Tren Penggunaan Media Sosial di Indonesia, Youtube Paling Banyak Diakses

Tren Penggunaan Media Sosial di Indonesia, Youtube Paling Banyak Diakses
info gambar utama

Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, media sosial di era sekarang ini sangat beragam. Setiap platform media sosial juga memiliki karakter dan fitur bervariasi sehingga para pengguna bisa merasakan pengalaman berbeda pula.

Apalagi di masa pandemi ini pengguna internet di Indonesia juga dilaporkan mengalami peningkatan. Karena adanya keterbatasan dalam mobilitas dan anjuran berkegiatan dari rumah, pengguna juga menghabiskan cukup banyak waktu untuk media sosial, baik itu untuk hiburan, berkomunikasi, jual-beli, dan menjadi sumber informasi terkait Covid-19.

Keberadaan media sosial juga menyediakan wadah untuk mengekspresikan diri dan menjadi platform penting untuk bisnis dan pemasaran. Menurut Thoughfullearning.com, dijelaskan ada empat penggunaan utama media sosial yaitu berbagi, berinteraksi, belajar, dan pemasaran.

Jika sebelumnya teks dan foto jadi konten yang umum diunggah, belakangan ini konten berupa video semakin populer di media sosial. Berdasarkan Cisco Annual Internet Report, memang terjadi peningkatan konten video hingga 82 persen pada tahun 2021.

Untuk mengetahui bagaimana perspektif dari sisi pengguna, JakPat telah melakukan riset mengenai untuk mendeskripsikan tren dan kebiasaan mereka yang rutin mengakses media sosial.

Hari Media Sosial, Seperti Apa Cerminan Warganet Indonesia?

Tren media sosial di Indonesia

Ilustrasi | @Antlii Shutterstock
info gambar

Guna memahami penggunaan media sosial dan trennya, JakPat melakukan survei pada 2.387 responden yang aktif mengakses media sosial dalam 3 bulan terakhir. Adapun pengumpulan data dilakukan pada periode 30 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022.

Dari hasil laporan tersebut, berikut beberapa media sosial yang paling banyak diakses dan dapat dilihat bagaimana penggunanya dari jenis kelamin, usia, Socio-Economic Status (SES), fitur populer, dan value atau nilai dari media sosial tersebut di mata pengguna.

Facebook

  • Presentasi responden pengguna Facebook: 75 persen
  • Jenis kelamin: Cenderung lebih disukai pria
  • Usia pengguna: 71 persen berada di kelompok usia 24-44 tahun
  • SES: 70 persen merupakan kelas menengah ke bawah
  • Fitur populer: Messenger, grup, dan marketplace
  • Value: Facebook dinilai pengguna sebagai platform yang cocok untuk menargetkan komunitas. Selain itu disarankan untuk menjelajahi lebih banyak konten video. Meski dianggap cukup informatif, disarankan untuk tetap berhati-hati dengan penyebaran informasi karena beberapa pengguna mengira itu berisi konten hoaks.

Instagram

  • Presentasi responden pengguna Instagram: 79 persen
  • Jenis kelamin: Cenderung lebih disukai wanita
  • Usia pengguna: 56 persen berada di kelompok usia 15-29 tahun
  • SES: 91 persen merupakan kelas menengah ke atas
  • Fitur populer: Story, direct message, reels
  • Value: Instagram banyak digunakan untuk pencarian informasi produk dan merek, juga pelayanan pelanggan. Selain itu lebih mengoptimalkan konten video untuk meningkatkan keterlibatan pengguna. Instagram juga menjadi platform populer untuk mengakses topik tentang perjalanan, kecantikan, dan mode.

Tiktok

  • Presentasi responden pengguna Tiktok: 52 persen
  • Jenis kelamin: Cenderung lebih disukai wanita
  • Usia pengguna: 42 persen berada di kelompok usia 15-24 tahun
  • SES: 68 persen merupakan kelas menengah ke bawah
  • Fitur populer: Fitur musik, filter atau efek, dan fitur menyunting video.
  • Value: Tiktok dianggap sebagai platform yang menghibur dan mengandalkan keterampilan musik, filter, dan penyuntingan video. Tiktok juga menjalin ikatan dengan segmen yang lebih muda dan memiliki potensi besar untuk produk kecantikan dan mode.

Twiter

  • Presentasi responden pengguna Twitter: 39 persen
  • Jenis kelamin: Seimbang antara pria dan wanita
  • Usia pengguna: 58 persen berada di kelompok usia 15-29 tahun
  • SES: 93 persen merupakan kelas menengah ke atas
  • Fitur populer: Retweet, hashtag, dan explore
  • Value: Twitter merupakan platform yang memungkinkan konsumen dan brand membangun hubungan serta berkomunikasi dua arah, juga menjadi media sosial populer untuk diskusi soal sosial dan ekonomi. Twitter juga memiliki keunggulan di informasi real-time dan pengguna bisa melihat topik yang sedang mengetren.

Youtube

  • Presentasi responden pengguna Youtube: 87 persen
  • Jenis kelamin: Seimbang antara pria dan wanita
  • Usia pengguna: Semua rentang usia
  • SES: Semua kalangan
  • Value: Youtube menjadi titik pertemuan penting antara media sosial dan platform streaming. Dengan konten berbasis video, Youtube memungkinkan orang untuk berbagi secara bebas tetapi juga mencari informasi tentang produk. Tentunya perpaduan audio dan visual berkualitas tinggi menjadi poin penting.

Berdasarkan survei tersebut, dapat disimpulkan bahwa YouTube merupakan media sosial yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia pada semester 2 tahun 2021. Youtube merupakan media sosial yang menghibur dan informatif.

Adapun topik terpopuler yang dicari pengguna antara lain kuliner, gawai dan teknologi, kesehatan, jalan-jalan, psikologi atau kesehatan mental, resep dan masakan, dekorasi atau arsitektur, serta kecantikan dan perawatan.

Dari persepsi pengguna, Instagram merupakan sumber utama terhadap informasi tentang fesyen sedangkan Facebook menjadi wadah untuk memperoleh informasi mengenai keuangan, keluarga, dan otomotif. Sementara itu topik utama di Tiktok adalah kecantikan atau perawatan.

Konten YouTube Paling Sering Ditonton Netizen Indonesia, Film dan Musik Jadi Favorit

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini