Pesona Pulau Sempu yang Penuh Keindahan Tapi Terlarang Bagi Wisatawan

Pesona Pulau Sempu yang Penuh Keindahan Tapi Terlarang Bagi Wisatawan
info gambar utama

Pernah mendengar nama Pulau Sempu? Pulau tersebut berada di Dusun Sendang Biru, Desa Tambak Rejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Namanya cukup terkenal sebagai kawasan dengan keindahan alam yang memesona.

Pulau Sempu ditumbuhi pepohonan tropis, memiliki berbagai ekosistem, menjadi rumah bagi banyak flora dan fauna, ditambah lagi kawasan tersebut memiliki objek wisata alam seperti laguna dan pantai.

Tak heran bila Pulau Sempu membuat orang penasaran untuk mengunjunginya. Namun, di sisi lain sebenarnya pulau tersebut dilarang untuk wisatawan dan tidak bisa sembarangan orang masuk ke dalamnya. Mengapa demikian?

Jatiluwih, Desa Wisata dengan Pesona Alam dan Subak di Bali

Keindahan pulau terlarang

Pulau Sempu dianugerahi berbagai ekosistem seperti hutan pantai, hutan bakau, dan hutan tropis dataran rendah yang mendominasi seluruh wilayah. Kawasan ini dikelola oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur dan ditetapkan sebagai cagar alam sejak tahun 1982 pada masa pemerintahan Hindia-Belanda.

Dengan ekosistem yang beragam, jenis vegetasi yang bisa ditemukan di pulau ini pun terbilang kaya. Di sana, Anda bisa melihat pohon sempu yang menjadi cikal bakal nama pulau, bendo, wadang, triwulan, nyamplung, pandan, waru laut, ketapang, tanaman bakau, api-api, serta tancang.

Sementara untuk fauna, di Pulau Sempu terdapat banyak satwa liar mulai dari lutung Jawa, kera hitam, kera abu-abu, babi hutan, kijang, kancil, raja udang, ikan belodok, kepiting, jelarang, kalong, musang, monyet ekor panjang, kelomang, kupu-kupu, kukang, binturong, penyu sisik, dan penyu hijau. Ada pula jenis burung langka dan dilindungi seperti elang Jawa, elang hitam, elang laut perut putih, dan rangkong badak.

Dengan ekosistem alami dan para penghuninya yang khas, Pulau Sempu memiliki pesona yang begitu memikat. Bahkan keindahannya sempat dipromosikan beberapa pihak sebagai tujuan wisata. Bahkan, di dunia maya pun bertebaran iklan yang menawarkan paket liburan ke Pulau Sempu.

Semua kegiatan terkait wisata di Pulau Sempu merupakan hal terlarang dan ilegal. Meski punya potensi untuk kegiatan wisata, perlu diingat kembali bahwa Pulau Sempu berstatus cagar alam dan memang tidak diperuntukkan untuk tujuan wisata.

Dalam UU No 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, dijelaskan bahwa kegiatan yang diperbolehkan di cagar alam adalah penelitian, ilmu pengetahuan, dan pendidikan. Status Pulau Sempu pun tidak berubah. Meski sempat diisukan akan turun status menjadi taman wisata alam (TWA), nyatanya hingga kini Pulau Sempu masih menyandang status sebagai cagar alam.

Untuk masuk ke dalam Pulau Sempu perlu memiliki izin khusus yaitu surat izin masuk kawasan konservasi (Simaksi) yang secara resmi dikeluarkan oleh BKSDA Jawa Timur selaku pengelola. Pengunjung juga hanya akan diberikan izin jika masuk dengan tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, atau kegiatan lain yang menunjang budidaya.

"Malang Selatan memiliki banyak pantai indah yang bisa dikembangkan lebih jauh sebagai tempat tujuan wisata, janganlah Pulau Sempu yang berukuran kecil itu yang statusnya berupa cagar alam juga ingin dikembangkan juga sebagai tempat wisata. Kabupaten Malang tetap butuh kawasan suaka alam seperti cagar alam Pulau Sempu," tegas Rosek Nursahid, pendiri PROFAUNA Indonesia.

Untuk kegiatan pelestarian serta pengamanan cagar alam Pulau Sempu, Profauna Indonesia bekerja sama dengan BBKSDA Jawa Timur. Setiap orang juga bisa ikut andil dalam pelestarian cagar alam tersebut dengan tidak mempromosikan Pulau Sempu sebagai tujuan wisata, tidak berkunjung ke Pulau Sempu sebagai wisatawan, atau lebih memilih menjadi sukarelawan di Pulau Sempu.

Pada waktu-waktu tertentu, pihak Profauna membuka program sukarelawan untuk membantu kegiatan konservasi, mulai dari membantu polisi hutan dalam menjaga pulau, patroli dan edukasi wisatawan, monitoring satwa liar, mengedukasi masyarakat sekitar tentang konservasi dan pelestarian ekosistem pesisir laut, hingga bersih-bersih sampah yang ada di pulau.

Idenberg, Danau Misterius di Kawasan Puncak Jaya Wijaya

Wisata di sekitar cagar alam

Pulau Sempu | Wikimedia Commons
info gambar

Meski wisatawan tidak diperkenankan masuk ke Pulau Sempu, sebenarnya di sekitar kawasan cagar alam juga banyak pilihan objek wisata. Salah satunya adalah Pantai Sendang biru yang memiliki pesona hamparan pasir putih. Pantai ini merupakan pintu masuk ke Pulau Sempu dan lokasinya berada di seberang pulau.

Di Pantai Sendang Biru juga ramai oleh kegiatan para nelayan yang mendaratkan perahunya dan jadi tempat pelelangan ikan segar. Banyak wisatawan berdatangan ke pantai ini juga untuk berbelanja hasi laut dengan harga terjangkau seperti ikan lemurung, layang, teri, tongkol, kembung, cumi, pari, kerapu, kakap putih, kakap merah, bawal putih, tuna, tenggiri, cucut, lobster, teripang, hingga rumput laut.

Selain belanja ikan, wisatawan juga bisa menyewa perahu dayung atau perahu bermotor untuk berkeliling laut. Jika datang pada tanggal 7-8 Syawal, wisatawan dapat melihat tradisi masyarakat setempat yang menuju Pulau Sempu untuk mengambil air tawar yang dipercaya keramat dan berkhasiat untuk kesembuhan.

Tak hanya Pantai Sendang Biru, di sekitar cagar alam juga masih ada beberapa objek wisata lain seperti Pantai Goa Cina, Pantai Tiga Warna, Pantai Gatra, Pantai Clungup, dan Danau Segara Anakan yang telah terbentuk sejak jutaan tahun lalu.

Menikmati Keindahan Alam Jambi dari 4 Desa Wisata Unggulan

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini