Jangan Langsung Tidur! Lakukan Kegiatan Produktif Ini setelah Sahur

Jangan Langsung Tidur! Lakukan Kegiatan Produktif Ini setelah Sahur
info gambar utama

Bangun dini hari untuk menyantap sahur merupakan tantangan tersendiri bagi banyak orang yang belum terbiasa. Namun, masih ada tantangan lain yang lebih besar, yaitu tidak tidur setelah santap sahur selesai. Padahal, waktu sahur bisa Goodmates gunakan untuk melakukan berbagai kegiatan produktif.

Tak hanya itu, tidur setelah sahur juga berbahaya bagi kesehatan karena proses pencernaan makanan jadi terganggu. Goodmates juga berpotensi mengalami kenaikan berat badan dan asam lambung. Oleh karena itu, penting untuk menjaga tubuh agar tetap terjaga setelah sahur.

Memang tidak mudah untuk melakukan hal tersebut. Apalagi setelah merasa kenyang, kantuk biasanya datang. Namun, jangan khawatir, dalam artikel ini GoodSide akan memberi referensi rangkaian kegiatan yang bisa Goodmates lakukan setelah sahur agar tetap produktif.

1. Stretching Ringan

Lakukan peregangan ringan agar otot tubuh rileks | Foto: EKATERINA BOLOVTSOVA/Pexels
info gambar

Sebagai langkah untuk memulai hari, melakukan gerakan-gerakan stretching atau pereganganringan dapat membantu Goodmates untuk lebih melek dan siap menjalani hari. Luangkanlah waktu selama sepuluh hingga dua puluh menit untuk melakukan stretching sederhana.

Stretching pada pagi hari sendiri memiliki banyak manfaat yang ampuh menunjang produktivitas seharian, lo! Selain membuat otot rileks, stretching juga dapat membuat Goodmates lebih lincah dan memiliki postur tubuh yang bagus.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Beberapa Pesan Pengembangan Diri dalam Al-Qur'an

2. Merapikan Tempat Tidur

Merapikan tempat tidur setelah sahur bisa meningkatkan produktivitas sepanjang hari | Foto: PNW Production/Pexels
info gambar

Salah satu hal yang dapat Goodmates lakukan sembari menunggu waktu Subuh tiba adalah merapikan tempat tidur. Melipat selimut, menata tempat tidur, hingga membereskan meja kerja mungkin terdengar sepele, tetapi punya manfaat yang baik bagi kesuksesan, lo!

Saking pentingnya, seorang veteran Amerika Serikat, William H. McRaven bahkan menulis  buku yang khusus membahas tentang manfaat merapikan tempat tidur di pagi hari.

Menurutnya, berhasil membereskan tempat tidur adalah kesuksesan pertama yang bisa kita raih dalam satu hari. Kesuksesan kecil inilah yang akan memacu kita untuk memunculkan kesuksesan-kesuksesan lainnya.

Baca juga: Kunjungi Board Game Cafe di Bandung, Ide Ngabuburit Asik

3. Mempelajari Sesuatu 

Waktu setelah sahur dapat kita gunakan untuk belajar atau menyelesaikan pekerjaan | Foto: Ron Lach/Pexels
info gambar

Pagi hari adalah waktu yang tenang dan nyaman bagi Goodmates untuk belajar atau menyelesaikan pekerjaan. Kondisi tersebut membantu otak lebih fokus sehingga topik materi yang tengah Goodmates pelajari atau kerjakan menjadi lebih cepat selesai.

Terlebih lagi, di pagi hari tingkat ketajaman otak kita sedang berada dalam level tinggi sehingga mudah untuk menerima informasi baru. Bila Goodmates khawatir mengantuk, pastikan Goodmates sudah minum banyak air putih saat sahur. Selain itu, Goodmates juga bisa keluar dari kamar tidur agar suasana menjadi berbeda dan tidak memicu rasa kantuk.

4. Membaca Al-Qur'an

Membaca Al-Qur'an setelah sahur, bantu tenangkan hati | Foto: RODNAE Productions/Pexels
info gambar

Selain memberi ketenangan hati, membaca Al-Qur’an selepas sahur bisa Goodmates jadikan strategi untuk khatam Al-Qur’an di bulan Ramadan. Tidak perlu membaca dengan terburu-buru, Goodmates bisa meluangkan waktu sebentar untuk melihat terjemahan dari ayat Al-Qur’an yang tengah Goodmates baca.

Adapun membaca Al-Qur’an dengan terjemahannya akan membuat pesan-pesan Al-Qur’an bisa lebih mudah kita praktikkan dalam keseharian. Membaca Al-Qur’an setelah sahur juga pastinya mendatangkan pahala yang besar bagi Goodmates.

Baca juga: Lebih Produktif, Pekerja Bisa jadi Pebisnis di Bulan Ramadan

5. Melakukan Meditasi

Meditasi setelah sahur agar pikiran lebih fokus dan positif | Foto: Andrea Piacquadio/Pexels
info gambar

Suasana yang tenang di pagi hari dapat Goodmates manfaatkan untuk melakukan meditasi selama beberapa menit. Duduklah dengan nyaman, pejamkan mata, dan tarik napas dalam-dalam lalu hembuskan perlahan melalui mulut.

Pusatkan pikiran pada hal-hal yang membuat Goodmates merasa bahagia. Mengontrol napas dalam meditasi dapat mengusir kecemasan dan stres yang Goodmates rasakan. Goodmates juga akan terbantu untuk menjalani hari dengan pikiran yang lebih positif dan mindful.

Itulah berbagai kegiatan mendukung produktivitas yang dapat Goodmates terapkan setelah sahur usai. Maka, jangan langsung tidur, ya! Rekomendasi kegiatan di atas bisa membuat Goodmates tetap terjaga dan siap melanjalani hari. 

Referensi: Stretch 22 | Very Well Mind

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini