Peran Mahasiswi ITB di Balik Ilustrasi Poster Film “Turning Red” Disney

Peran Mahasiswi ITB di Balik Ilustrasi Poster Film “Turning Red” Disney
info gambar utama

Disney dan Pixar, merupakan dua perusahaan produksi film animasi atau tontonan anak dan keluarga skala global yang banyak digemari. Belum lama ini, keduanya bekerja sama menggarap sebuah film animasi baru berjudul Turning Red.

Sedikit informasi, Turning Red sendiri bercerita mengenai kehidupan seorang anak perempuan remaja bernama Mei, yang sedang berada di masa pencarian jati diri. Berhubungan dengan leluhurnya, Mei akan berubah menjadi panda merah ketika emosinya meluap, dan baru bisa kembali menjadi manusia jika sanggup menenangkan diri.

Sementara itu di lain sisi, lagi-lagi ada peran insan tanah air di bidang kreatif yang ikut ambil bagian untuk keperluan promosi film tersebut. Yakni seorang mahasiswi program studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain (DKV-FSRD) ITB, bernama Emmanuelle Elizabeth, yang dipercaya untuk menggarap ilustrasi poster Turning Red oleh Disney dan Pixar.

Griselda Sastrawinata, Desainer Film Animasi Disney dari Indonesia

Identitas karya khas Disney

Mengutip laman resmi ITB, rupanya Emma memang dikenal kerap membuat sejumlah karya ilustrasi yang ceria, penuh warna, dan mewakili ciri khas dunia animasi. Karya tersebut biasa ia publikasi lewat akun instagram resminya sendiri yakni @emmanuelle.elizabeth.

Menurut penuturan Emma, kegemaran menonton berbagai film Disney sejak kecil memang menginspirasi dirinya dalam membuat karya-karya ilustrasi hingga saat ini.

“Salah satunya emang yang paling menginspirasi aku itu film-film Disney yang udah jadi kesenanganku sejak kecil. Entah kenapa aku selalu merasa semangat hidup banget tiap abis nonton film Disney,” ujar Emmanuelle.

Siapa sangka, kegemaran pada film-film Disney yang tertuang pada gayanya dalam berkarya ternyata membuahkan hasil yang sangat tak terduga. Dirinya diminta oleh tim Disney untuk membuat poster film terbaru Turning Red.

“Saat aku tau Disney minta aku untuk mengilustrasikan poster dari film Turning Red, aku sangat senang dan excited karena aku pribadi merasa sangat terhubung dengan filmnya,” tambahnya lagi.

Murid SMK Ini Ciptakan Film Animasi Dengan Kualitas Sekelas Disney

Tantangan dan kesan bekerja dengan Disney

Di saat bersamaan, Emmanuelle juga mengaku merasa sangat terhubung dengan tokoh utama pada film Turning Red. Sebagai sosok yang memiliki darah Chinese Asian, dirinya mengaku sangat menyukai film tersebut karena kisahnya mengangkat cerita yang sangat relatable bagi anak muda di masa kini.

Menurutnya, film Turning Red sangat berhubungan dengan penerimaan diri, persahabatan, serta hal-hal yang kita semua alami saat menginjak usia remaja.

Bicara mengenai proses pengerjaan poster yang diminta oleh Disney dan Pixar, Emmanuelle mengungkap jika ia melakukan beberapa tahapan selama proses penggarapan, salah satunya adalah mencerna cerita yang berusaha disampaikan oleh film tersebut.

“Aku juga banyak mencari tau tentang audiens nya untuk siapa, apa keunikan dari film ini, dan apa hal yang menarik dari film ini menurut pandangan mataku sebagai ilustrator,” tuturnya.

Selain menonjolkan karakter utama Mei pada film Turning Red, Emmanuelle juga ingin menunjukan budaya oriental yang kental diceritakan pada film tersebut pada posternya. Hal tersebut ia lakukan dengan menyertakan objek ukiran panda merah sebagai border dari poster yang dibuat.

Berdasarkan pengakuan Emma, tantangan terberat selama mengerjakan poster tersebut ada pada tahap mencari ide dan sketsa, namun hal tersebut dapat ia tangani dengan cukup baik sama halnya jika ia menghasilkan karya ilustrasi seperti biasa.

“Biasanya sih aku coba untuk ngumpulin mood-ku dulu dan coba bikin poin-poin untuk memperjelas apa yang ingin aku sampaikan dalam posternya,” ujar Emma.

Mendapat kehormatan, ilustrasi poster karya Emma juga terpampang pada akun instagram resmi @pixarturningred yang menyertakan kredit namanya, dan mendapat banyak pujian.

Terakhir, Emma juga mengungkap bahwa Disney cukup kooperatif selama proses pembuatan poster. Menurutnya, Disney memberi tenggat waktu yang pas dan tahap tinjauan yang sistematis dalam pembuatan poster tersebut, sehingga ia merasa terarah dan menikmati setiap proses pengerjannya.

CG Artist Asal Indonesia Terlibat dalam Produksi Film "Spiderman-Man: No Way Home"

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini