Pelajari 3 Softskill Ini Agar Kamu Tak Tergantikan Robot di Masa Depan

Pelajari 3 Softskill Ini Agar Kamu Tak Tergantikan Robot di Masa Depan
info gambar utama

#FutureSkillsGNFI

Dalam bekerja, setiap orang pasti memiliki kemampuan yang dapat menunjang dirinya untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan pekerjaanya. Salah satu kemampuan tersebut adalah soft skill

Soft Skill menurut Cambridge Dictionary memiliki arti kemampuan untuk berkomunikasi dan bekerja sama satu sama lain dengan baik. Lalu, apa sih manfaat kita mempelajari dan memiliki soft skill ini? dengan mempelajari soft skill, kita dapat mengembangkan kemampuan interpersonal dan perilaku kita yang nantinya dapat memudahkan kita untuk melakukan pengembangan diri dan memberikan jalan untuk pengembangan karir.

Namun, di dekade kedua abad 21 ini, tidak sedikit kemampuan tersebut mulai digantikan oleh mesin ataupun robot. Tapi goodmates tidak perlu takut akan hal itu. Kita bisa mempelajari soft skill apa saja yang tidak dapat tergantikan oleh robot di masa yang akan datang. 

Dihimpun dari artikel www.michaelpage.com.au tiga softskills ini dapat kamu pelajari agar tidak tergantikan oleh robot di masa depan :

 

  1. Empati

Empati berasal dari kata empatheia yang berarti ikut merasakan. Menurut KBBI, empati merupakan kemampuan seseorang dalam memahami dan merasakan apa yang dipikirkan oleh seseorang atau sekelompok orang. Kemampuan berempati ini diidentikkan dengan rasa peduli yang tinggi, suka menolong dan kerap menjadi pendengar yang baik. 

 

Manfaat yang dapat goodmates rasakan ketika memiliki kemampuan ini yakni :

  1. Dapat meningkatkan produktivitas
  2. Merangsang kolaborasi yang efektif
  3. Meningkatkan kompetensi budaya
  4. Membangun kepemimpinan
  5. Memiliki keunggulan kompetitif

 

Beberapa cara yang goodmates dapat lakukan untuk mempelajari dan mengasah kemampuan ini adalah dengan berbicara dengan orang baru, mengikuti kegiatan sukarelawan, organisasi atau project yang memiliki tujuan bersama. Terakhir, selalu memberi bantuan atau pertolongan bagi mereka yang membutuhkan.

 

  1.                 Kreativitas

Dalam dunia kerja, kemampuan ini merupakan salah satu kemampuan paling dicari dan tidak dapat tergantikan kehadirannya, termasuk dengan mesin dan robot sekalipun. Kreativitas dalam KBBI memiliki arti kemampuan untuk mencipta. Sedangkan apabila dihubungkan dengan dunia kerja, kreativitas merupakan kemampuan dalam menciptakan suatu gagasan baru, lalu menggabungkan berbagai ide dan gagasan tersebut menjadi sebuah solusi.

 

Beberapa manfaat ini dapat goodmates rasakan ketika memiliki dan mempelajari kemampuan ini :

  1. Dapat mengurangi tingkat stress
  2. Meningkatkan produktivitas
  3. Meningkatkan kolaborasi antar tim
  4. Tanggap melihat kesempatan baru
  5. Mampu menyelesaikan masalah

 

Untuk mengasah kreativitas, dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti selalu menuliskan ide yang kita miliki, berdiskusi dan berpikir skeptis serta kritis terhadap suatu permasalahan.

 

  1.               Problem Solving

 

Diera digital seperti saat ini, kemampuan memecahkan masalah atau yang dikenal dengan problem solving merupakan salah satu skill yang penting. Hal tersebut dikarenakan semakin kompleksnya permasalahan diera digital, menuntut tiap individu untuk adaptif terhadap permasalahan yang hadir di tiap waktunya.

Beberapa manfaat jika goodmates memiliki kemampuan ini

  1. Dapat membantu menyelesaikan permasalahan
  2. Dapat melihat berbagai risiko
  3. Meningkatkan performa
  4. Dapat berbagai kesempatan dan peluang yang hadir didepan mata

 

Untuk mengasah kemampuan ini, good mates bisa mengawalinya dengan memperluas ilmu dan pengetahuan, melibatkan diri dalam proyek, kerelawanan ataupun organisasi. Terakhir, goodmates juga dapat mengasah kemampuan problem solving dengan bermain games yang fokus pada penyelesaian masalah.

 

Selain tiga soft skills ini, teman-teman juga dapat mempelajari softskill lainnya yang dapat membantu beradaptasi di era digitalisasi dan robotisasi seperti saat ini. Karena dengan mempelajari softskill tersebut, dapat membantu goodmates bersiap menghadapi berbagai tantangan dimasa yang akan datang.

REFERENSI :

KBBI | michaelpage.com | dictionary.cambridge.com | indeed.com | civ.com | nytimes.com | glints.com | linovhr.com | ekrut.com | kepner-tregoe.com | liputan6.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini