Perubahan Semakin Nyata, Ini 5 Tips Cegah Pemanasan Global

Perubahan Semakin Nyata, Ini 5 Tips Cegah Pemanasan Global
info gambar utama

#FutureSkillsGNFI

Manusia saat ini berhadapan dengan realita perubahan iklim yang perlahan mulai kita rasakan dampaknya. Mulai dari banjir, kekeringan, perubahan cuaca yang ekstrem, hingga naiknya permukaan air laut karena mencairnya es di kutub akibat suhu bumi yang semakin panas. 

Namun, seiring perkembangan zaman, cairnya es di kutub menjadi tidak normal dan terjadi lebih cepat dari yang seharusnya. Menurut IPCC (Intergovermental Panel Climate Chage) peningkatan temperatur global akan meningkat 1,4℃-5,8℃ pada 2100 mendatang.

Pemanasan global terjadi akibat aktivitas manusia yang kurang peduli terhadap lingkungan. Aktivitas-aktivitas tersebut meliputi penebangan hutan, pertambangan, emisi gas dan bahan bakar kendaraan, limbah industri dan pertanian, hingga penggunaan listrik, menjadi penyumbang terjadinya pemanasan global.

Untuk menghindari dampak ekstrem dari pemanasan global, berikut cara mudah untuk mencegah pemanasan global melalui aktivitas sehari-hari yang bisa kamu lakukan.

1. Hemat Penggunaan Listrik

Hemat Energi
info gambar

Seperti yang kita ketahui bahwa penggunaan listrik yang berlebihan menjadi salah satu penyumbang terjadinya pemanasan global. Hal itu karena alat pembangkit listrik bergerak menggunakan batu bara. Pembakaran batu bara juga menyumbang polusi udara.

Jika penggunaan listrik meningkat, semakin meningkat pula kuantitas batu bara yang terbakar. Untuk mencegah memburuknya pemanasan global, Goodmates bisa menghemat penggunaan listrik dengan cara mematikan kipas angin, TV, lampu, mencabut chager telepon, menggunakan produk hemat energi, dan menggunakan listrik seperlunya.

Baca juga: Mengatasi Quarter Life Crisis dengan Metode SMART

2. Menanam Pohon di Sekitar Rumah

Menanam tumbuhan di rumah Ι Sumber: ruparupa
info gambar

Defortesasi hutan dari tahun ke tahun membuat pemanasan global semakin memburuk. Reboisasi menjadi solusi mengurangi jumlah CO2 di atmosfer.

GoodMates bisa mulai aksi penghijauan dari skala kecil dengan menanam pohon atau tumbuh-tumbuhan di perkarangan rumah sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Aksi tersebut juga bisa membuat udara disekitar rumah menjadi segar dan tampak indah.

Baca juga:Jaga Pola Makan Supaya Ibadah Ramadan Makin Lancar

3. Gunakan Sepeda atau Berjalan Kaki

Sepeda sebagai alternatif Ι Sumber: MediaIndonesia.com/Retno Esnir
info gambar

Jumlah pengguna kendaraan kian meningkat, terutama di kota-kota besar. Kendaraaan bermotor mengeluarkan gas-gas yang menambah polusi udara. Untuk mencegah pemanasan global, kamu bisa menggunakan sepeda atau berjalan kaki ke tempat-tempat terdekat.

Untuk tujuan jarak dekat, Goodmates dapat menggunakan sepeda atau berjalan kaki. Selain mencegah pemanasan global, Goodmates juga sekaligus berolahraga dan menghemat biaya bensin.

4. Kurangi Pemakaian Produk Mengandung CFC

Ilustrasi produk berbahan CFC Ι Sumber: Voi
info gambar

CFC (Chlorofluorocarbon) merupakan senyawa organik yang memuat karbon, klorin, dan fluorin. Penggunaan zat CFC dapat merusak lapisan ozon sehingga membuat suhu bumi naik. Penggunaan CFC menurut Protokol Montreal telah dilarang mulai tahun 2000.

Kurangi penggunaan produk yang mengandung CFC seperti hairspray, semprotan nyamuk, dan lainnya. Solusinya, Goodmates bisa menggunakan produk hairspray atau mesin pendingin yang bebas dari kandungan CFC.

Baca juga: Hindari Kebiasaan Buruk Saat Bulan Ramadan

5. Manfaatkan Jendela dan Ventilasi Rumah

Cahaya masuk melalui jendela Ι Freepik.com
info gambar

Penggunaan listrik pada lampu dalam waktu yang lama berkontribusi memperburuk pemanasan global. Goodmates bisa memanfaatkan fasilitas yang ada sebagai upaya pencegahan dan alternatif untuk menghemat biaya.

Gunakan jendela agar sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah. Tindakan tersebut secara langsung dapat meminimalisir penggunaan listrik.

Tidak selalu menunggu perubahan besar untuk melindungi bumi dari pemanasan global. Dengan mengubah rutinitas dan gaya hidup sesuai tips di atas juga dapat berkontribusi untuk melindungi bumi dari pemanasan global.

Referensi: IDNTimes Ι Merdeka Ι Buku "Yuk Lebih Dekat Mengenal Peristiwa Alam dan Pemanasan global"

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini