu juga ada merchandise seperti kaus jersey, jaket windbreaker, topi, dan tumbler dari PT Sarinah. Pemesanan merchandise bisa daring lewat situs sarinah.com atau Sarinah Official Merchandise Mandalika GP Series di Tokopedia.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun turut andil dengan mendesain sebuah sepatu yang akan diluncurkan langsung di Mandalika. Ada pula jenama lokal dari Bogor yaitu Kaos Kaki Sampean yang dinyatakan lolos seleksi dan akan menjual merchandise resmi berupa kaus kaki dengan desain logo MotoGP.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini