5 Tips untuk Level Up Kemampuan Berkomunikasi

5 Tips untuk Level Up Kemampuan Berkomunikasi
info gambar utama

#FutureSkillsGNFI

Dalam dunia pekerjaan tentunya Soft Skill/keterampilan lunak seperti komunikasi sangatlah diperlukan. Kecakapan dalam berkomunikasi yang baik tentunya akan sangat menunjang dan membantu dalam pengembangan karier dan reputasi kamu di tempat kerja. Oleh karena itu, jangan sampai skill komunikasimu berada di level yang kurang baik.

Kalau begitu apa yang harus dilakukan agar skill komunikasi dapat meningkat dan menjadi lebih baik? Ayo simak 3 tips berikut untuk level up skill komunikasi kamu.

1. Belajar berkomunikasi di depan umum

Untuk mempelajari suatu hal tentunya lebih baik kita menyelam ke kondisi yang nantinya harus kita hadapi kedepannya. Hal tersebut juga berlaku saat kita harus berlatih kemampuan berkomunikasi.

Sebagian orang tentunya merasa sedikit malu saat harus berbicara di depan umum. Padahal, momen tersebut adalah waktu yang tepat untuk kita meningkatkan keterampilan berkomunikasi.

Perasaan malu dan tidak percaya diri harus kita abaikan dan hilangkan ketika kita mempunyai kesempatan untuk berbicara di depan umum. Manfaatkan dengan baik momen tersebut agar skill komunikasimu dapat meningkat secara perlahan-lahan.

 

2. Aktif Dalam Mendengarkan dan Menyimak

Seorang pembicara yang baik berasal dari seorang pendengar yang baik. Oleh karena itu, semakin baik kamu mendengar, maka akan semakin baik pula kemampuanmu saat berkomunikasi.

Selalu dengarkan dan simak apa saja yang didengarkan dan dibicarakan oleh rekan kerja maupun teman kamu di kantor. Dan pastikan kamu mendengar secara keseluruhan dengan jelas sebelum kamu memberikan respon kepadanya.

Tanpa disadari, hal-hal yang dianggap sepele seperti itu ternyata dapat meningkatkan keterampilan komunikasi yang kamu perlukan secara perlahan di tempat kerja, bahkan di luar tempat kerja sekalipun.

Oleh karena itu, mulailah melatih dirimu dengan menjadi seorang pendengar yang baik dahulu.

 

3. Perluas Jaringanmu

Semakin kamu memperluas jaringan yang kamu miliki, kamu dapat semakin meningkatkan keterampilan komunikasimu dengan berbagai orang, baik di dalam kantor maupun di luar kantor. Langkah-langkah tersebut akan membuat kamu semakin baik dalam meniti karir kekreatifan.

Selain bisa meningkatkan keterampilan komunikasi karena banyak jaringan, kamu juga bisa mendapatkan wawasan yang luas dari berbagai orang yang kamu kenal.

 

4. Mintalah Saran dan Kritik

Masukan, saran, bahkan kritik dari rekan kerja dan manajer amat penting untuk mengembangkan kemampuan komunikasi dalam dunia pekerjaan. Pasalnya, mereka yang mendengarkan adalah orang-orang yang dapat melihat potensi dan kelemahan yang tidak kamu sadari. Kembangkanlah setiap masukan positif yang kamu terima. Di saat yang sama, teruslah berusaha untuk memperbaiki kelemahan pada cara kamu berkomunikasi. Bila perlu, kamu dapat meminta bantuan rekan kerja untuk memperbaiki kelemahan tersebut.

 

5. Kontak Mata saat Berkomunikasi

Hal yang perlu diperhatikan saat berkomunikasi adalah melakukan kontak mata dengan lawan bicara. Cara ini akan membantu dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain.

Saat berkomunikasi, Anda harus selalu menjaga kontak mata ketika berbicara dengan orang lain ataupun saat melakukan presentasi.

Tentunya, melakukan kontak mata dilakukan dengan sewajarnya saja. Mulailah dengan tersenyum saat kamu akan berbicara dengan lawan bicara sehingga mereka merasa nyaman saat berbicara dengan kamu.

Menjaga kontak mata saat berkomunikasi ternyata dapat meningkatkan kepercayaan orang lain terkait dengan pembahasan yang akan kamu bicarakan karena setiap kalimat yang diucapkan terdengar lebih meyakinkan oleh pendengarnya.

 

Tips-tips berikut dapat menjadi penunjang dan membantu kamu yang sedang berlatih berkomunikasi dan berbicara. Tetap semangat mengembangkan diri and always push over the limit

Referensi : Glints | Cara Meningkatkan Skill Komunikasi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini