Deretan Kegiatan di Luar Akademik, Bisa Kamu Lakukan Saat Menempuh Pendidikan Tinggi

Deretan Kegiatan di Luar Akademik, Bisa Kamu Lakukan Saat Menempuh Pendidikan Tinggi
info gambar utama

#FutureSkillsGNFI

Pada zaman sekarang ini, jika hanya mengandalkan pendidikan saja tidak memperhatikan pengalaman yang harus kita miliki tentu akan mempersulit diri kita sendiri untuk mendapatkan pekerjaan saat sudah lulus pendidikan nanti. Namun, pada halnya hal tersebut tidaklah bisa untuk dijadikan suatu patokan agar Goodmates cepat mendapatkan pekerjaan.

Tetapi, ada kalanya jika kamu memperbanyak serta menambah pengalaman tentu saja akan menambah benefit yang dapat menguntungkan diri kamu, diantaranya yaitu kamu dapat memperluas relasi, menambah pengetahuan baru, mendapatkan pengalaman baru, memperluas wawasan yang kamu miliki, meningkatkan skills yang kamu miliki, serta dapat menambah skills baru yang tentunya kamu minati pada bidang tersebut.

Tidak ada salahnya Goodmates untuk memanfaatkan waktu diluar kegiatan akademik, kendati demikian tentunya akan sangat berguna untuk membangun personal branding kamu dan mendatangkan peluang sebagai persiapan karir di masa depan!

Sudah simak beberapa manfaat dan benefit yang kamu dapatkan dari kegiatan tersebut, penasaran kegiatan apa saja yang dapat kamu ikuti? Berikut ini beberapa rekomendasi kegiatan eksternal kampus yang dapat kamu ikuti.

Volunteer

Volunteer | Foto : Su Nyoto/Unsplash
info gambar

Tentunya goodmates sudah pernah mendengar dan mengetahui volunteer, bukan? Yup, volunteer merupakan kegiatan sukarelawan dimana kamu bertugaskan seperti halnya diminta untuk melakukan suatu hal untuk membantu orang lain dengan tanpa imbalan.

Volunteer sendiri dapat dilakukan pada lingkup pendidikan, kemanusiaan, kesehatan, dan sebagainya.  Kegiatan ini sangat cocok untuk Goodmates yang gemar dalam bersosialisasi dan mengeksplor hal-hal baru.

 

Internship

Ilustrasi sekumpulan mahasiswa magang | Foto : Jason Goodman/Unsplash
info gambar

Pada poin kedua, rekomendasi kegiatan eksternal kampus yang dapat kamu lakukan adalah internship (magang). Darisitu kamu akan mendapatkan bekal sebagai persiapan untuk menitih karir di masa depan. Tak hanya itu, dengan kamu mengikuti magang terdapat banyak sekali benefit dan manfaat didalamnya, diantaranya yaitu :

  • Membuat diri kamu semakin berkembang menjadi lebih baik,
  • Mendapatkan banyak teman baru,
  • Memperluas relasi,
  • Mengasah skills yang kamu miliki,
  • Mendapatkan segudang pengalaman baru,
  • Memiliki berprogress terhadap masa depan,
  • Menjadi pribadi yang lebih positif dan aktif,
  • Memperluas wawasan,
  • Dapat mengembangkan potensi yang kamu miliki .

Banyak sekali ya Goodmates benefit dan manfaat yang menguntungkan bagi diri kalian. Bahkan, pada era sekarang banyak perusahaan yang sudah memberikan uang saku sebagai penunjang biaya pengeluaran selama masa magang yang berlaku.

 

Pelatihan

Ilustrasi seseorang sedang mengerjakan course | Foto : Josefa nDiaz/Unsplash
info gambar

Dengan mengikuti pelatihan atau kursus, Goodmates bisa mendapatkan pemaparan materi yang kamu minati langsung dari para ahlinya yang sudah memiliki kemampuan pada bidang tersebut. Goodmates dapat mengikuti berbagai macam kelas kursus, diantaranya mengenai Digital Marketing, Graphic Designer, English, Data Analyst dan sebagainya.

Pada kelas tersebut, Goodmates akan dibimbing mengenai skills, pengetahuan, wawasan, dan pengalaman untuk karir di masa depan sebagaimana seperti yang kamu inginkan. Tentunya menarik sekali, bukan?

 

Komunitas

Komunitas | Foto : Omar Lopez/Unsplash
info gambar

Pada poin terakhir yaitu Goodmates dapat bergabung pada komunitas yang memiliki minat yang sama. Contohnya seperti Komunitas Kepenulisan, Graphic Design, Digital Marketing, Kuliner, Fotografi, Data Analyst, Pendakian, dan masih banyak yang lainnya. Dengan Goodmates bergabung bersama teman-teman yang memiliki passion dan minat yang sama, dapat membangun interaksi yang lebih positif, memperdalam skills yang diminati, saling sharing mengenai hal yang disukai dan dapat memperluas relasi lebih luas lagi.

Nah, demikian beberapa rekomendasi kegiatan di luar kampus yang dapat Goodmates ikuti semasa menempuh pendidikan tinggi. Gunakan waktu luang kamu dengan mengisi kegiatan yang bermanfaat untuk menata karir di masa depan ya Goodmates!

 

 

 

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini