Rekomendasi 5 Aplikasi yang Bisa Membuat Kuliah Kamu Terasa Lebih Mudah

Rekomendasi 5 Aplikasi yang Bisa Membuat Kuliah Kamu Terasa Lebih Mudah
info gambar utama

#FutureSkillsGNFI

Sejak pandemi berlangsung, beberapa kegiatan yang biasa kita lakukan secara luring kini dapat kita lakukan secara daring. Mulai dari belanja, booking tiket perjalanan, hingga beberapa kegiatan agama.

Begitupun dengan kegiatan perkuliahan, sebagian besar kampus membuat kebijakan untuk mengadakan kegiatan perkuliahan secara daring. Bahkan, setelah hampir 2 tahun pandemi berlangsung, beberapa kampus masih menerapakan pembelajaran jarak jauh melalui daring. 

Kegiatan daring tersebut memaksa kita untuk melakukan berbagai kegiatan menggunakan smartphone atau laptop kita. Oleh karena itu, sangat rugi rasanya jika Goodmates tidak memanfaatkan secara maksimal. Berikut rekomendasi 5 aplikasi yang akan menunjang kegiatan perkuliahan GoodMates.

1. Google Tasks

Logo Google Tasks | Sumber: play.google.comCaption
info gambar

Tidak sedikit dari kita yang merasa kewalahan ketika harus menyusun tugas mana saja yang harus selesai lebih dulu. Jika kamu juga merasa demikian, aplikasi Google Tasks ini sangat cocok untuk kamu.

Google Tasks adalah aplikasi to do list yang tentu saja dari Google. Aplikasi ini sangat cocok buat kamu yang tidak bisa jauh-jauh dari sinkronasi aplikasi Google yang sangat baik.

Perlu kamu tahu, aplikasi ini dapat terhubung dengan Google Calendar sehingga kamu dapat melihat tugas kamu lengkap dengan fitur pengingat. Selain itu, kita juga dapat membagi beberapa kategori tugas dengan beberapa subtugas di dalam tugas yang kita buat sehingga lebih rapih dan terstruktur.

Baca juga: Forum Indonesia Muda, Cocok untuk Kamu yang Ingin Nongkrong Idealis

2. Google Docs dan Google Slides

Google Docs & Google Slides Logo | Sumber: Cleanpng.comCaption

Bagi kalian yang merasa pusing ketika dosen kalian memberikan tugas kelompok saat kuliah daring, aplikasi ini sangat cocok bagi kalian. Konsep Google Docs sendiri tidak berbeda jauh dengan Microsoft Words.

Aplikasi ini dapat membantu kamu membuat tugas yang memiliki bentuk tulisan words, seperti makalah, artikel, esai, ataupun sejenisnya. Begitupun dengan Google Slides yang tidak berbeda jauh konsepnya dengan Microsoft Power Point kamu dapat membuat presentasi.

Akan tetapi, fitur yang menjadi pembeda dari aplikasi Google Docs dan Google Slides ini adalah kalian dapat mengerjakan tugas tersebut dalam satu file dan waktu yang bersamaan, meskipun kamu berada di tempat yang berbeda. Jadi, Goodmates sudah tidak perlu menggabungkan file words dari teman-teman saat kerja kelompok yang memakan banyak waktu.

Baca juga: Perubahan Semakin Nyata, Ini 5 Tips Cegah Pemanasan Global

3. Camscanner

Camscanner logo | Sumber: Camscanner.com
info gambar

Selanjutnya ada Camscanner, aplikasi scanning file yang konsepnya sama dengan alat scanning konvensional. Kamu dapat melakukan scanning dokumen kamu menjadi dokumen digital dengan kualitas yang sangat jernih, seperti aslinya.

Menggunakannya cukup mudah. Kamu hanya perlu memotret dokumen, melakukan sedikit editing sesuai kebutuhan kamu, menekan tombol save, dokumen digital yang kamu butuhkan selesai. Dengan aplikasi ini, Goodmates sudah tidak perlu ke luar rumah untuk mencari alat scanning.

4. iPusnas

Logo iPusnas | Sumber: Mediaindonesia
info gambar

Melalui aplikasi iPusnas ini, Goodmates dapat menemukan berbagai jenis buku yang berkaitan dengan tugas perkuliahan kamu. Aplikasi iPusnas ini hadir bagi kamu yang ingin meminjam buku terkait tugs perkuliahan, tetapi tidak bisa datang langsung ke perpustakaan.

Kamu hanya perlu mendaftarkan diri untuk dapat meminjam buku di iPusnas ini. Sekarang, kamu tidak usah lagi mencari e-book ilegal saat butuh buku teks kuliah saat mengerjakan tugas kuliah. 

Baca juga: Mengatasi Quarter Life Crisis dengan Metode SMART

5. MyHomework Student Planner

MyHomework Student Planner logo | Sumber: play.google.com
info gambar

Terakhir ada MyHomework Student Planner, aplikasi andalan mahasiswa yang multifungsi. Tidak hanya itu, aplikasi ini bisa kamu gunakan melalui smartphone, laptop, ataupun website-nya langsung.

Di aplikasi ini, kamu dapat menggunakan berbagai fitur yang memudahkan kamu untuk mencatat jadwal kuliah ataupun tugas tertentu sehingga tidak ada lagi tugas yang terlewat.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga kamu dapat menghubungkannya dengan Google Calendar sehingga akan mendapatkan reminder agar kamu tidak melupakan jadwal kelas ataupun tugas. 

Itulah lima aplikasi yang dapat membuat kuliah online kamu terasa lebih mudah. Mana aplikasi favorit kamu?

Referensi: 

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini