Cari Tahu Aktivitas di Rumah yang Bisa Tingkatkan Skill Kamu

Cari Tahu Aktivitas di Rumah yang Bisa Tingkatkan Skill Kamu
info gambar utama

Lebih dari dua tahun lamanya, ruang gerak masyarakat terbatas oleh aturan-aturan yang berlaku di masa pandemi. Namun, bukan berarti hal tersebut membuat kita hanya berdiam diri saja.

Melihat kondisi tersebut, secara perlahan mulai bermunculan sejumlah program online dan ragam inspirasi yang bisa masyarakat lakukan saat berada di rumah. Salah satunya dengan melakukan beberapa aktivitas produktif yang dapat menghasilkan hal-hal bermanfaat.

Nah, agar aktivitasmu di rumah menjadi lebih bermanfaat, Workerspedia dan GoodSide memliki referensi kegiatan yang bisa meningkatkan skill kamu.

Selain menambah pengetahuan, aktivitas-aktivitas ini juga bisa meningkatkan kemampuan sekaligus kualitas diri Goodmates. Lantas apa saja aktivitas produktif di rumah? Berikut daftar kegiatannya!

1. Mengikuti Kelas Online atau Webinar

Ilustrasi sedang workshop online | Foto: Pexels
info gambar

Dengan adanya gerakan di rumah saja, banyak perusahaan hingga ahli profesi membuka kelas praktik secara online. Perusahaan hingga para ahli profesi tersebut, biasanya membuka kelas yang sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Baca juga: Lebih Produktif, Pekerja Bisa jadi Pebisnis Saat Ramadan

Sebagai contoh, ada sebuah program Digital Marketing Class oleh praktisi di bidangnya. Dalam kelas tersebut, biasanya akan ada penjelasan dasar-dasar menjadi seorang Digital Marketing, hingga kisi-kisi penggunaan tools dan strategi efektif dalam menjalani profesi tersebut.

Bahkan, saking banyaknya kelas online atau webinar, pemerintah memfasilitasinya melalui program Prakerja. Dalam fasilitas yang ada, para peserta tidak hanya mengikuti kelas melainkan juga mendapatkan tunjangan per bulan untuk modal usaha di rumah.

2. Belajar Bahasa Asing

Ilustrasi mendengarkan podcast bahasa asing | Foto: Pexels
info gambar

Ada sebuah kalimat yang menyebutkan, “Atasan dalam Bahasaku merupakan batasan dalam duniaku," kata Ludwig Wittgenstein.

Jika kita pahami, kalimat tersebut mengisyaratkan bahwa mempelajari bahasa lain akan menjadi jembatan untuk kita lebih mengenal dunia tanpa batas. Memahami dan mempelajari bahasa asing akan mempermudah kita dalam meraih peluang, salah satunya dalam dunia kerja.

Hal ini terbukti oleh banyaknya perusahaan yang mencari pekerja dengan kemampuan berbahasa asing, minimal Bahasa Inggris. Selain Bahasa Inggris, kamu juga bisa mempelajari bahasa asing lainnya, seperti Bahasa Jerman, Perancis, Jepang, Korea, hingga Spanyol.

Banyak aplikasi atau ragam channel Youtube yang dengan cuma-cuma memberikan materi belajar bahasa untuk pemula dengan cara menyenangkan. Jadi, tidak ada lagi alasan biaya mahal untuk mempelajari bahasa asing, kan?

Baca juga: Fenomena Resign di Momen Lebaran, Apa Penyebabnya?

3. Buat Konten di Media Sosial

Ilustrasi konten | Foto: Pexels
info gambar

Hal yang paling mudah dan menyenangkan untuk Goodmates lakukan adalah membuat konten di media sosial, baik itu di Instagram, Youtube atau Tiktok. Di beberapa platform tersebut, Goodmates bisa membuat ragam konten bermanfaat, seperti video tutorial, humor, atau review sebuah produk.

Melalui ragam platform tersebut, jangan ragu untuk menuangkan ide-ide brilian yang kamu miliki. Tujuannya agar konten yang kamu buat menjadi menarik.

Selain bisa menjadi wadah untuk menyalurkan ide-ide brilian, membuat konten media sosial juga akan mengasah skill-mu di bidang lainnya. Misalnya skill mengedit video, fotografi, copywriting, bahkan hingga skill isi suara atau voice over. Menarik bukan?

4. Olahraga

Olahraga di rumah saja | Foto: Pexels
info gambar

Hal satu ini, tentu bisa kamu lakukan di rumah dan tidak merugikan sama sekali bagi kesehatan tubuh. Apalagi kalau bukan berolahraga. Meskipun di rumah saja, bukan berarti kamu tidak membutuhkan olahraga.

Olahraga tetap harus kamu lakukan agar kondisi tubuh kamu tetap fit dan untuk menjaga berat badan agar tidak bertambah selama di rumah saja. Tubuh kita membutuhkan energi dan kekebalan yang lebih dalam masa pandemi ini.

Jadi, kamu bisa melakukan olahraga di rumah dengan mengikuti beberapa program atau video yang ada di Youtube. Misalnya, kamu bisa mengikuti program Chloe Ting untuk menambah kebugaran tubuh. Cukup luangkan waktu 30 menit sehari, tubuh Goodmates akan terjaga kebugarannya.

Baca juga:Jalin Networking Melalui Buka Puasa Bersama

5. Bermain Musik

Main gitar | Foto: Pexels
info gambar

Bagi kamu yang tertarik dengan musik, pasti hal ini sangat mudah kamu lakukan. Memainkan alat musik juga bisa mengasah skill, lo! Kamu bisa mengulik nada atau memadukan instrumen satu dengan instrumen musik lainnya. 

Segala ide bermusik bisa kamu luangkan di waktu senggang saat di rumah. Jangan lupa rekam karya musikmu dan minta pendapat orang sekitar tentang karya yang kamu buat.

Nah, dari beberapa aktivitas produktif tersebut, mana yang sudah atau belum kamu lakukan? Yuk, kita lebih produktif lagi meski kondisi pandemi saat ini. Have a good day, Goodmates!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini