Berkunjung ke Surga Takjil di 6 Pasar Ramadan Legendaris di Indonesia

Berkunjung ke Surga Takjil di 6 Pasar Ramadan Legendaris di Indonesia
info gambar utama

Ciri khas bulan suci di Indonesia terlihat dari kemunculan sejumlah pasar kaget Ramadan. Kehadirannya tentu menjadi momen menarik untuk berburu aneka takjil dan kuliner yang biasanya cuma muncul selama bulan yang suci ini.

Hampir setiap daerah mempunyai pasar Ramadan masing-masing. Umumnya, lokasi pasar berada di depan masjid maupun kawasan yang memungkinkan banyak penjual makanan untuk berkumpul.

Bahkan, tidak sedikit di antaranya yang sudah meraup popularitas hingga ke luar kota. Penasaran? Yuk, intip destinasi pasar Ramadan legendaris di Indonesia!

1. Pasar Sore Kauman (Yogyakarta)

Pasar Sore Kauman | Foto: Liputan 6

Sudah eksis sejak tahun 1970-an, pasar legendaris ini merupakan pelopor sentra-sentra Ramadan di Yogyakarta. Adapun Pasar Sore Kauman beralamat di Jalan Ahmad Dahlan, Kampung Kauman.

Pemukiman tersebut berjarak lumayan dekat dengan Masjid Agung Keraton Yogyakarta atau nama lainnya Masjid Gede Kauman. Tempat ibadah ini adalah salah satu peninggalan sejarah dari Kerajaan Mataram Islam di Yogyakarta.

Pasar Sore Kauman mempunyai daya tariknya tersendiri berkat suatu makanan khas bernama kicak. Uniknya, olahan yang terbuat dari ketan dengan campuran kelapa parut ini cuma bisa kamu temukan selama bulan Ramadan, lo.

Baca juga: Icip Aneka Makanan Tradisional yang Cuma Hadir Saat Ramadan

2. Pasar Benhil (DKI Jakarta)

Pasar Benhil | Foto: Kabartravel.id

Salah satu pasar kaget Ramadan yang populer di Jakarta berada di kawasan Bendungan Hilir alias Benhil, Kecamatan Tanah Abang. Pusat takjil ini telah berdiri sejak belasan tahun yang lalu dan kerap menjadi tujuan masyarakat untuk ngabuburit atau berburu makanan berbuka.

Menu yang biasanya paling sering orang incar di Pasar Benhil adalah bubur kampiun. Selain itu, kamu juga bisa membeli hidangan lainnya, seperti kolak, bubur sumsum, es buah, serta aneka gorengan.

Pilihan makanan yang tidak sedikit beserta harga yang cukup terjangkau membuat pasar ini selalu ramai pengunjung. Warga Jakarta sudah pernah berkunjung ke sini belum, nih?

3. Kampung Ramadan Jogokaryan (Yogyakarta)

Kampung Ramadan Jogokaryan | Foto: Gudegnet

Masih di Yogyakarta, pasar yang satu ini sudah populer sampai ke luar kota. Berlokasi di Jalan Jogokaryan, Kampung Ramadan Jogokaryan pertama kali inisiasi dari pengurus Masjid Jogokaryan pada 2005 silam.

Masjid tersebut memang terkenal sebagai tempat ibadah yang aktif menyelenggarakan sejumlah kegiatan keagamaan. Mulai dari buka bersama, pengajian yang menghadirkan ulama besar, tarawih ala Gaza dan Madinah, sampai pasar Ramadan bagi masyarakat setempat.

Di sini, kamu dapat menemukan beraneka macam makanan dan minuman, baik tradisional maupun ala modern kegemaran anak muda.

Baca juga: Hindari Makan Berlebih, Praktikkan Mindful Eating Saat Buka Puasa

4. Pasar Ramadan Lampisang (Banda Aceh)

Pasar Lampisang | Foto: Safari Wisata International

Semua orang pasti tahu kalau Aceh adalah daerah di Indonesia yang sangat kental dengan nuansa Islam. Suasana ini akan semakin terasa ketika bulan Ramadan yang tampak dari kehadiran sejumlah pasar kaget yang mulai beroperasi.

Salah satunya Pasar Lampisang di Jalan Lampisang. Di sini, kamu bisa membeli aneka hidangan untuk berbuka. Kalau ke sini, jangan lupa untuk mencoba menu tradisional khas Aceh, seperti mie caluk, kue boi, rujak Aceh, timpan, dan kue halua breuh.

5. Pasar Ramadan Sawojajar (Malang)

Pasar Sawojajar | Foto: Kompasiana

Berlokasi dekat kawasan perumahan bernama Sawojajar, persis di Jalan Danau Toba, Malang, kamu dapat menjumpai sebuah pasar kaget setiap tahunnya selama bulan Ramadan. Pasar Sawojajar selalu ramai pengunjung, terutama menjelang waktu berbuka puasa.

Tempatnya yang berada di lahan kosong membuat masyarakat pun leluasa untuk mencari aneka takjil di sana. Selain itu, letak pasar ini juga tidak jauh dari masjid sehingga mempermudah pengunjung yang ingin menjalankan salat maghrib.

Baca juga: Mengatasi Dismenore, Nyeri Perut Saat Sedang Menstruasi

6. Pasar Wadai (Banjarmasin)

Pasar Wadai | Foto: Xiaomi

Nama ‘Wadai’ sendiri merupakan kue tradisional masyarakat Banjar yang menjadi primadona di ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan ini. Pasar Wadai hasil inisiasi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat dengan tujuan mempromosikan kuliner Banjarmasin kepada wisatawan.

Wadai menghadirkan ratusan lapak penjaja kuliner tradisional. Kamu dapat menemukan berbagai makanan khas seperti kue bingka kentang, kue masubah, amparan tatak, sampai sari pengantin. Ada pula pedagang yang menjual masakan Timur Tengah, seperti nasi kebuli, kebab, kari kambing, dan roti maryam.

Referensi: Brilio | Umma | Liputan 6

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini