Selamat Tinggal Grogi! Simak Cara Lancar Public Speaking

Selamat Tinggal Grogi! Simak Cara Lancar Public Speaking
info gambar utama

#FutureSkillsGNFI

Public Speaking atau berbicara di depan umum adalah salah satu hal esensial yang gabisa kamu hindari nih GoodMates. Tanpa sadar Public Speaking sudah mulai di lakukan saat kamu melakukan presentasi di bangku sekolah loh. Meski sudah sering, ternyata Public Speaking bukan hanya sekadar berbicara di depan orang banyak, tetapi bagaimana pesan yang ingin kamu sampaikan diterima oleh audiens sehingga mendapatkan respon yang baik.

Biasanya, orang yang melakukan Public Speaking mengalami grogi dan nervous yang berlebihan GoodMates. Grogi boleh, tetapi jangan khawatir! Pembicara itu tidak dilahirkan tapi diciptakan. Maka dari itu berikut cara agar lancar Public Speaking!

  1. Tentukan Topik dan Tujuan

Sebelum melakukan Public Speaking hal yang kita butuhkan adalah topik. Menentukan topik memang cukup membingungkan. Namun, kita bisa menggunakan 3 pertanyaan agar lebih mudah dalam menentukan topik yang ingin dibahas.

“Apa yang ingin saya bicarakan?”

“Bagaimana saya mencari topik (sumber) ?”

“Bagaimana saya dapat mengfokuskan topik yang ingin di bicarakan?”

Public Speaking yang baik adalah yang mengutamakan substansi topik dan sesuai dengan speaker juga audiens. Pilihlah topik yang akan menarik perhatian dan bermanfaat bagi audiens. Beri limit pada topik yang ingin dibahas, sehingga tidak membuat pembahasan menjadi tak terarah. Tentukan tujuan yang ingin di capai. Efek apa yang ingin kamu dapat dari audiens.

  1. Analisis Audiens

 

 

Audiens dalam Public Speaking biasanya berupa skala besar. Untuk menjadi speaker yang sukses kamu harus menganalisis audiensmu. Analisis ini akan membantu dalam penyeleksian topik, penentuan tujuan, dan relasi antara speaker dan audiens. Kamu harus mengetahui audiens seperti apa yang akan datang. Bisa mulai mengetahui usia rata-rata dan gender dari audiens. Jika, audiens berupa siswa SMA kamu harus dapat menyesuaikan cara penyampaian yang terkesan santai berbeda jika audiens nya orang tua.

  1. Riset dan Pelajari Topik

Bersamaan dengan proses persiapan Public Speaking kamu juga harus melakukan riset tentang informasi yang akan kamu sampaikan GoodMates. Dari riset yang ditemukan kamu akan mendapatkan definisi, contoh, dan ilustrasi yang akan dibahas. Persiapan topik yang  baik akan membantumu meyakinkan pendengar. Jika audiens merasa kamu melakukan banyak riset dan mengetahu topik, mereka akan merasa kamu kompeten dan berpengetahuan luas sehingga argumenmu terpercaya.

 

  1. Gunakan Material Pendukung

 

Setelah mendapatkan topik yang pas gunakanlah material pendukung. Material bisa berupa data, statistik, atau ilustrasi yang bisa menarik perhatian audiens. Testimoni biasanya banyak menarik minat dan kepercayaan audiens. Kamu juga bisa menggunakan Power Points untuk memberikan informasi dengan format yang menarik.

 

  1. Cara Penyampaian

 

 

Penyampaian Public Speaking harus menarik dan sistematis. Tata urutan dalam Public Speaking adalah Introduction, Body, dan Conlusions. Pada saat melakukan introduction kamu harus menarik perhatian audiens dengan memberi pertanyaan atau membicarakan kejadian yang baru-baru ini terjadi. Disini lah kamu mulai membangun koneksi antara speaker dan audiens. Setelah koneksi terjalin, mulailah untuk memberitahu garis umum topik yang akan di bahas.

Lalu ada body dimana kamu membahas keseluruhan informasi utama yang sudah dipersiapkan. Bagian terakhir adalah conclusions yang paling sering di ingat oleh audiens. Disini kamu harus memberikan kesimpulan umum dan re-statement informasi yang telah kamu sampaikan. Tanyakan respon spesifik yang akan mengarah ke aksi lebih lanjut. Setelah itu lakukanlah penutupan dengan berterima kasih kepada audiens dan memberi motivasi.

 

  1. Latihan

 

Sebaik-baiknya persiapan tidak akan sempurna apabila tidak berlatih. Lakukanlah latihan 3 sampai 4 kali. Latihan membuatmu menyadari kekurangan yang ada dan meningkatkan cara penyampaian yang bagus ke audiens.

 

 

Devito, J. A. (2015). Human Communication The Basic Course. United States of America: Pearson Education.

 

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini