Selain Ecosia, Aplikasi Berikut juga Bantu Selamatkan Bumi

Selain Ecosia, Aplikasi Berikut juga Bantu Selamatkan Bumi
info gambar utama

Ada yang spesial pada April ini. Tepatnya pada 22 April merupakan peringatan Hari Bumi. Selebrasi tahunan ini selalu beriringan dengan imbauan untuk menyelamatkan bumi, salah satunya dengan menggunakan aplikasi atau situs web yang ramah lingkungan. Contohnya aplikasi Ecosia yang sempat viral beberapa waktu lalu.

Ecosia sendiri adalah aplikasi mesin pencari yang menyalurkan sebagian besar keuntungannya kepada organisasi penyelenggara penghijauan. Tak hanya itu, Goodmates juga berkesempatan untuk menyumbang satu pohon secara tidak langsung jika sudah mencapai jumlah pencarian tertentu.

Fitur yang Ecosia tawarkan ini membuatnya populer sebagai aplikasi ramah lingkungan. Namun, Ecosia bukanlah satu-satunya aplikasi yang membantu upaya penyelamatan bumi. Ada berbagai aplikasi hingga situs web lain yang mengusung misi serupa, berikut daftarnya.

1. Carbonfootprint.com

Kalkulasi jejak karbon yang kita hasilkan dengan fitur Carbon Calculator | Foto: Carbonfootprint.com
info gambar

Mengusung tagline Your Solution For Cutting Carbon And Caring For The Climatesitus Carbon Footprint ini dapat membantu Goodmates untuk menghitung jumlah jejak karbon yang Goodmates hasilkan sehari-hari.

Jejak karbon sendiri adalah emisi gas karbon dioksida yang kita hasilkan dari berbagai aktivitas, seperti bepergian dengan mobil hingga pembakaran hutan.

Tak hanya menghitung jejak karbon individu, situs ini juga membantu Goodmates menghitung jejak karbon dari industri berskala rumahan hingga industri besar. Informasi terkait perubahan iklim hingga cara mengurangi emisi gas juga tersedia di situs yang berbasis di Inggris ini.

Baca juga:Dengarkan 5 Rekomendasi Podcast Edukatif dan Menghibur

2. Forest

Forest, timer yang dapat meningkatkan produktivitas dan melestarikan lingkungan | Foto: forestapp.cc
info gambar

Memiliki benefit yang sama dengan aplikasi Ecosia, Forest memungkinkan penggunanya untuk berkontribusi menyumbang pohon setelah mengumpulkan jumlah koin tertentu.

Bedanya, Forest merupakan aplikasi timer produktivitas yang akan membantu Goodmates untuk tetap fokus dalam belajar atau mengerjakan sesuatu.

Berpartner dengan organisasi Trees for The Future, hingga saat ini aplikasi Forest sudah menanam lebih dari satu juta tiga ratus pohon secara nyata. Banyak sekali, kan? Aplikasi ini juga memiliki tampilan yang menarik sehingga tak heran bila Forest menjadi aplikasi produktivitas yang laris baik di App Store maupun Play Store.

Baca juga: Peduli Lingkungan, Kampus Berikut Terapkan Konsep Eco Friendly

3. Gakkum

Gakkum, aplikasi perlindungan lingkungan resmi dari Kementerian | Foto: GAKKUM KLHK/Play Store
info gambar

Selanjutnya ada Gakkum, aplikasi resmi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Indonesia. Melalui empat fitur utamanya, yaitu Pengaduan, Info Hukum, Berita, dan Tips, Gakkum dapat membantu masyarakat untuk memantau informasi seputar lingkungan hidup dan memahami kiat-kiat mencegah kejahatan lingkungan dan kehutanan.

Aplikasi ini juga menyediakan tips tentang cara melestarikan lingkungan hingga pasal-pasal hukum terkait lingkungan hidup dan kehutanan yang berlaku di Indonesia. Secara keseluruhan, Gakkum merupakan inovasi yang baik dari KLHK untuk mengedukasi masyarakat agar semakin berkontribusi dalam pelestarian lingkungan dan hutan di Indonesia.

Baca juga: Tips Hunting Foto, Cocok Kamu Lakukan Saat Ngabuburit

4. Gardenia

Ciptakan kebun yang asri bersama Gardenia | Foto: getgardenia.co
info gambar

Salah satu cara untuk menjaga bumi adalah dengan memperbanyak penanaman pohon sehingga lahan hijau yang menyerap karbondioksida juga meluas. Nah, bagi Goodmates yang hobi berkebun dan mengurus tanaman, aplikasi Gardenia bisa jadi teman yang menyenangkan.

Menyediakan informasi botani dari lebih dari 2.000 spesies tanaman, Gardenia cocok untuk pemula maupun orang yang sudah ahli dalam berkebun. Aplikasi ini pun menyediakan tips menarik bagi Goodmates yang tengah mengurus tanaman di berbagai tempat, baik di pekarangan rumah hingga balkon apartemen.

Setelah puas mengeksplor informasi tanaman, Goodmates bisa menambahkan jenis tanaman yang sedang Goodmates tanam, lalu menjadwalkan perawatannya di aplikasi ini. Gardenia akan mengirimkan pengingat setiap kali Goodmates harus menyiram, memberi pupuk, atau memberi treatment tertentu terhadap tanaman. Menarik, kan?

Adanya aplikasi dan situs web ramah lingkungan ini menjadi kabar baik bagi kita semua bahwa ternyata perkembangan teknologi tidak selalu merusak bumi. Bila kita bijak memanfaatkan teknologi, hal itu justru bisa menyelamatkan bumi. Jadi, situs atau aplikasi mana nih yang akan Goodmates gunakan?

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini