Kenali Metode SMART untuk Bisa Mencapai Target

Kenali Metode SMART untuk Bisa Mencapai Target
info gambar utama

Metode SMART menjadi salah satu cara yang bisa membantu kamu mencapai target. Banyak orang yang abai akan pentingnya sebuah metode guna membantu mencapai target. Alhasil, target yang sudah mereka susun harus berhenti di tengah jalan.

Beberapa orang juga merasa bingung untuk memulai dari mana dan apa langkah-langkah yang harus mereka jalankan. Jika kamu salah satu yang sering merasakan hal ini, tidak ada salahnya menggunakan metode SMART.

Dalam hal lain, seorang project manager biasa menggunakan metode ini untuk mencapai target dari sebuah event. Akan tetapi, kini mulai banyak orang mengadopsi metode ini karena terbukti praktis dan mudah bagi siapa saja.

George T. Duran adalah orang yang memperkenalkan metode ini pada 1981 untuk merancang tujuan perusahaan tempat kerja. SMART sendiri merupakan singkatan dari specific, measurable, achievable, relevant, dan time-bound. Berikut penjelasannya tentang SMART.

1. Specific

Illustrasi metode SMART | Foto: Unsplash
info gambar

Untuk mencapai target, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat target yang jelas dan spesifik. Hal ini merupakan cara untuk menghindari dari hilangnya fokus di tengah jalan. Kamu bisa menggunakan 5W1H untuk menjabarkan hal ini.

Baca juga:Slow Living, Sebuah Seni Hidup Melambat di Era Super Cepat

Kamu juga bisa mulai menetapkan apa yang ingin kamu capai, di mana lokasi untuk kamu mencapai tujuan, dengan siapa kamu ingin mencapai tujuan, kapan kamu ingin mencapai tujuan, dan kenapa tujuan itu penting.

2. Measurable

Illustrasi metode SMART | Foto: Unsplash
info gambar

Selanjutnya, kamu harus memiliki tujuan yang terukur untuk bisa memantau dan melacak setiap kemajuan. Tentukan tugas-tugas dan waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Misalnya kamu ingin menguasai bahasa inggris, kamu bisa menentukan tujuan yang terukur. Seperti, "Saya harus membaca 2 buku berbahasa Inggris dalam sebulan". Hal tersebut akan membantu untuk melihat kemajuan apa yang sudah kamu buat dalam kurun waktu tertentu.

3. Achievable

Illustrasi metode SMART | Foto: Unsplash
info gambar

Membuat tujuan juga harus mempertimbangkan apakah tujuan itu bisa kamu capai atau tidak. Memiliki tujuan yang tinggi memang tidak ada salahnya, tetapi kamu juga harus berpikir realistis tentang tujuan yang bisa kamu capai dengan kemampuanmu saat ini.

Perhatikan pula peluang-peluang di sekitar untuk membantu kamu dalam mencapai tujuan. Dengan begitu, kamu bisa memastikan bahwa tujuan sudah sesuai kebutuhan atau belum.

Baca juga:Brisk Walking, Jalan Cepat yang Penuh Manfaat

Misalnya kamu ingin menguasai bahasa inggris dalam waktu 6 bulan, masih lebih realistis daripada menguasai 10 bahasa asing dalam waktu yang sama. Padahal, kamu juga harus mengerjakan tugas-tugas lainnya.

4. Relevant

Illustrasi metode SMART | Foto: Unsplash
info gambar

Pastikan bahwa kamu memiliki tujuan yang relevan dengan tujuan hidup. Kamu harus melihat rencana panjang yang ingin kamu jalankan sehingga bisa menetapkan tujuan yang benar-benar relevant.

Jika kamu memiliki keinginan untuk bersekolah di Amerika Serikat, kamu bisa mulai menetapkan tujuan untuk menguasai bahasa Inggris dalam kurun waktu tertentu. Kamu tidak perlu belajar bahasa Thailand atau Korea untuk melengkapi rencana panjangmu itu.

5. Time-bound

Illustrasi metode SMART | Foto: Unsplash
info gambar

Waktu juga menjadi sesuatu yang harus kamu perhatikan dalam mencapai tujuan. Kamu harus memiliki batas waktu agar rencana tujuan tampak jelas. Jika tidak, kamu bisa kehilangan fokus.

Baca juga:Terapkan 6 Kebiasaan Ini Agar Otak Tidak Mudah Lupa

Tetapkan waktu untuk sampai mana rencana kamu itu selesai. Apabila tanpa waktu perencanaan, kamu akan terasa mengambang tanpa kepastian.

Manfaat Metode SMART

Illustrasi metode SMART | Foto: Unsplash
info gambar

Ada beragam manfaat yang bisa kamu dapatkan jika terbiasa menerapkan metode SMART. Metode ini akan memberikan fokus dan arahan dalam mencapai tujuan dan juga menanamkan disiplin dalam diri sendiri.

Selain itu, kamu juga bisa mengingat dengan mudah apa prioritasmu, membantu mengatur waktu, dan mudah dalam menggambarkan bagaimana kesuksesan yang ingin kamu capai.

Nah, metode SMART sangat cocok buat kamu yang merasa susah mengatur waktu hingga selalu gagal untuk konsisten mencapai tujuan. Kamu bisa menggunakan metode satu ini untuk hal-hal kecil hingga rencana panjang yang ingin kamu capai.

Referensi: Ekrut | Glints | Talenta

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini