Tinggalkan Cara Lama, Metode Active Recall Jadikan Belajar Makin Efektif

Tinggalkan Cara Lama, Metode Active Recall Jadikan Belajar Makin Efektif
info gambar utama

Ada banyak metode belajar di dunia pendidikan kita. Bahkan secara umum, metode belajar terbagi menjadi tiga yaitu visual, audio, dan kinestetik. Ketiganya memiliki penerapan yang berbeda-beda, misalnya orang dengan gaya belajar visual cenderung berpikir bahwa belajar dengan membuat catatan yang menarik akan membantunya memahami materi lebih baik.

Namun, pernahkah Goodmates berpikir bahwa cara-cara belajar seperti mencatat atau membaca berulang kali kurang efisien dan tidak menjamin Goodmates mengingatnya dalam jangka waktu lama?

Untuk itulah, dalam artikel ini GoodSide akan memperkenalkan metode belajar bernama active recall. Metode ini sempat populer beberapa tahun lalu karena unggahan video Ali Abdaal, seorang dokter lulusan University of Cambridge yang sukses mendapat nilai A semasa kuliah dengan menerapkan metode active recall.

Keunikan Metode Active Recall

Menyerap lebih banyak informasi dengan metode active recall | Foto: Andrea Piacquadio/Pexels
info gambar

Sesuai namanya, metode active recall berarti memaksimalkan otak untuk mengingat secara aktif dengan cara menguji diri kita berulang kali tentang topik yang sedang kita pelajari. Misalnya, Goodmates sedang ingin mempelajari anatomi tubuh manusia. Menurut active recall, yang Goodmates perlu lakukan adalah terus melatih diri menjawab soal-soal berkaitan dengan materi anatomi tubuh manusia tersebut.

Cara ini tentunya berbanding terbalik dengan metode belajar umum yang berusaha untuk “mengisi” materi ke dalam otak kita dengan membaca berulang kali, meringkas, atau menandai bagian-bagian penting dalam buku.

Baca juga:

Selain lebih efektif, metode active recall akan meningkatkan daya ingat kita terhadap suatu materi karena otak secara aktif berusaha mengingat materi tersebut. Sementara dalam metode belajar umum yang sudah GoodSide sebutkan, kinerja otak cenderung lebih pasif sehingga nantinya materi yang Goodmates pelajari akan lebih cepat terlupakan.

Cara Menerapkan Metode Active Recall

Membuat daftar pertanyaan adalah cara menerapkan active recall | Foto: Olya Kobruseva/Pexels
info gambar

Adapun cara untuk mempraktikkan metode active recall adalah memerhatikan betul kuliah dan penjelasan pengajar atau membaca materi secara sekilas lalu membuat daftar pertanyaan terkait materi tersebut.

Cobalah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut tanpa membuka buku atau referensi lain. Tandai pertanyaan yang masih belum bisa Goodmates jawab dan cobalah untuk mendalami materi tersebut sekali lagi sebelum mengulangi sesi tanya jawab dengan diri sendiri.

Nah, di sisi lain bila Goodmates adalah tipe orang yang benar-benar menyukai proses mencatat dalam belajar, Goodmates tetap bisa kok mencatat dengan tetap memaksimalkan kinerja otak. Caranya adalah, baca materi terlebih dulu lalu mulailah mencatatnya kembali tanpa melihat sumber referensi itu lagi.

Mengutip pernyataan Abdaal, metode ini akan membuat otak makin bekerja keras dalam belajar. Hasilnya, akan ada lebih banyak informasi yang melekat di otak kita dan tentunya dapat membantu kita saat menghadapi ujian.

Baca juga:

Aplikasi untuk Membantu Menerapkan Metode Active Recall

Fitur toggle di Notion untuk menerapkan active recall | Foto: Notion pribadi
info gambar

Banyaknya aplikasi dan software edukatif membuat kegiatan belajar lebih terbantu dan mudah. Untuk menerapkan metode active recall sendiri, terdapat dua aplikasi yang bisa Goodmates manfaatkan.

Pertama, ada aplikasi Anki yang bisa Goodmates install baik di ponsel maupun desktop. Anki adalah aplikasi pembuat flashcards atau kartu pernyataan yang bisa membantu Goodmates untuk melakukan tanya jawab terkait materi pengetahuan. Goodmates bisa mengelompokkan kartu-kartu pertanyaan sesuai materinya hingga membagikan kartu-kartu yang telah Goodmates buat ke pengguna lain.

Kemudian, aplikasi yang kedua adalah Notion. Terkenal sebagai aplikasi catatan dengan fitur lengkap, Notion juga bisa menjadi alternatif aplikasi untuk membantu Goodmates menerapkan active recall.

Caranya adalah dengan memanfaatkan fitur toggle saat membuat catatan materi. Tulislah semua pertanyaan Goodmates dengan fitur toggle (aktifkan dengan mengetik ‘/’ lalu pilih opsi toggle) lalu tulis jawaban pertanyaan itu di bawahnya.

Dengan begitu, sekilas hanya daftar pertanyaanlah yang terlihat. Goodmates harus mengklik ikon anak panah toggle agar bisa melihat jawabannya. Fitur ini bisa membantu Goodmates melakukan review materi dengan lebih cepat.

Baca juga:

Demikianlah ulasan tentang metode belajar active recall yang dapat meningkatkan daya ingat dan pemahaman Goodmates dalam belajar. Apakah Goodmates tertarik untuk mencobanya?

Referensi: Ali Abdaal

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini