Sirkuit Mandalika Resmi Masuk Kalender Balap Mobil GT World Challenge Asia

Sirkuit Mandalika Resmi Masuk Kalender Balap Mobil GT World Challenge Asia
info gambar utama

Tidak berhenti di MotoGP, kesempatan Sirkuit Mandalika untuk menjamu kompetisi internasional dengan menjadi tuan rumah ajang balap di tahun 2022 masih akan terus berlanjut. Kali ini, dipastikan jika Mandalika akan menyambut gelaran GT World Challenge Asia pada bulan Oktober mendatang.

Sedikit informasi pembuka, GT World Challenge Asia merupakan ajang balap mobil sport atau grand tourer di level Asia. Grand tourer (GT) sendiri adalah jenis mobil mewah yang dirancang untuk berkendara jarak jauh dengan kecepatan tinggi.

Menilik perhitungan secara umum, satu unit mobil GT yang digunakan dalam ajang ini diperkirakan dapat menyelesaikan satu putaran (lap) sebuah sirkuit dengan durasi 1 menit 15 detik.

Durasi tersebut lebih unggul jika melihat rekor lap tercepat Sirkuit Mandalika yang masih dimiliki oleh pebalap Repsol Honda, Pol Espargaro dengan durasi 1 menit 31,060 detik pada tes pramusim MotoGP Mandalika yang berlangsung di bulan Februari lalu.

Hasil Balap dan Ragam Cerita Besar di Balik MotoGP Mandalika

Tentang GTWC Asia dan Indonesia di seri ke-6

Dalam kalender resmi musim 2022 yang telah dirilis oleh pihak GT World Challenge Asia, Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk balap seri ke-6 sekaligus terakhir yang secara spesifik berlangsung di tanggal 21-23 Oktober mendatang.

Ajang balap ini sendiri akan dimulai pada tanggal 20-22 Mei dengan terlebih dulu menjalankan seri balap pembuka yang berlokasi di Sirkuit Sepang, Selangor, Malaysia.

Kemudian dilanjut dengan 4 seri balap yang semuanya berlangsung di Jepang, lebih tepatnya Sirkuit Suzuka dan Fuji yang keduanya digelar pada bulan Juli, Sirkuit Sugo pada bulan Agustus, dan Sirkuit Okayama di bulan September, sebelum akhirnya menutup musim balap tahun ini di Indonesia.

Sedikit mengenal mengenai kompetisinya, GT World Challenge (GTWC) adalah ajang balap mobil internasional yang dijalankan oleh SRO Motorsports Group. Secara global, kompetisi ini tidak hanya berlangsung di Asia, namun juga region lainnya yakni GTWC Amerika dan GTWC Australia.

Sementara itu mengenai pihak yang berpartisipasi, ajang ini menjadi tempat bagi para produsen manufaktur mobil mewah di dunia, untuk bersaing menunjukkan kekuatan dan kecepatan dari masing-masing mobil andalan mereka.

Untuk region Asia sendiri, diketahui ada sebanyak 8 kompetitor produsen mobil mewah yang berpartisipasi di mana terdiri dari Aston Martin, Audi, BMW, Ferrari, Lamborghini, McLaren, Mercedes-AMG, dan Porsche.

Bersiap. Jakarta Akan Jadi Tuan Rumah Balap Mobil Bergengsi Dunia

Homologasi FIA dan gelaran kembali WSBK

Sementara itu pada hari Kamis (24/3) kemarin, Sirkuit Mandalika diketahui tengah menjalani tahap homologasi oleh otoritas balap mobil dunia atau Fédération Internationale de l'Automobile (FIA).

Mengutip publikasi yang beredar, Gatot Widakdo selaku Media Communication MGPA menyebut jika sebanyak empat delegasi FIA, perwakilan IMI, dan Direktur Utama MGPA Priandhi Satria, ikut melakukan inspeksi sirkuit serta memastikan kelayakan lintasan tersebut untuk dipakai adu kecepatan oleh sederet mobil mewah berkecepatan tinggi.

"Siang ini Dirut MGPA akan menemani pihak dari FIA, regulator motorsport roda empat dari amerika, dan tiga orang dari IMI untuk melihat Sirkuit Mandalika dalam rangka mendapatkan homologasi,” ujar Gatot, mengutip Sindonews.com.

Sementara itu selain GTWC Asia, selang satu bulan setelahnya gelaran World Superbike (WSBK) juga diketahui akan kembali digelar di Mandalika, tepatnya di tanggal 11-13 November. Pada musim ini, WSBK Mandalika 2022 menjadi seri ke-11 dan tidak lagi menjadi seri penutup musim seperti yang terlaksana pada tahun 2021 kemarin.

Mengintip Persiapan World Superbike Mandalika 2021

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini