Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa
info gambar utama

#FutureSkillsGNFI

Goodmates, Apakah kamu seorang mahasiswa? Ya, apablia kamu seorang mahasiswa tentunya kamu akan super sibuk dengan berbagai kegiatan dan juga aktifitas di dalam maupun di luar kampus. Mulai dari tugas-tugas kampus yang sangat banyak, kegiatan organisasi, dan lain sebagainya.

Di samping itu semua kita seringkali mendapatkan banyak tekanan maupun masalah seperti masalah perkuliahan, masalah keluarga, hingga masalah percintaan. Dari berbegai masalah yang kita hadapi tersebut tentunya akan membuat kita sangat tidak konsentrasi dan sangat tertekan dengan semua masalah yang dapat secara silih berganti. Maka dari itu, sangat penting bagi kita sebagai seorang mahasiswa untuk menjaga kesehatan mental atau mental health.

Bagi kalian yang mungkin masih salah mempersepsikan tentang kesehatan mental mari kita sama-sama mengetahui apa itu pengertian dari kesehatan mental atau yang biasa disebut sebagai mental health. Kesehatan mental yang baik adalah kondisi dimana ketika batin kita berada dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan kita sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar kita.

Seseorang yang mempunyai kesehatan mental yang baik dapat menggunakan kemampuan dan potensi yang dimiliki secara maksimal dalam menghadapi tantangan hidup, serta dapat menjalankan kehidupan yang positif dengan orang lain. Sebaliknya, apabila seseorang mengalam gangguan kesehatan mental maka akan mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berfikir, serta kendali emosi yang akan berakibat pada perilaku yang buruk.

Apabila kita mempunyai gangguan kesehatan mental atau mental helath tentunya kita akan mudah setres, gangguan kecemasan, depresi hingga dapat berakibat pada tindakan bunuh diri. Maka dari itu tentunya sangat penting bagi kita sebagai seorang mahasiswa untuk menjaga kesehatan mental atau mental helath kita dari segala kesibukan dan juga tekanan serta maslah dari luar. Berikut ini terdapat beberapa tips yang dapat goodmates terapkan untuk menjaga kesehatan mental kalian. 

1. Hargai Diri Sendiri

Kamu bisa mulai mencoba untuk menghrgai diri sendiri terlebih dahulu, Maka dari itu, mulai dari sekarng cobalah untuk memperlakukan dan melihat diri sendiri secara positif.

2. Kelola Setres Dengan Baik

Setiap orang pasti akan mengalami setres dalam kehidupan mereka masing-masing termasuk kita sebagai seorang mahasiswa. Disukai atau tidak, setres tidak akan pernah terlepas dari kehidupan. Cara yang bisa kita lakukan yaitu mengelola setres dengan baik dengan melakukan kegiatan yang kita sukai seperti menonton film, berolahraga, mendengarkan musik dan lain sebagainya.

3. Akui Perasaan dan Emosi Negatif

Jangan sungka untuk mengakui perasaan yang sedang kalian rasakan. Apabila kalian merasa cape dengan aktifitas belajar mengajar dan tugas dikampus jangan memaksa diri dan coba sejenak untuk merefresh otak kalian ya.

4. Tetapkan Tujuan yang Realistis

Semua orang tentunya memiliki tujuan dan juga capaian hidup yang ingin dicapai. Mulailah memikirkan tujuan hidup atau gols yang ingin kalian capai dengan realistis serta jangan memaksakan kehendak atau kemampuan diri sendiri sehingga kalian tidak akan terus-terusan meraakan kecewa apabila gols yang kalian harapkan tidak tercapai.

5. Sayangi Diri Sendiri

Mulai sekarang cobalah untuk lebih menyayangi diri sendiri. Apapun yang kita lakukan entah itu gagal ataupun berhasil tetap bangga dengan perjuangan yang telah kita lalui. Intinya self love itu penting untuk menjaga kesehatan mental kita ya. 

6. Pelihara Hubungan yang Baik dengan Orang

Menjaga hubungan yang baik dengan orang juga akan menjaga kesehatan mental kita karena kita tidak memiliki musuh ataupun heaters. Jadi usahakan untuk selalui menjaga dan menjalin hubungan yang baik ya, entah dengan teman, sodara, kerabat bahkan pacar sekalipun hehehe

7. Bantu Orang Lain

Membantu orang lain akan membuat kita lebih peka terhadap permasalahan yang ada di sekitar kita. Dengan itu jita juga akan tau bahwa diluar sana banyak orang yang memiliki masalah yang mungkin lebih berat dari kita.

Oke goodmates, sampai disini dulu pembahasan kita mengenai pentingnya kesehatan mental bagi mahasiswa dan beberpa tips untuk menjaga kesehatan mental kalian ya. Semoga bermanfaat. Ingat! Mulailah menyayangi diri kita sendiri dengan menjaga kesehatan mental kalian ya karena kesehatan mental itu sangat penting.

#FutureSkils

Referensi : Alodokter.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini