Estetik dan Menarik, Berikut Rekomendasi Museum Seni di Yogyakarta

Estetik dan Menarik, Berikut Rekomendasi Museum Seni di Yogyakarta
info gambar utama

Bukan hanya terkenal dengan sebutan kota pendidikan, Yogyakarta juga kaya akan budaya dan keseniannya. Tak heran, ada banyak museum seni yang mengabadikan hasil kebudayaan masyarakat maupun tokoh tertentu di provinsi istimewa ini.

Jenis museum seni di Yogyakarta juga beragam. Ada yang menampilkan lukisan, arca, menampilkan benda seni zaman dulu, serta ada pula museum modern yang biasanya cocok bagi pengunjung yang gemar berswafoto.

Bila Goodmates berencana untuk datang ke Yogyakarta dan ingin berwisata kesenian, berikut ini GoodSide sajikan beberapa rekomendasi museum seni yang menarik untuk kamu kunjungi.

1. Museum Affandi

Museum Affandi Yogyakarta | Foto: Ide Trips
info gambar

Affandi Koesoema adalah maestro seni lukis kebanggaan Indonesia. Lahir pada 1907 silam, ia menghasilkan ribuan karya lukis selama hidupnya. Kini, nama dan kisah hidupnya abadi di Museum Affandi yang terletak di Jalan Laksda Adisucipto Nomor 167, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Terdiri dari tiga galeri, di Galeri I pengunjung akan melihat lukisan-lukisan potret diri Affandi beserta lukisan yang menggambarkan perjalanan hidupnya. Pengunjung bisa melihat perubahan gaya lukis Affandi dari waktu ke waktu.

Baca juga:Memahami Netiquette, Etika Berkomunikasi Menggunakan Internet

Sementara itu, kurator seni bisa membeli beberapa lukisan di Galeri II. Di sini juga ada lukisan dari seniman lain. Lalu, pada Galeri III terpajang lukisan dari anggota keluarga Affandi, salah satunya lukisan-lukisan Kartika, putri pertama Affandi.

2. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo | Foto: Campa Tour and Event
info gambar

Sudah berdiri sejak 1935, Museum Sonobudoyo berasal dari kata sono yang berarti tempat dan budoyo berarti adat. Banyak orang mengklaim bahwa museum ini memiliki koleksi tentang sejarah dan adat Jawa yang sangat komplit.

Secara umum, koleksi di Museum Sonobudoyo terbagi menjadi 10 jenis. Misalnya koleksi keramologika yang terdiri dari keramik-keramik kuno dari zaman Neolitik hingga koleksi seni rupa.

Museum Sonobudoyo terbagi jadi dua unit. Unit I terletak di Jalan Trikora Nomor 6, sementara Unit II terletak di timur Alun-Alun Utara Kota Yogyakarta.

3. Museum De Arca

Pengunjung berfoto di Museum De Arca | Foto: Radar Jogja
info gambar

Mengusung konsep modern, Museum De Arca akan mengingatkan Goodmates dengan Museum Madam Tussaud di luar negeri yang menampilkan patung lilin dari tokoh-tokoh kenamaan dunia. Hal ini karena di De Arca pengunjung juga bisa menikmati pengalaman melihat patung tokoh-tokoh terkenal.

Baca juga:Trans Siberia, Jalur Kereta Api Lintas Benua Terpanjang di Dunia

Dunadi, sosok seniman asal Yogyakarta yang membuat berbagai karya patung tokoh dunia menggunakan bahan baku resin. Maka, tak hanya menghemat biaya karena tak perlu jauh-jauh ke Madam Tussaud, dengan mengunjungi De Arca, Goodmates sudah turut mengapresiasi karya anak bangsa.

Museum ini sendiri terletak di XT Square, Jalan Veteran, Umbulharjo. Sekitar 3,7 kilometer dari titik nol kilometer Yogyakarta.

4. Museum Batik

Museum Batik Yogyakarta | Foto: Jogja Belajar Budaya
info gambar

Sesuai namanya, museum yang berdiri sejak tahun 70-an ini menampilkan berbagai koleksi batik dan alat-alat yang mendukung proses pembuatannya, seperti canting dan anglo. Salah satu koleksi unggulan dari museum ini adalah kain-kain batik dari abad 18 hingga 19.

Baca juga: Minuman Energi Alami dan Menyehatkan, Patut Kamu Coba!

Museum yang terletak di Jalan Dr. Sutomo 13A, Bausasran ini berdiri atas prakarsa pasangan suami istri Hadinugroho dan Dewi Sukaningsih. Tujuannya untuk melestarikan kesenian batik dan alat-alatnya.

Selain menikmati ragam batik, Goodmates juga bisa mengikuti pelatihan untuk membuat batik. Sebagai langkah pelestarian, pada tahun 2015 pihak museum juga menciptakan “Batik Starter Kit” untuk mengajak generais muda membatik dengan praktis.

Demikian rekomendasi museum seni di Yogyakarta yang menarik untuk jadi tempat berkunjung dan mempelajari kesenian di Indonesia. Dengan berkunjung ke museum, Goodmates juga bisa menumbuhkan rasa cinta tanah air serta kepedulian terhadap kelangsungan seni budaya Indonesia.

Referensi: Dear Widha | TripJogja | Unkris | Visiting Jogja

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini