Wajib Tahu, Ini Beberapa Pesan Pengembangan Diri dalam Al-Qur'an

Wajib Tahu, Ini Beberapa Pesan Pengembangan Diri dalam Al-Qur'an
info gambar utama

Setiap kitab suci dari agama yang ada di Indonesia memuat ajaran-ajaran kehidupan yang penuh dengan manfaat, begitu juga dengan Al-Qur’an. Sebagai kitab suci umat Islam, ayat-ayat dalam Al-Qur’an berisi tentang banyak hal yang mampu menuntun kehidupan manusia di dunia.

Isi Al-Qur’an sendiri mencakup sejarah, aturan, tuntunan, ilmu pengetahuan, hingga pesan-pesan kehidupan baik yang tersirat maupun tersurat. Adapun pesan-pesan tersebut ada yang bisa kita kaitkan dengan self development atau pengembangan diri, lo!

Oleh karena itu, dalam artikel ini GoodSide akan mengulas beberapa pesan pengembangan diri yang ada pada beberapa ayat dalam Al-Qur’an. Yuk, langsung baca!

1. Selalu Menjaga Ucapan

Membangun hubungan yang baik dengan selalu menjaga ucapan | Foto: mentatdgt/Pexels
info gambar

Dalam hubungan sosial yang kita bangun bersama orang lain, mungkin pernah ada hal-hal tertentu yang menimbulkan perselisihan. Tak hanya itu, mungkin kita juga pernah bertemu dengan orang yang tidak menyukai kita sehingga dia mengatakan sesuatu yang buruk.

Nah, tafsir dari Al-Qur’an surah Al-Isra ayat 53 mengajarkan kita untuk tetap mengucapkan perkataan yang baik dan benar meskipun harus menghadapi situasi seperti itu. Tujuannya untuk menghindari perselisihan yang lebih parah.

Baca juga:Strategi Jitu Sukses Turunkan Berat Badan Selama Puasa

Ayat ini juga bisa memacu kita untuk terus belajar cara meregulasi emosi dan meningkatkan kontrol atas diri sendiri. Salah satu kunci kesuksesan adalah tingginya kecerdasan emosional yang bisa kita latih dengan belajar mengatur emosi itu sendiri.

2. Terus Berusaha Menggapai Cita-Cita

Ilustrasi pantang menyerah meraih impian | Foto: Denniz Futalan/Pexels
info gambar

Pernahkah Goodmates mendengar pepatah “Hasil tidak akan mengkhianati usaha”? Pepatah tersebut rasanya sejalan dengan ayat Al-Qur’an surah Ar-Ra’d ayat 11.

Dalam ayat tersebut, Allah SWT berfirman bahwa Dia tidak akan merubah keadaan seseorang menjadi lebih baik bila orang itu belum berusaha. Ayat ini menjadi motivasi agar semua orang mampu menyeimbangkan usaha dan do’a dalam apapun yang sedang ia usahakan. 

Jika Goodmates saat ini sedang ingin menyerah atau takut gagal dalam memperjuangkan suatu hal. Ayat ini juga bisa jadi pengingat bahwa kegagalan hanyalah milik orang yang tidak mencoba dan berusaha.

Selebihnya, jika Goodmates sedang berusaha, itu berarti jarak kesuksesan berada lebih dekat dari sebelumnya meskipun saat ini belum terasa.

Baca juga: Deretan Kampus yang Menerima Mahasiswa Baru Jalur Hafiz Qur'an

3. Saling Menyapa Satu Sama Lain

Membiasakan diri untuk senang memberi salam atau menyapa orang lain | Foto: cottonbro/Pexels
info gambar

Membalas sapaan atau salam dari orang lain merupakan hal sepele namun memiliki makna yang besar baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Bila salam saling terucap antara sesama umat muslim, itu sama saja kita saling mendoakan untuk kebaikan satu sama lain.

Secara umum, saling menyapa juga bisa meningkatkan suasana hati satu sama lain, lo! Dalam lingkungan kerja, menyapa rekan di pagi hari juga dapat mencairkan suasana dan menghapus rasa canggung satu sama lain. Alhasil, lingkungan kerja menjadi lebih menyenangkan.

Nah, pesan ini tersampaikan melalui Al-Qur’an surah An-Nisa ayat 86 yang menganjurkan kita untuk membalas salam penghormatan orang lain dengan lebih baik. Lebih lanjut, dengan mempraktikkan hal ini, kepribadian Goodmates juga akan terbentuk menjadi lebih bersahabat.

Baca juga:Tingkatkan Iman, Ini Buku Nonfiksi Keagamaan untuk Anak Muda

4. Selalu Menebar Kebaikan

Berbuat baik kepada orang lain | Foto: Andrea Piacquadio/Pexels
info gambar

Sebagai makhluk sosial, berbuat baik kepada orang lain merupakan salah satu hal yang akan membuat hidup kita makin bermakna. Lalu, kepada siapa saja kita harus menebar kebaikan?

Dalam Al-Qur’an surah An-Nisa ayat 86, Allah menganjurkan kita untuk berbuat baik kepada orangtua, kerabat, anak yatim, orang miskin, tetangga, teman, musafir, dan budak.

Tentunya, berbuat baik pada orang lain juga memiliki dampak positif bagi diri kita, yaitu tingkat stres yang menurun dan perasaan senang yang muncul.

Hal itu karena tubuh secara otomatis menghasilkan “hormon bahagia”, seperti dopamine dan serotonin. Berbuat baik pada sesama juga dapat meningkatkan imunitas tubuh dan menurunkan tekanan darah.

Dengan fisik dan mental yang sehat, kita tentu bisa melakukan berbagai hal positif lain untuk perkembangan diri dan karir yang tengah kita jalani. Selain itu, relasi dengan orang lain juga makin erat dan menyenangkan.

Itulah beberapa ayat dari kitab Al-Qur’an yang memiliki pesan-pesan pengembangan diri agar kita bisa jadi manusia yang lebih baik. Semoga kita semua bisa mempraktikkannya, ya!

Referensi: Islamicity | Inc | Foothold

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini