6 Jenama Indonesia Iringi Enea Bastianini Raih Kemenangan di MotoGP Amerika

6 Jenama Indonesia Iringi Enea Bastianini Raih Kemenangan di MotoGP Amerika
info gambar utama

Lepas dari pelaksanaan di Indonesia, ajang balap MotoGP terus berlanjut pada berbagai lokasi berikutnya di seluruh dunia hingga seri final di bulan November mendatang. Terbaru, tepat pada hari Minggu (10/4/2022), seri ke-4 baru saja selesai berlangsung di Amerika Serikat.

Kerap memiliki hasil berbeda sejauh empat seri yang telah berlangsung, kali ini nama yang keluar sebagai peraih podium pertama adalah salah satu pebalap dari tim Gresini Racing, yakni Enea Bastianini.

Pebalap asal Italia tersebut berhasil menaklukan sesi balap secara penuh di posisi pertama dengan total waktu 41 menit 23,1110 detik. Memang, dirinya juga diuntungkan dengan posisi top 5 baris terdepan untuk memulai kompetisi adu kecepatan tersebut.

Hasil Balap dan Ragam Cerita Besar di Balik MotoGP Mandalika

Kembali naik ke puncak klasemen

Bukan kemenangan pertama, sebenarnya ini adalah kali kedua Enea naik ke podium tertinggi untuk MotoGP musim 2022. Sebelumnya pada laga pembuka yang berlangsung di Qatar, dirinya berhasil menjadi yang tercepat dan otomatis langsung memimpin klasemen dengan perolehan sementara 25 poin.

Setelahnya pada laga di Indonesia, meski hanya finis di posisi ke-11 dan mengumpulkan 5 poin, namun Enea tak goyah dan tetap bertengger manis di puncak klasemen dengan total perolehan 30 poin.

Baru pada laga yang berlangsung di Argentina pekan lalu, Minggu (3/4), posisi Enea sedikit terdepak ke peringkat 3 klasemen dengan total perolehan 36 poin, kalah dari Aleix Espargarago yang berhasil meraih podium pertama dan langsung melesat ke puncak klasemen.

Tak membiarkan singgasananya diambil terlalu lama, rupanya Enea kembali menunjukkan performa gemilang di MotoGP Amerika yang berlangsung Minggu kemarin, atau dini hari tadi untuk waktu Indonesia.

Dengan menjadi yang tercepat dirinya berhasil memperoleh 61 poin secara total, dan langsung melesat kembali ke puncak klasemen mengungguli Alex Rins yang berada di posisi ke-2 dengan 56 poin, dan Aleix Espargarago di posisi ke-3 dengan 50 poin.

Tim Balap Gresini Racing Jadi Duta Wonderful Indonesia di MotoGP 2022

Dukungan sejumlah jenama Indonesia

Performa yang dimiliki Enea memang dapat dikatakan cukup gemilang, dirinya bahkan disebut berhasil mengulang rekor kesuksesan Valentino Rossi, sebagai sesama pebalap asal Italia yang mampu meraih dua kemenangan dalam empat balapan pertama di MotoGP, pada tahun 2015 lalu.

Bahkan persis serupa, kala itu Rossi juga berhasil menang pada seri balap yang berlangsung di Qatar dan Argentina.

Siapa sangka di balik performa memuaskan yang berhasil dimiliki Enea, ternyata ada peran sekitar lima jenama Indonesia yang mendukung aksinya dan tim Gresini Racing untuk berlaga sejak seri pertama di Qatar, hingga seri terakhir yang akan berlangsung di wilayah Valencia nanti.

Secara total ada enam jenama yang berkontribusi mendukung performa gemilang, dan mengantar dua kemenangan Enea serta tim Gresini Racing di MotoGP 2022 sejauh ini. Bahkan, beberapa jenama yang dimaksud memang sudah bermitra dengan tim Gresini jauh sejak beberapa tahun lalu.

Apa saja deretan jenama yang dimaksud?

1. Wonderful Indonesia

Sebelumnya, kerja sama yang paling banyak disorot adalah dengan terpilihnya tim Gresini Racing untuk menjadi duta Wonderful Indonesia guna mempromosikan wisata Indonesia di mata dunia.

Dalam keterangan yang banyak beredar, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa kerja sama tersebut diharapkan menjadi ajang promosi pariwisata Indonesia agar dapat kembali bangkit di masa pandemi, dan dapat meningkatkan performa pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia sehingga tercipta kebangkitan ekonomi secara nasional.

Logo ikonik Wonderful Indonesia nampak terlihat pada motor milik Enea dan Fabio di bagian winglet atau sayap depan. Sepasang sayap tersebut juga menggunakan warna merah-putih sesuai bendera Nasional RI.

2. Federal Oil

Logo federal oil di motor tim gresini
info gambar

Federal Oil adalah jenama untuk produk oli motor yang didirikan PT Federal Karyatama pada tahun 1988. Rupanya, merek oli motor ini telah bermitra dengan tim Gresini Racing sejak tahun 2012.

Bahkan menurut Carlo Merlini selaku Direktur Komersial & Pemasaran Gresini Racing, Federal Oil adalah sponsor asal Indonesia pertama yang tertarik untuk mendukung tim Gresini MotoGP.

Lebih detailnya, jika dilihat pada motor Ducati yang digunakan oleh tim terkait, logo Federal Oil terletak di bagian bodi fairing dan bagian winglet.

3. Antangin

Logo antangin
info gambar

Bukan nama asing bagi masyarakat Indonesia, produk obat herbal yang sudah berdiri selama puluhan tahun ini merupakan salah satu merek yang berada di bawah naungan PT Deltomed Laboratories. Meski belum selama Federal Oil, namun Antangin disebut sudah mendukung tim Gresini Racing sejak tahun 2018 untuk kelas Moto2.

Untuk ajang MotoGP, logo jenama satu ini disematkan pada bagian depan motor dekat arena windscreen, tepat berada di bawah logo nama julukan pebalap, yakni Diggia dan Bestia. Bukan hanya itu, nama Antangin juga terlihat jelas di bagian kedua tangan pada baju balap yang digunakan oleh Enea dan Fabio.

4. Aspira

Logo Aspira
info gambar

Selain oli motor, jenama otomotif lain asal Indonesia untuk lini produk suku cadang motor dan mobil juga datang dari Aspira, merek yang berada di bawah naungan PT Astra Otoparts.

Selang setahun dari Federal Oil, Aspira rupanya juga telah lama mendukung tim Gresini Racing sejak tahun 2013. Penempatan logo jenama ini diketahui juga berada di bagian fairing motor, tepat di bawah logo Ducati.

5. Bold Riders

Logo Bold Riders dan Wonderful Indonesia
info gambar

Sama halnya seperti Antangin, Bold Riders merupakan jenama Indonesia yang telah mendukung tim Gresini sejak tahun 2018. Merek satu ini merupakan penyelenggara acara kolaborasi antara pecinta motor dan komunitas sepeda motor dari Indonesia, yang berada di bawah naungan Djarum Group.

Pada motor yang digunakan, logo Bold Riders berada di bagian tengah bodi antara winglet dan lubang fairing.

Mengutip IDN Times, menurut Carlo Merlini sejumlah jenama Indonesia yang telah disebutkan di atas rupanya dipandang sebagai sponsor yang loyal dalam mendukung aksi tim Gresini Racing di MotoGP.

“Kami sangat beruntung atau cukup baik, untuk memiliki beberapa sponsor yang sangat loyal di Moto2, para sponsor Indonesia kami. Ketika saya menawarkan untuk bergabung ke MotoGP, sesuatu yang tidak tersedia (saat kami masih bermitra) dengan Aprilia, mereka langsung mengambilnya,” ujar Merlini dalam pemberitaan The Race.

6. KYT

Helmk KYT
info gambar

Satu yang tak boleh terlewat, adalah bagian pengaman kepala atau helm yang tak boleh absen jadi pelengkap utama para pebalap MotoGP, yakni helm KYT. Bukan hal yang terlalu baru, sebenarnya helm KYT yang diproduksi PT Terakusuma Indah ini sudah dipakai oleh beberapa pebalap top dunia lainnya.

Meski hanya dipakai oleh Enea sebagai tim dari Gresini Racing, namun sejumlah pebalap lain di MotoGP 2022 yang diketahui juga mengandalkan helm satu ini di antaranya duo pebalap Aprilia Racing Team, Aleix Espargaro dan Lorenzo Savadori.

Ditambah lagi, KYT juga menggaet pebalap Moto2, Xavier Simeon dan Simone Corsi, serta pebalap Moto3 Andrea Locatelli.

4 Jenama Sepeda Lokal yang Kualitasnya Mampu Bersaing dengan Produk Internasional

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

SA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini