Raden Topo Wresniwiro, Pria Asal Semarang yang Ambil Peran di Film Doctor Strange

Raden Topo Wresniwiro, Pria Asal Semarang yang Ambil Peran di Film Doctor Strange
info gambar utama

Euforia momen liburan Idulfitri di tahun ini terasa semakin ramai. Karena dari segi hiburan, para penikmat film dimanjakan dengan sederet tontonan baru, yang telah lama dinanti baik dari produksi lokal maupun internasional.

Salah satu film yang belakangan menjadi perbincangan hangat karena tingginya antusias penggemar di tanah air, adalah film lanjutan dari lini pahlawan super produksi Marvel Cinematic Universe (MCU), yakni Doctor Strange in The Multiverse of Madness.

Berangkat dari kelanjutan kisah beberapa film pahlawan super yang telah lebih dulu rilis di tahun-tahun sebelumnya, seperti Doctor Strange (2016) dan Spider-Man: No Way Home (2021), film kali ini langsung mengundang antusiasme tinggi hampir di berbagai wilayah tanah air.

Seperti biasa, belum lengkap rasanya membahas mengenai kesuksesan produksi film luar negeri, jika tidak mengungkap fakta menarik mengenai keterlibatan segelintir orang Indonesia di dalamnya. Apalagi, jika keterlibatan tersebut menjadi hal yang cukup membanggakan.

Kebetulan, di film Doctor Strange kali ini juga terungkap fakta jika ada orang Indonesia yang ikut mengambil peran penting di dalamnya, yakni seorang pria bernama Raden Topo Wresniwiro.

Siapa sebenarnya sosok Raden Topo yang dimaksud?

Peran Mahasiswi ITB di Balik Ilustrasi Poster Film “Turning Red” Disney

Miliki berbagai kemahiran

Topo
info gambar

Mengutip Suara.com, diketahui jika Raden Topo merupakan seorang pria kelahiran Semarang, Jawa Tengah, yang sempat hidup berpindah ke beberapa wilayah Indonesia. Dirinya pernah tinggal di Jakarta, Kudus, dan Yogyakarta, sebelum akhirnya memutuskan untuk menetap di London, Inggris.

Saat ia muncul dalam daftar pemain di film Doctor Strange, namanya memang langsung mencuri perhatian karena sangat mencerminkan nama khas orang Indonesia, khususnya masyarakat Jawa.

Kemunculan Raden Topo mungkin baru banyak disadari pada film kedua dari karakter utama Stephen Strange ini, namun sebenarnya ia sudah ambil bagian sejak film pertama pada tahun 2016 lalu, dengan memerankan karakter Master Hamir, penyihir bertangan satu sekaligus asisten dari sosok pimpinan kuil yang dijuluki Ancient One.

Sementara itu menilik akun profesional LinkedIn miliknya, sebelum terjun ke dunia Akting Topo sendiri ternyata dikenal sebagai seorang akademisi di bidang sains, olahraga, serta spiritual, dan telah menggeluti berbagai bidang tersebut selama 19 tahun.

Dengan berbagai keahlian di atas, dirinya mendirikan Topo Tutorials sejak tahun 2019 yang memberikan layanan pengajaran privat di berbagai bidang seperti Matematika, Sains, dan Olaharaga. Lain itu, ia juga mahir dalam beberapa bidang olahraga seperti karate, berenang, serta untuk kebutuhan meditasi seperti yoga.

Debut Penyutradaraan Hollywood, Joko Anwar Akan Garap Film Sci-Fi "Fritzchen"

Aktor sebagai pekerja lepas

Yang menarik, masih menurut sumber sama terungkap jika peran yang Topo jalani sebagai seorang aktor rupanya hanyalah berstatus sebegai pekerja lepas. Meski begitu, untuk ukuran seorang aktor lepas dirinya tercatat sudah terlibat dalam berbagai produksi film Hollywood bergenre laga, termasuk film garapan Disney.

Beberapa film yang pernah melibatkan Topo di antaranya adalah 47 Ronin (2013) sebagai penasihat spiritual, Star Wars: The Force Awakens (2015) sebagai Ubert Quaril, dan Maleficent: Mistress of Evil (2019) sebagai salah satu Tundra Spiritual Fey atau kaum peri yang juga diperankan oleh aktris Angelina Jolie.

Terbaru di film terbaru Doctor Strange kali ini, Topo kembali memerankan Master Hamir, sebagai salah satu karakter pendukung di belakang pemeran utama yang diperankan aktor Benedict Cumberbatch, dalam menghadapi ‘kegilaan’ multiverse, atau alam semesta majemuk sebagai latar cerita menarik yang dibuat oleh MCU.

Sekadar informasi, dalam versi komik karakter Master Hamir sendiri diceritakan sebagai ayah dari Benedict Wong, yang juga merupakan karakter terdekat dan orang kepercayaan Doctor Strange.

Detailnya, dalam film kali ini Master Hamir yang diperankan oleh Topo bekerja sama dengan Doctor Strange dan Wong, untuk melindungi salah satu karakter pahlawan super lainnya, yakni America Chavez dari konflik yang terjadi.

Malea Emma, Aktris Cilik Keturunan Indonesia dalam Film Science-Fiction “After Yang”

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini