Terapkan Tips Mudah Membaca Buku Bahasa Inggris

Terapkan Tips Mudah Membaca Buku Bahasa Inggris
info gambar utama

Pepatah lama mengatakan buku merupakan jendela dunia. Membaca buku dapat membuka wawasan kita terhadap hal-hal yang belum kita ketahui.

Namun, kegiatan membaca buku bisa menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Apalagi jika buku yang kita baca bukan dalam bahasa ibu yang biasa kita gunakan sehari-hari, misalnya tertulis dalam bahasa Inggris.

Apakah kamu pernah tertarik membaca sebuah buku dalam bahasa Inggris, tetapi mengurungkan niat sebab tidak tersedia versi terjemahannya dalam bahasa Indonesia? Kini tak perlu khawatir.

Jangan sampai tantangan tersebut menghentikan niat kamu untuk membaca buku berbahasa Inggris. Berikut ini tersedia tips cara mudah membaca buku berbahasa Inggris.

1. Pilih Genre Buku Favorit

ilustrasi kumpulan buku berbahasa Inggris | Foto: Shiromani Kant/Unsplash
info gambar

Apakah genre buku favoritmu adalah romansa, misteri, fiksi, atau sejarah? Setiap orang pasti memiliki kegemaran genre buku masing-masing. Sebagian mungkin lebih menikmati membaca cerita romansa, sedangkan sebagian yang lain menyukai cerita penuh teka-teki seperti genre misteri.

Memulai membaca dengan pilihan genre buku kesukaanmu harapannya dapat menumbuhkan minat, serta motivasi untuk membaca buku berbahasa Inggris. Ceritanya yang menarik sesuai dengan minat yang kamu miliki. Kamu bisa lebih bersemangat untuk menuntaskan bacaan.

Baca juga: Hindari Makan Berlebihan, Terapkan Mindful Eating Saat Berbuka Puasa

2. Mulai dari yang Mudah

ilustrasi children's book | Foto: Guardian Storage
ilustrasi children's book | Foto: Guardian Storage

Kamu bisa memilih buku bacaan bahasa Inggris dengan kategori yang paling ringan terlebih dahulu sebagai tahapan adaptasi. Misalnya membaca buku kategori untuk anak-anak (children’s book) dari level picture books. Biasanya terdiri dari 50 sampai 1000 kata dan memiliki banyak ilustrasi di dalamnya.

Kemudian, melanjutkan dengan level chapter books yang memiliki jumlah kata 4.000 sampai 15.000 kata. Apabila kamu telah menguasai jenis level buku sebelumnya, kamu dapat melanjutkan ke buku bahasa Inggris dengan level middle grade, young adult, classic dan seterusnya.

Contoh buku children’s book dari level chapter seperti buku Charlie and The Chocolate Factory, level middle grade book seperti Narnia dan Harry Potter hingga buku-buku young adult seperti The Midnight Library, To Kill a Mockingbird dan sebagainya.

Baca juga: Cek 5 Akun Instagram Bermanfaat untuk Tingkatkan Hard Skill

3. Mencari Tahu Kata yang Asing

ilustrasi mencatat kosakata dari buku bahasa Inggris | Foto: Thought Catalog/Unsplash
info gambar

Saat membaca buku bahasa Inggris, tidak menutup kemungkinan kamu akan menemukan satu dua kosakata yang masih asing atau sebelumnya belum pernah kamu ketahui.

Ketika menemukan kosakata yang belum familiar, kamu dapat mencoba menebak-nebak apa maksud dari kata tersebut berdasarkan konteks dan kalimat yang tertera di dalam buku.

Apabila kamu benar-benar merasa stuck tidak bisa menemukan maksud kata tersebut, bukalah buku kamus atau kamus online untuk menemukan artinya.

Untuk semakin melatih diri kamu sekaligus menambah kemampuan memahami bahasa Inggris, kamu bisa mencoba untuk tidak menerjemahkannya secara langsung. Kamu bisa mencari definisi kata atau sinonimnya terlebih dahulu dalam kamus bahasa Inggris.

Setelah menemukan arti atau maksud dari kosakata tersebut, jangan lupa untuk mencatatnya. Tujuannya agar kamu semakin ingat dan apabila kata tersebut muncul kembali di masa mendatang.

Baca juga: Melihat Perjuangan Niki ZefanyaHingga Bsia Tampil di Coachella

4. Membiasakan Diri Membaca Buku

membiasakan diri untuk membaca buku | Foto: Sincerely Media/Unsplash
info gambar

Membangun sebuah kebiasaan baru umumnya memang akan selalu penuh oleh tantangan. Kamu harus memiliki niat, komitmen, disiplin, dan tekad yang kuat untuk mencapai tujuan yang telah kamu tentukan.

Misalnya dengan mencoba membuat jadwal khusus baik harian maupun mingguan untuk membaca buku bahasa Inggris. Kamu bisa mengikuti klub buku agar lebih semangat terdorong untuk selalu meluangkan waktu untuk membaca buku. Semangat mencoba, Goodmates!

Referensi:Author Learning Center | TV English Club | @daniamembaca

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini