Bikin Rileks, Rasakan Sensasi Pemandian Air Panas di Indonesia

Bikin Rileks, Rasakan Sensasi Pemandian Air Panas di Indonesia
info gambar utama

Menghabiskan waktu liburan pergi ke pemandian air panas, bukanlah hal yang membosankan. Kamu bisa pergi bersama teman, keluarga, maupun orang terdekat lainnya. Di Indonesia, ada banyak pemandian air panas yang nyaman dan bikin rileks.

Banyaknya gunung berapi, membuat Indonesia kaya akan panas bumi. Tak heran, hal tersebut membuat banyak muncul mata air bersuhu panas di seluruh negeri. Mata air tersebut kemudian menjadi wisata pemandian air panas yang patut kamu kunjungi.

Mengunjungi pemandian air panas bukan hanya sekadar pergi berlibur atau mengisi waktu luang. Ada beragam manfaat yang bisa kamu peroleh. Mulai dari melepaskan penat, air panas juga bermanfaat bagi berbagai jenis penyakit dalam.

Jika kamu bingung mau berkunjung ke pemandian air panas yang mana, yuk, simak beberapa referensi berikut!

1. Toya Devasya, Bali

Pemandian air panas Toya Devasya | Foto: matranews.id
info gambar

Pemandian air panas Toya Devasya adalah waterpark yang berkonsep hot spring. Hal ini membuat Toya Devasya menjadi lokasi yang unik, mengingat waterpark biasanya menggunakan air dingin. Maka, lokasi ini cocok untuk kamu kunjungi.

Baca juga:Mirip Jepang, Kota Batu Hadirkan Wisata Pemandian Air Panas

Toya Devasya terletak di kaki Gunung Batur, Kintamani, Bali. Orang-orang juga menyebut lokasi ini sebagai Batur Natural Hot Spring karena menawarkan kolam air panas yang luas. Menariknya, beberapa kolam berbatasan langsung dengan Danau Batur.

Pemandangan di sekitar lokasi juga sangat menakjubkan sehingga cocok buat kamu yang ingin mengistirahatkan diri dengan suasana yang lebih rileks.

2. Goa Susu, Lombok

Gambar Goa Susu | Foto: localguidesconnect.com
info gambar

Jika kamu berencana berlibur ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, tidak ada salahnya menyempatkan waktu untuk pergi ke Goa Susu. Di dalamnya, kamu bisa menikmati suasana sauna alami yang berasal dari panas bumi.

Goa Susu berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Di sana, terdapat pemandian air panas yang cocok untuk berendam menghabiskan waktu. Nama Goa Susu hadir karena air hangat di sana memiliki warna putih bersih layaknya susu.

3. Candi Umbul, Magelang

Foto pemandian air panas Candi Umbul | Foto: kompas.com
info gambar

Pemandian air hangat Candi Umbul merupakan peninggalan Kerajaan Mataram kuno, tepatnya pada Dinasti Syailendra. Lokasinya berada di tengah persawahan indah, tepatnya di Dusun Candi Umbul, Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang.

Baca juga:Bikin Lebih Segar, Ketahui Manfaat Tanaman Indoor di Rumah

Di kawasan ini, terdapat dua kolam yang berukuran besar dan kecil dengan kedalaman yang berbeda pula. Selain berendam, kamu juga bisa menikmati suasana persawahan yang menakjubkan di sekitar areal pemandian air panas.

4. Ciater Hot Spring, Bandung

Foto pemandian air panas Ciater Hot Spring | Foto: idetrips.com
info gambar

Objek wisata Ciater Hot Spring merupakan salah satu objek wisata yang populer di Indonesia. Jika kamu berkunjung ke sini, kamu bisa menikmati sumber mata air panas berasal dari Gunung Tangkubanperahu yang lokasinya tidak jauh dari Ciater Hot Spring.

Baca juga: Jangan Sampai Terlewat, Ini Dia 8 Konser Tahun 2022 di Indonesia

Ciater Hot Spring terletak di Desa Ciater, Kecamatan Siater, Kabupaten Subang. Di sana, kamu bisa menemukan pemandian air panas yang berbentuk kolam maupun kamar rendam dengan desain yang unik dan tersebar di beberapa lokasi tersebut.

Itulah beberapa pemandian air panas yang bisa kamu kunjungi jika bingung mau pergi berlibur ke mana. Selain beberapa lokasi di atas, masih banyak lagi lokasi pemandian air panas yang cocok kamu kunjungi. Selain pemandangan yang bagus, fasilitas yang ada juga mendukung.

Selama ini, wisata di pemandian air panas mungkin bukan menjadi pilihan utama. Orang-orang banyak memilih pergi ke pantai atau wisata mainstream lainnya. Akan tetapi, wisata pemandian air panas juga tidak kalah mengasyikkan, terlebih kamu pergi bersama orang-orang terdekat.

Referensi: IDN Times | CNN Indonesia

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini