Deretan Hidangan Indonesia dalam Daftar "Negara dengan Masakan Terlezat di Dunia"

Deretan Hidangan Indonesia dalam Daftar "Negara dengan Masakan Terlezat di Dunia"
info gambar utama

Selain tempat wisata dan berbelanja, makanan lokal juga menjadi sesuatu yang dicari ketika melancong ke sebuah negara. Mencicipi berbagai hidangan khas suatu negara langsung di tempat aslinya tentu akan lebih berkesan karena autentik dan memberikan pengalaman baru yang tak terlupakan.

Dalam pencarian hidangan-hidangan terbaik dari berbagai negara, Taste Atlas merilis daftar negara dengan masakan terbaik di dunia. Dalam peluncuran daftar tersebut, Taste Atlas telah menghitung lebih dari 100.000 peringkat untuk semua hidangan.

Berdasarkan Taste Atlas, berikut daftar 15 negara dengan masakan terbaik di dunia pada 2021:

  1. Italia - 4,78 poin
  2. Yunani - 4,73 poin
  3. Spanyol - 4,58 poin
  4. Romania - 4,58 poin
  5. Meksiko - 4,56 poin
  6. Kroasia - 4,55 poin
  7. Prancis - 4,54 poin
  8. Jepang - 4,53 poin
  9. Portugis - 4,52 poin
  10. India - 4,48 poin
  11. Bulgaria - 4,48 poin
  12. Indonesia - 4,47 poin
  13. Brasil - 4,45 poin
  14. Tiongkok - 4,42 poin
  15. Amerika Serikat - 4,41 poin

Italia menempati urutan teratas dalam daftar negara dengan masakan terbaik di dunia. Selain dikenal dengan tempat wisatanya, Italia juga memiliki hidangan yang terkenal dengan kelezatannya. Adapun menu populer dari negara tersebut antara lain aneka pasta dan roti.

Sementara itu, Indonesia berada di peringkat 12 dengan perolehan 4,47 poin. Lantas, apa saja hidangan-hidangan terbaik dari Nusantara yang disebut dalam daftar ini?

Pacco dan Lawa, Hidangan Ikan Mentah khas Kabupaten Luwu

Masakan terbaik dari Indonesia versi Taste Atlas

Nasi uduk | @ismed_photography_SS Shutterstock
info gambar

Pada kategori World Best Cuisine, ada beberapa hidangan Nusantara yang disebut antara lain nasi uduk, bubur ayam, dan nasi Padang. Selain itu ada tiga tambahan Best Product seperti bawang goreng, kecap manis dan buah manggis.

Mengutip laman Taste Atlas, nasi uduk merupakan satu dari sekian banyak hidangan berbahan dasar nasi di Indonesia. Nasi uduk dimasak dengan santan, serai, cengkeh, daun pandan, dan kayu manis. Prosesnya menghasilkan nasi yang sangat lembut dan harum, dan tepat sebelum disajikan nasi akan ditaburi bawang merah goreng.

Nasi uduk biasa dihidangkan dengan berbagai lauk seperti daging, bihun, telur, tempe, tahu, teri goreng, dan kerupuk, dan sambal. Hidangan ini biasa dijual di warung makan tradisional dan dibungkus oleh daun pisang. Deretan warung nasi uduk terbaik ada di Jakarta, yang merupakan daerah asal hidangan tersebut. Bagi yang ingin mencobanya dapat mengunjungi Nasi Uduk Kebon Kacang Zainal, Nasi Uduk Kebon Kacang Puas Hati, Nasi Uduk Gondangdia, Nasi Uduk Kota Intan, dan Kafe Betawi.

Kemudian untuk Nasi Padang terbaik bisa ditemukan di beberapa restoran ternama seperti Pagi Sore, Simpang Raya, Garuda, Sinar Pagi, dan Sederhana. Sementara bubur ayam terlezat di dunia yang ada di Indonesia antara lain Bubur Ayam Barito, Bubur Ayam Cikini H.R. Sulaiman, Bubur Ayam Mangga Besar I, Nasi Goreng and Bubur Ayam Bang Roby, dan Bubur Ayam Monas Ny. Cirebon.

Selain World Best Cuisine, ada pula hidangan Indonesia yang masuk daftar Best traditional Food Cities yaitu Kota Bandung, Jawa Barat, dengan menu populernya seperti batagor, mi kocok, kupat tahu, dan soto Bandung. Selain masakan, Bandung juga memiliki restoran autentik terbaik seperti Warkop Modjok, Armor Kopi, Surabi Cihapit, Cireng Cipaganti, dan Nasi Kuning Pasir Koja.

Soto Kadipiro di Yogyakarta juga disebut Taste Atlas sebagai Legendary Restaurant. Dengan resep turun-temurun selama hampir 100 tahun, warung sederhana ini dikenal dengan kelezatan hidangan soto ayam dan perkedelnya. Bahkan, Soto Kadipiro menempati urutan ke-10 dalam daftar Legendary Restaurant dengan perolehan poin 83,8.

Terakhir, ada satu hidangan yang sudah sering disebut dalam berbagai daftar makanan terenak di dunia dari Indonesia yaitu sate. Sate masuk dalam daftar 100 Best Dishes in the World.

Dijelaskan Taste Atlas bahwa sate merupakan hidangan tradisional Indonesia yang terdiri dari daging yang ditusuk dan disajikan dengan saus di sampingnya, seperti saus kacang atau kecap. Semua jenis daging bisa digunakan untuk membuat sate, bahkan beberapa jenis daging yang eksotis seperti daging buaya atau ular.

Beberapa jenis sate populer antara lain sate Padang, sate kambing, sate lilit, sate kerang, sate babi, sate Madura, sate klatak, sate buntel, sate kere, sate udang, dan sate Ponorogo. Adapun tempat makan sate terlezat di dunia menurut ahi kuliner antara lain Sate Khas Senayan (Jakarta), Jejamuran (Yogyakarta), Sate Mak Syukur (Padang Panjang), Sate Padang Ajo Ramon (Jakarta), dan beberapa warung sate di Bali seperti Sate Babi Bawah Pohon, Chandi, Warung Ari, dan Sate Plecing Arjuna.

Nasi Bekepor, Hidangan Kalimantan Timur Warisan Kerajaan Kutai Kertanegara

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini