Jangan Takut! Lakukan Ini Supaya Kamu Tidak Insecure

Jangan Takut! Lakukan Ini Supaya Kamu Tidak Insecure
info gambar utama

Hi, Goodmates! Apakah kamu sering merasa insecure terhadap skill yang kamu miliki? Jangan panik, itu hal yang wajar kok! Tapi, jangan berlebihan ya. Perlu diketahui nih, insecure merupakan perasaan cemas atau merasa tidak aman yang dapat membuat keraguan seseorang terhadap kemampuan yang dimilikinya. Nah, supaya tidak jadi berlebihan, Goodmates perlu memperhatikan intensitas insecure yang dirasakan.

Selain harus mengetahui sampai mana batasan insecure, kira-kira perasaan apa saja sih yang sering muncul saat merasa ‘‘cemas‘‘? Perasaan tersebut diantaranya adalah ragu-ragu, tidak percaya diri, pesimis, tidak bahagia, merasa bersalah, dan sebagainya. Jika kamu mengenali dan menemukan tanda-tanda insecure tersebut, tak perlu panik. Kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara berikut ini, Goodmates!

  1. Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri
Ilustrasi | Foto: pexels.com/Pixabay
info gambar

Hal ini biasanya sering dikaitkan dengan overthinking, sehingga muncul rasa bersalah setiap melakukan atau memutuskan sesuatu. Melawan pikiran negatif memang tidaklah mudah. Jika kamu tidak bisa memulai dari hal ini, kamu akan dilanda rasa cemas setiap hari, apalagi ketika mengingat kejadian atau hal yang dianggap salah.

Perlu diketahui bahwa tidak ada manusia yang sempurna tanpa kesalahan. Kamu bukanlah satu-satunya yang pernah melakukan kesalahan. Tenangkan pikiran, lalu mulailah untuk berpikir realistis dari setiap kesalahan yang pernah dilakukan, bahwa kamu akan belajar dari kesalahan tersebut.

  1. Kenali Diri Sendiri
Ilustrasi | Foto: pexels.com/Hassan OUAJBIR
info gambar

Ketika mulai merasa insecure terhadap skill yang kamu miliki, kamu perlu mengingat poin mana saja yang ada dalam dirimu dan bisa memberikan nilai plus untuk perusahaan, sehingga hal itu menjadi alasan mereka untuk menerima kamu di perusahaannya.

Tidak mungkin perusahaan menerimamu tanpa adanya alasan. Nah, jadikan alasan tersebut sebagai keunggulanmu, dan tanamkan dalam pikiranmu.

  1. Stop Bandingkan Diri dengan Orang Lain
Ilustrasi | Foto: pexels.com/Helena Lopes
info gambar

Jika kamu selalu membandingkan dirimu dengan teman-teman atau orang lain, percayalah hal ini tidak akan pernah ada ujungnya. Hal itu bukanlah cara yang tepat untuk memperbaiki diri. Justru kamu akan menghadapi rasa insecure. Sebagai contoh melalui sosial media, kita seringkali dihadapkan dengan posting-an yang memperlihatkan kehidupan yang sempurna dari circle kita.

Padahal, tidak semua faktanya sesuai dengan apa yang di interpretasikan. Perlu diketahui, kamu pun berhak untuk skeptis dengan hal yang diperlihatkan di sosial media. Artinya, tidak semua kehidupan yang perlihatkan sesuai dengan realita. Jadi, penggunaan sosial media dengan bijak secara tidak langsung dapat mempengaruhi insecurity seseorang. Kita hanya perlu banyak bersyukur dan memperbaiki diri dengan apa yang telah kita miliki, serta selalu berpikir positif ya, Goodmates!

  1. Hindari Lingkungan Toxic
Ilustrasi | Foto: pexels.com/Helena Lopes
info gambar

Hal yang tak kalah penting dalam mengatasi rasa insecure adalah menghindari lingkungan toxic. Kenapa demikian? Karena jika kamu masih berada di lingkungan toxic, tak jarang kamu akan mendapatkan pikiran dan kalimat-kalimat negatif. Secara tidak langsung, tak ada motivasi yang diberikan untuk membangkitkan semangatmu dari tengah-tengah lingkungan toxic.

Percaya atau tidak, biasanya hal-hal yang baik bisa dengan mudah ditemukan di lingkungan terdekat kita. Maka, carilah lingkungan yang bisa mendukung apapun yang kita lakukan dengan cara yang positif. Dengan begitu, tak ada yang namanya insecure.

  1. Lakukan Langkah Nyata
Ilustrasi | Foto: pexels.com/Porapak Apichodilok
info gambar

Bicara soal rasa insecure terhadap skill, tidak bisa hanya sebatas ucapan dan berujung pada rasa ketakutan. Yang paling utama dan bisa merubah segalanya adalah diri kita sendiri. Segera temukan dan kenali hal-hal yang membuat dirimu insecure. Setelah itu lakukan hal yang bisa mengubah ketakutanmu menjadi hal yang bisa membuatmu percaya. Hal tersebut bisa dilakukan dengan aksi nyata.

Misalnya, kamu merasa insecure dengan kualitas public speaking yang kamu miliki. Bentuk nyata yang bisa kamu lakukan adalah bergabung di komunitas public speaking atau mengikuti kelas public speaking. Keluarkan dan keluhkan rasa insecure kamu tentang public speaking di dalam lingkungan tersebut. Di lingkungan yang tepat, pasti kamu akan menemukan orang-orang yang memiliki keluhan yang sama dan bisa saling support agar bisa membangun rasa percaya diri.

Pada dasarnya, kita tidak perlu takut jika rasa insecure melanda dalam diri. Namun, jika dirasa itu sudah berlebihan, kita masih bisa mengontrolnya dengan beberapa solusi tersebut. Semoga bermanfaat ya, Goodmates. Keep it up!

Referensi: ekrut.com | alodokter.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini