Daftar Lokasi dan Rangkaian Side Event G20 di Berbagai Daerah

Daftar Lokasi dan Rangkaian Side Event G20 di Berbagai Daerah
info gambar utama

Sejak 1 Desember 2021, Indonesia secara resmi memegang Presidensi G20 hingga KTT G20 pada November 2022. G20 merupakan forum kerja sama multilateral yang berfokus pada koordinasi kebijakan di bidang ekonomi dan pembangunan.

Adapun negara anggota G20 atau yang disebut Group of Twenty meliputi Argentina, Republik Korea, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Australia, Brasil, Kanada, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

Sebagai upaya dalam mendukung pelaksanaan G20, beberapa daerah di Indonesia juga akan menyelenggarakan side event atau acara sampingan. Side event sendiri menjadi langkah positif dalam menonjolkan citra positif sekaligus mempromosikan pariwisata dan budaya Indonesia. Tentunya juga untuk menggerakkan perekonomian daerah.

Side Events G20 harus menjadi showcase citra positif kemajuan dan budaya Indonesia. Penyelenggaran side events diharapkan dapat menjadi ajang untuk mempromosikan budaya, investasi, serta pariwisata di Indonesia. Tidak hanya itu, diharapkan pelaksanaan side events G20 di sejumlah daerah di Indonesia dapat menggerakkan perekonomian masyarakat dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional,” ungkap Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Tercatat ada 121 side event G20 yang akan digelar sampai November mendatang dan pelaksanaanya tersebar di berbagai daerah. Berikut beberapa lokasi penyelenggaraan side event G20:

Presiden Putin akan Hadiri KTT G20 di Bali, Respon Barat dan China, serta Sikap Indonesia

Bali

Selain akan jadi lokasi Konferensi Tingkat Tinggi G20, Bali juga memiliki serangkaian side event seperti Asian Venture Philanthropy Network (AVPN) Conference pada 21-24 Juni 2022) yang mengusung tema Unlocking Social Investment Opportunities in Indonesia and Beyond Proposed Engagement for 2022: The Asian Decade.

Kemudian ada World Conference On Creative Economy (WCCE) 2022 pada 1-7 Oktober 2022 yang mengangkat tema Inclusively Creative: A Global Recovery.

Ada juga Konferensi G20 tentang Pemberdayaan Perempuan pada 3-4 Agustus 2022, Seminar Wanita Internasional pada 8 Agustus 2022, Pameran aksi iklim Indonesia pada 1 September 2022, dan Konferensi Internasional tentang Tenaga Kerja dan Pembangunan Berkelanjutan pada 8-9 September 2022.

Mengenal Ragam dan Peran Penting Engagement Group Bagi G20

Labuan Bajo

Creative Hub Puncak Waringin, Kabupaten Manggarai Barat, akan menjadi salah satu lokasi side event di Labuan Bajo. Puncak Waringin merupakan simbol pusat kolaborasi dan bertukar informasi bagi para pelaku ekonomi kreatif. Juga untuk menciptakan multiplier effect demi membangun ekosistem kreatif.

Beberapa side event yang akan dilaksanakan di Labuan Bajo antara lain Flores the Singing Island, Flores Writers Festival, dan Ideathon #RinduLabuanBajo. Labuan Bajo juga menawarkan side event non-substantif berupa paket tur. Di mana peserta akan diajak melakukan berbagai aktivitas seperti berlayar, menyelam, melihat komodo, juga mengunjungi pantai dan desa wisata.

Untuk mendukung G20, Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) akan memastikan kesiapan rantai pasok dan pasokan untuk bidang usaha 30 subsektor parekraf di wilayah tersebut.

Adapun bidang-bidang usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di antaranya adalah daya tarik wisata, kawasan pariwisata, jasa transportasi wisata, jasa perjalanan wisata, jasa makanan dan minuman, penyedia penginapan, konsultan pariwisata, gim, arsitektur, desain interior, musik, seni rumah, fesyen, kuliner, film, kriya, seni pertunjukan, dan aplikasi.

Bicara Makna G20, Makarim Wibisono: Kita Ingin Gotong Royong Jadi Inspirasi Internasional

Jakarta

Jakarta juga menjadi kota yang menggelar beberapa side event G20. Beberapa acara yang diadakan di ibu kota antara lain Pekan FIntech Nasional (PKN) pada April 2022, Karya Kreatif Indonesia (KKI) pada Mei 2022, dan International Sharia Economic Festival (ISEF) pada November 2022.

Selain itu ada Lokakarya Memperluas Solusi Energi Surya dan Lokakarya Biofuel untuk sirkularitas karbon pada Juni 2022, Konferensi/lokakarya G20 tentang penerapan teknologi digital di bidang pertanian dan keuangan pedesaan (kredit dan asuransi) untuk mempercepat ketahanan pangan pada Juni 2022, dan Forum Investasi dan Industri Perdagangan Tingkat Tinggi (HLTIIF) pada Juli 2022.

Mengenal V20, Komunitas Global yang Mengedepankan Gagasan Bernilai untuk Kebijakan G20

Solo

Pura Mangkunegaran | Wikimedia Commons
info gambar

Untuk side event di Solo akan ada perhelatan International Wellness Tourism Conference Festival (IWTCF) yang mengangkat tema Recover and Stronger with Wellness. Tujuan dari acara ini adalah memajukan kerja sama dan kolaborasi dalam memulihkan pariwisata serta kesehatan berkelanjutan dengan menciptakan perjalanan berkualitas dan menerapkan gaya hidup sehat.

Selain itu Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG) juga akan mengadakan side event di Solo pada 29 Maret-1 April 2022. Menurut Dirjen Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional Kementerian Perindustrian, Eko Cahyanto, terpilihnya Solo jadi tuan rumah pertemuan TIIWG ini karena kota tersebut memiliki sejarah kejayaan sejak masa lampau.

“Kota Solo ini sebenarnya sudah lebih dari seratus tahun yang lalu menjadi pusat industrialisasi di pulau Jawa. Bahkan di sana dahulu, ada pabrik gula yang dibangun oleh Mangkunegoro IV, itu merupakan pabrik gula terbesar di dunia saat itu,” jelas Eko.

Sementara itu, untuk lokasi gala dinner para delegasi G20 yang hadir dalam TIIWG akan diadakan di Pura Mangkunegaran. Menurut Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Pura Mangkunegaran dipilih untuk mengenalkan budaya dan nantinya para delegasi yang ikut jamuan makan malam tersebut akan dihibur dengan tari-tari tradisional.

Selain daerah yang sudah disebutkan, masih ada beberapa daerah lain yang mengadakan side event G20, seperti Danau Toba, Kawasan Borobudur (Magelang), Mandalika, Likupang, Bintan, Batu, Surabaya, Bogor, Makassar, Palembang, Belitung, Banjarmasin, Sorong, dan Pontianak. Untuk jadwal side event lengkap dapat dilihat di laman g20sideevents.id.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini