Bingung Ngabuburit? Coba Lakukan Earthing untuk Menaikkan Mood

Bingung Ngabuburit? Coba Lakukan Earthing untuk Menaikkan Mood
info gambar utama

Ada beragam aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk ngabuburit. Beberapa kegiatan mainstream seperti menonton TV atau film, bermain game, atau hal-hal seru lainnya. Jika kamu bosan, earthing bisa menjadi salah satu opsi kamu untuk menemani hari selama ngabuburit.

Menunggu waktu buka puasa, paling pas jika kamu isi dengan kegiatan-kegiatan seru dan bermanfaat. Namun, tak jarang kamu merasa bosan akan aktivitas yang itu-itu saja. Terkadang, perlu aktivitas yang berbeda namun tetap bermanfaat.

Kamu bisa mencoba earthing untuk menjadi jawaban atas kebosanan itu. Mungkin nama earthing cukup asing di telinga masyarakat, terutama di Indonesia. Akan tetapi, kegiatan ini cukup unik dan tentu tidak kalah bermanfaat.

Kegiatan ini tidak perlu alat atau sesuatu yang memerlukan biaya tambahan. Bagusnya, earthing bisa kamu lakukan di mana saja. Penasaran dengan earthing? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Mengenal Earthing

Illustrasi earthing | Foto: Pexels
info gambar

Earthing adalah sebuah teknik atau terapi dengan melakukan kegiatan yang menghubungkan tubuh atau fisik kamu ke bumi. Intinya, aktivitas yang juga memiliki nama grounding ini membuat fisik kamu bersentuhan langsung dengan bumi atau tanah.

Hal ini akan membuat gelombang elektrik bumi terhubung ke tubuh dan membawa dampak positif yang beragam. Bahkan, dalam beberapa riset menunjukan aktivitas earthing bagus bagi masalah kesehatan, yakni meredakan sakit hingga menaikkan mood.

Earthing adalah aktivitas yang ramah bagi siapapu, karena kamu bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja. Kamu bisa melakukannya di dalam ruangan atau luar ruangan. Bagi kamu yang masih pemula atau merasa aneh melakukan aktivitas ini, kamu juga bisa menggunakan matras sebagai alas.

Baca juga: Hanya Ada di Indonesia, Kenali Jurusan Seni Pedalangan

Cara Melakukan Earthing

Illustrasi earthing | Foto: Pexels
info gambar

Ada banyak cara yang bisa kamu coba untuk melakukan aktivitas earthing. Banyaknya ragam pilihan cara untuk melakukan aktivitas earthing membuat kamu bebas memilih sesuai dengan apa paling kamu sukai. Intinya, kamu harus menghubungkan fisik dan bersentuhan langsung dengan bumi.

Pertama, kamu bisa melakukan aktivitas earthing dengan berjalan kaki tanpa alas. Jika terasa panas, kamu bisa berjalan di tanah atau rumput yang tidak terlalu panas. Kamu juga bisa melakukan aktivitas ini di pagi atau sore hari sehingga cuaca ramah untuk aktivitas ini.

Melakukan aktivitas earthing bisa juga dengan berbaring. Hal ini kamu lakukan dengan cara menghubungkan kulit tubuh langsung ke bumi dengan lebih intens. Biasanya, orang-orang melakukan ini di pantai. Akan tetapi, kamu harus memastikan lingkungan aman untuk melakukannya.

Terakhir, kamu bisa berendam. Tidak hanya ke tanah, earthing juga bisa menggunakan medium air. Kamu bisa berendam di pantai untuk melakukan aktivitas ini. Jika kamu merasa susah, kamu juga bisa merendam kaki sembari menikmati suasana lingkungan sekitar rumah.

Baca juga:Scientist Rebellion Gaungkan Darurat Pemanasan Global, Kita Wajib Lakukan Ini

Manfaat Melakukan Earthing

Illustrasi earthing | Foto: Pexels
info gambar

Meski sederhana, earthing kaya akan manfaat. Akan tetapi, penelitian manfaat earthing sampai saat ini masih berlanjut dan perlu pendalaman lebih jauh. Ada beberapa klaim manfaat earthing yang ternyata baik bagi tubuh.

Banyak orang percaya melakukan aktivitas earthing dapat memperbaiki mood. Dalam sebuah riset menunjukan perbandingan seseorang sebelum dan sesudah melakukan earthing. Hasilnya menunjukan hal positif pasca melakukan earthing.

Baca juga: Hindari Makan Berlebih, Praktikkan Mindful Eating Saat Buka Puasa

Mulai dari penurunan rasa nyeri, stres, depresi, rasa kelelahan yang berkurang, dan memperbaiki mood. Meski demikian, klaim ini bersifat subjektif dari partisipan.

Selain itu, beberapa manfaat earthing bagi kesehatan seperti mengurangi nyeri otot, kesehatan jantung, hingga pembuluh darah.

Earthing adalah salah satu aktivitas yang patut kamu coba saat ngabuburit. Melakukan aktivitas yang biasa-biasa saja tentu terasa membosankan.Aktivitas yang baru, mudah, dan murah seperti earthing bisa kamu coba, di samping manfaat yang baik bagi tubuh.

Referensi:Klik Dokter | Sehatq

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini