Unik! Kampus Luar Negeri Berikut Pernah Adakan Buka Bersama

Unik! Kampus Luar Negeri Berikut Pernah Adakan Buka Bersama
info gambar utama

Bulan suci Ramadan lengkap rasanya jika melakukan buka bersama dengan sanak keluarga maupun orang-orang terdekat. Bagi mahasiswa, berbuka bersama teman-teman di kampus menjadi salah satu kenangan yang selalu membekas.

Uniknya, tidak hanya di Indonesia, berbuka bersama juga pernah terselenggara di beberapa kampus luar negeri. Hal ini tentu menjadi hal yang menarik dan unik, terutama kampus-kampus kenamaan dengan penduduk muslim yang sedikit.

Ini merupakan bentuk toleransi yang terjaga kepada sesama. Mengingat, sangat jarang menemukan kampus-kampus yang sesekali mengadakan buka bersama. Bagi beberapa kampus tersebut, bulan puasa adalah momen tepat untuk saling berbagi kebahagiaan.

Ada beberapa kampus di luar negeri yang pernah mengadakan buka bersama. Penasaran kampus mana saja? Yuk, simak informasi lebih lengkapnya.

1. University of York, Inggris

University of York | Foto: york.ac.uk

Pertama ada universitas yang berlokasi di York, Inggris. University of York memang memiliki kebiasaan melakukan kegiatan jamuan buka bersama selama bulan puasa. Kegiatan untuk seluruh mahasiswa dan staff yang beragama muslim.

Melalui asosiasi mahasiswa muslim dari University of York ini, mereka menggalang dana dan menyiapkan menu berbuka puasa selama sebulan dan gratis. Tidak hanya pada umat muslim, umat non-muslim juga bisa menikmati hidangan yang mereka sajikan.

Baca juga: Daftar Beasiswa untuk Mahasiswa S1, D3, dan D4 Indonesia 2022

2. La Trobe University, Australia

La Trobe University | Foto: suneducationgroup.com
info gambar

Selanjutnya ada La Trobe University di Australia yang juga menjadi salah kampus dengan mengadakan buka bersama selama bulan suci Ramadan. Bedanya, di kampus ini buka puasa bersama tidak mereka selenggarakan setiap hari.

Di bulan suci Ramadan, dalam satu minggu, mereka hanya menyelenggarakan buka puasa bersama selama 5 hari saja. Meski demikian, tentu hal ini juga membuat mahasiswa muslim di sana merasa bersyukur. Mengingat tidak hanya mendapat makanan gratis, tetapi juga bisa berinteraksi dengan mahasiswa lain.

3. Oregon State University, Oregon

Oregon State University | Foto: hotcourses.co.id
info gambar

Serupa dengan kampus-kampus lain yang mengadakan buka puasa bersama, Oregon State University juga melakukannya. Kampus yang berlokasi di Oregon ini sempat melakukan kegiatan buka bersama selama bulan suci Ramadan.

Di sana, mereka akan memberikan takjil gratis bagi seluruh mahasiswa maupun staff yang beragama Islam. Tak hanya itu, bagi mereka yang berasal dari berbagai bangsa maupun agama juga boleh untuk meramaikan kegiatan tersebut.

Baca juga:Belajar Seumur Hidup, Begini Manfaat jadi Seorang Lifelong Learner

4. New Castle University, Inggris

New Castle University | Foto: ncl.aac.uk
info gambar

Ada New Castle University, salah satu kampus berlokasi di Inggris yang mengadakan kegiatan buka bersama. Selayaknya kampus lain, di kampus ini juga memberikan menu buka puasa secara gratis bagi umat muslim maupun non-muslim.

Tak hanya berhenti di situ, biasanya setelah berbuka juga mereka melanjutkannya dengan kegiatan salat tarawih dan membaca Al-Qur’an atau tadarusan. Kegiatan ini juga menjadi momen bersilaturahmi antar sesama.

Baca juga: Ragam Ide Menu Takjil dan Resep Membuatnya

5. Istanbul Aydin University, Turkey

Istanbul Aydin University | Foto: justuniversities.com
info gambar

Universitas yang berlokasi di Istanbul, Turki ini memang memiliki banyak mahasiswa dari berbagai negara. Termasuk ada negara-negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam seperti Indonesia. Maka, tak heran jika sering terselenggara kegiatan buka puasa bersama di kampus ini.

Uniknya, di kampus ini selama Ramadan akan selalu sibuk dengan berbagai kegiatan untuk mengisi bulan suci. Biasanya, mereka akan memberikan jamuan makanan untuk berbuka hingga makan malam secara gratis.

Nah, itu tadi beberapa kampus luar negeri yang pernah bahkan sering mengadakan kegiatan berbuka puasa bersama. Uniknya, kegiatan tidak hanya untuk umat muslim saja, melainkan seluruh umat yang berkesempatan hadir.

Referensi:Kumparan | IDN Times | Okezone

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini