Pola Konsumsi Internet Berubah Saat Ramadan, Operator Tanah Air Lakukan Penyesuaian

Pola Konsumsi Internet Berubah Saat Ramadan, Operator Tanah Air Lakukan Penyesuaian
info gambar utama

Memasuki bulan Ramadan di tahun 2022 atau 1443 Hijriah, perubahan tidak hanya terjadi dari segi aktivitas yang biasa dijalani ketika bekerja, sekolah, ibadah dan lain sebagainya. Kebutuhan penunjang akan penggunaan internet diakui juga mengalami perubahan yang signifikan.

Lembaga Nielsen Consumer and Media View, mencatat jika konsumsi media digital yang mengandalkan jaringan internet pada Ramadan di tahun 2021 mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan dua tahun sebelumnya (2019). Angka kenaikannya pun cukup signifikan, yakni sekitar 24 persen.

Lebih detail, survei yang mereka lakukan ternyata mencatat jika sepanjang Ramadan 2021, kegiatan menonton video di platform online meningkat sebesar 164 persen dibandingkan pada 2019.

Sementara itu, hal senada yang mendukung ungkapan tersebut juga disampaikan oleh perwakilan dari Google Indonesia, yakni Veronica Utami. Dirinya menjelaskan jika data internal Google mengungkap terdapat perubahan pola akses platform YouTube selama momen Ramadan berjalan.

"Untuk YouTube secara khusus ada perubahan aktivitas sehingga waktu Ramadan terlihat ada perbedaan signifikan,” ujar Veronica mengutip iNews.id.

Lebih detail, dijelaskan bahwa lonjakan waktu menonton platform tersebut terjadi pada pukul 04.00 WIB. Padahal biasanya, waktu menonton di jam tersebut tidak banyak dibanding hari biasa.

"Orang yang habis bangun sahur, dia gak tidur lagi. Jadi, langsung nonton," tambah Veronica.

Sambut Ramadan, Operator Tanah Air Tingkatkan Kualitas dan Perluas Jangkauan Nasional

Penyesuaian Smartfren

Agus Rohmat, VP of Network Operations Smartfren; Iqbal Asseweth, VP of Integrated Marketing Communications Smartfren
info gambar

Berangkat dari hal tersebut, sudah sewajarnya jika sejumlah operator di tanah air melakukan penyesuaian dengan menghadirkan sejumlah penawaran layanan internet tambahan. Secara spesifik, layanan internet tambahan tersebut memang dikhususkan untuk mengakses internet di jam malam.

Adapun salah satu operator seluler yang diketahui melakukan penawaran tersebut adalah Smartfren. Spesial untuk Ramadan, Smartfren diketahui menghadirkan promo add-on Unlimited Malam Full-Speed yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat terutama pelanggan dikala sahur.

Lebih detail, promo add-on Unlimited Malam Full-Speed ini bisa ditambahkan ke paket Smartfren Unlimited Harian atau Unlimited Nonstop. Pengguna hanya perlu memastikan mereka sudah mengaktifkan salah satu dari paket Smartfren Unlimited tersebut, maka promo add-on yang dimaksud bisa didapat dengan menggunakan aplikasi MySmartfren selama 7 hari.

Bicara mengenai masa berlaku, promo tersebut akan otomatis aktif di setiap jam 01.00-05.00 WIB--di waktu sahur, dan mengikuti masa aktif paket Unlimited yang dimiliki pelanggan.

Membuktikan Kualitas Internet Tanpa Batas Milik Operator Tanah Air

Promo tambahan untuk mendukung aktivitas selama Ramadan

Melengkapi promo Unlimited Malam, Smartfren juga diketahui menghadirkan promo paket Unlimited Nonstop dengan bonus kuota dan batas harian yang semakin besar dengan harga tetap.

Lebih detail, promo paket Unlimited Nonstop memberikan pelanggan total batas pemakaian wajar (FUP) 12 GB + bonus kuota 8 GB. Setelah mencapai FUP, maka pelanggan paket ini mendapat manfaat akses nonstop agar terus terhubung ke internet, dan akses untuk aplikasi transportasi, e-commerce, pembayaran digital, dan pesan instan.

Hal tersebut diyakini dapat membantu pelanggan untuk dapat menjalani Ramadan dengan nyaman, tanpa perlu mengkhawatirkan kuota.

Sementara itu untuk paket Unlimited dengan FUP makin besar dengan harga tetap. Pelanggan bisa mendapat total FUP hingga lebih dari 21 GB, ditambah dengan akses internet unlimited bisa dipakai untuk mengakses aplikasi apapun selama 24 jam lamanya.

Djoko Tata Ibrahim selaku Deputy CEO Smartfren mengatakan, jika pihaknya menghadirkan penawaran dan promo paket ini untuk turut membagikan #UnlimitedKebaikan di bulan Ramadan.

“Menyambut Ramadan, Smartfren menghadirkan promo spesial yang bisa mendukung semua pengguna Smartfren untuk mengisi Ramadan tahun ini dengan kegiatan unlimited. Lewat add-on Unlimited Malam Full-Speed, pengalaman internetan menggunakan paket Smartfren Unlimited Harian dan Unlimited Nonstop akan semakin meningkat, sehingga pelanggan (dapat) merasakan layanan internet terbaik yang mendukung berbagai kegiatan positifnya,” pungkas Djoko.

Trafik Data Meningkat saat Ramadan dan Idulfitri, Operator Berlomba Beri Layanan Terbaik

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

SA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini