Aneka Ide Hampers Lebaran Ramah Lingkungan untuk Orang Terkasih

Aneka Ide Hampers Lebaran Ramah Lingkungan untuk Orang Terkasih
info gambar utama

Hantaran hampers maupun parcel di bulan suci Ramadan seakan telah menjadi tradisi di Indonesia. Tradisi ini sebagai lambang menjalin silaturahmi dan berbagi kebahagiaan dengan orang terdekat.

Namun begitu, bentuk hadiah yang kurang tepat bisa saja malah berakhir langsung di tempat sampah tanpa makna. Belum lagi kalau kemasan yang ada menggunakan bahan yang tidak bisa terurai.

Dengan demikian, alangkah baiknya sekarang kamu mulai memikirkan ide-ide hampers Lebaran ramah lingkungan untuk kamu berikan kepada orang terkasih. Selain membuat penerima merasa berbahagia, kamu juga turut menyelamatkan lingkungan sekitar, lo. Nah, apa sajakah idenya?

1. Kue Kering

Ilustrasi kue kering | Foto: Popbela

Hari Raya Idulfitri sangat identik dengan kue kering, apalagi nastar yang masih menjadi favorit. Kamu dapat memesannya di toko langganan, mendekorasinya dalam kemasan box, plus menyisipkan kartu ucapan Lebaran supaya lebih berkesan.

Buat kamu yang senang membuat kue, membuatnya sendiri di rumah tentu akan jauh lebih menyenangkan. Siapkan keranjang dan kain alas untuk menghias hampersmu. Tidak cuma lebih hemat, memproduksi kue sendiri dapat menjamin kebersihan dan kualitas bahan.

Baca juga:Refleksi Penghujung Ramadan, Benarkah Puasa Bermanfaat Bagi Lingkungan?

2. Perlengkapan Ibadah

Ilustrasi perlengkapan ibadah | Foto: Kompas.com

Sebuah hal yang lumrah jika alat ibadah menjadi salah satu ide hampers yang menarik, terutama untuk Lebaran. Di samping menjadi hadiah yang berkesan, perlengkapan salat juga bisa menjadi ladang pahala untuk kita semua.

Apabila ingin memberikannya, kamu dapat memanfaatkan jasa pembuatan hampers maupun menyiapkannya sendiri. Pastikan kamu memilih pembungkus yang bersifat eco friendly, contohnya kardus, karton atau kain, serta tidak lupa menyertakan pemanis seperti kartu ucapan dan aksen pita.

3. Perawatan Tubuh (Body Care)

Ilustrasi body care | Foto: Neauthy Skincare/Unsplash
info gambar

Buat kamu yang ingin melihat tampilan menawan dari orang-orang tersayang ketika hari raya Idulfitri, paket hampers ini adalah jawabannya. Bahkan, bisa menjadi hadiah yang tidak akan terlupakan juga, lo.

Kamu bisa memberikan aneka produk perawatan tubuh, seperti sabun, sampo, parfum, handuk, body lotion sampai masker wajah untuk membuat penampilan mereka lebih sempurna sewaktu Lebaran tiba. Selain itu, pilihlan kemasan yang cantik dengan warna senada supaya parcel tampak estetik.

Baca juga: Ilmuwan Ciptakan Robot Lendir, Bagaimana Fungsinya?

4. Perlengkapan Makan

Ilustrasi perlengkapan makan | Foto: Smit Shah/Unsplash
info gambar

Hampers berisi satu set alat makan berbahan bambu misalnya, dapat menjadi opsi terbaik sebagai ide hadiah ramah lingkungan. Selain desain yang unik dan minimalis, peralatan makan bambu tidak gampang rusak dan pecah sewaktu pengiriman. Beratnya pun lebih ringan sehingga akan menghemat ongkos kirim.

Satu set perlengkapan makan biasanya sudah mencakup sendok, garpu, serta sumpit. Ada juga toko yang turut serta menambahkan sedotan sekaligus pisau di dalam paketnya. Barang seperti ini tentu akan sangat bermanfaat dan bisa bertahan lama sehingga lebih ramah lingkungan.

5. Kerajinan Tradisional

Ilustrasi kerajinan tradisional | Foto: Tribun Travel

Saat ini kita bisa menjumpai banyak kerajinan tangan tradisional yang terbuat dari bahan-bahan ramah lingkungan. Mulai dari kayu, anyaman bambu, kulit dan tanduk binatang, kain, sampai tanah liat.

Kerajinan tradisional sendiri tidak terbatas hanya pada kesenian, melainkan dapat berupa dekorasi rumah, alat dapur, mainan, pajangan, atau berbagai perkakas bermanfaat.

Memberikan parsel dan hampers berisi karya khas daerah tentu dapat membantu pengrajin dan UMKM lokal, dalam rangka menambah penghasilan mereka sekaligus melestarikan budaya bangsa.

Baca juga:Selain Ecosia, Aplikasi Berikut Bantu Selamatkan Bumi

6. Pengharum Ruangan

Ilustrasi lilin pengharum ruangan | Foto: Richie Lugo/Unsplash
info gambar

Siapa bilang pewangi ruangan tidak dapat menjadi hampers untuk Lebaran? Ide unik ini dapat menjadi sarana untuk ‘menebarkan’ berbagai aroma wewangian favorit keluarga, teman, sampai pasangan terkasih.

Terdapat banyak jenis pengharum ruangan yang dapat kamu pilih. Sebut saja lilin aroma terapi maupun sejumlah bahan alami yang menghasilkan aroma khas, misalnya kopi, lavender, peppermint, dan sebagainya.

Itulah beberapa inspirasi hampers unik ramah lingkungan yang dapat kamu berikan kepada orang terkasih. Tidak hanya menambah pahala di bulan yang suci, berbagi kado semacam ini tentu juga bermakna terhadap lingkungan sekitar.

Referensi: Merah Putih | Bisnis Muda | Rumah

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini