Social Media Manners yang Wajib Kamu Ketahui!

Social Media Manners yang Wajib Kamu Ketahui!
info gambar utama

#FutureSkillsGNFI

Semakin berkembangnya teknologi informasi dan maraknya platformsosial media yang berbeda satu sama lain, banyak orang menggunakan platform tersebut untuk mencari dan mendapatkan informasi terkini. Saat memilih sebagai pengguna platform sosial media, berarti kita harus mengikuti berbagai peraturan dari penyedia layanan tersebut.

Selain harus mengikuti peraturan bawaan yang diwajibkan, masih ada hal lain yang Goodmates harus ikuti, loh! Etika saat bersosial media atau social media mannersini harus Goodmates terapkan agar tidak merugikan diri sendiri atau bahkan orang lain yang ada di platform tersebut. Berikut, simak 5 cara agar tenang dan tidak menimbulkan permasalahan saat bersosial media.

1. Hormati Opini Orang Lain

Saat berselancar di sosial media, berarti kamu akan berinteraksi dengan banyak orang yang memiliki latar belakang yang berbeda. Nah, hal ini mungkin akan menyebabkan perbedaan opini dalam memandang sesuatu. Tidak setuju akan opini orang lain adalah hal normal. Namun, sebagai pengguna sosial media yang baik, Goodmates perlu untuk menghormatinya.

2. Gunakan Bahasa Sopan Saat Berkomentar

Pemilihan bahasa yang sopan saat berkomentar merupakan hal basic yang harus dilakukan oleh seluruh pengguna sosial media. Dengan menggunakan bahasa yang sopan, komentar yang kita tuliskan akan mudah lebih dipahami. Pokoknya, tidak terkesan menyudutkan orang lain atau menyindir perasaan orang lain.

3. Jangan Lupakan Kata Maaf, Tolong, dan Terima Kasih

Siapa sih yang nggak tahu three magic words? Pasti Goodmates banyak yang sudah mengenalnya, kan? Mengucapkan maaf, meminta tolong, dan mengatakan terima kasih. Yups! 3 kata ajaib tersebut wajib ditambahkan dalam berkomentar di sosial media. Dengan menambahkan kata ajaib tersebut, komentar kamu akan terkesan jauh lebih sopan dan lebih menyenangkan untuk dibaca.

4. Berikan Tanggapan Menghargai

Percaya nggak percaya, komentar yang kamu lontarkan ke orang lain memiliki makna yang besar baginya. Jadi, pengguna media sosial yang memiliki tata krama sebaiknya memberikan komentar yang bersifat menghargai. Dalam kata lain, komentar yang bersifat membesarkan hati orang lain. Dengan begitu, orang lain akan merasa dihargai dengan penuh.

5. Berpikir Dua Kali Sebelum Posting Sesuatu

Think twice before you post something is a must! Kita tahu bahwa jejak digital dampaknya sangat besar. Jadi, untuk meminimalisasi hal yang tidak kita inginkan, pikirkan secara matang mengenai sesuatu yang akan kamu ucapkan atau unggah di media sosial.

Goodmates bisa memulai dari siapa saja yang dapat mengakses sosial media kamu? Apakah ada yang akan tersinggung akan unggahanmu? Mungkinkan ada ancaman yang akan muncul jika kamu mengunggah sesuatu? Pikirkan semuanya dengan baik.

Hal paling penting dalam mengunggah sesuatu di media sosial adalah jangan menyebar sesuatu yang bersifat privasi. Misalnya, tanggal lahir, tempat tinggal, riwayat sekolah yang pernah diduduki, dan nomor pribadi lainnya, seperti nomor HP, nomor rekening, atau nomor rumah.

Dalam social media manners ini, kita dituntut untuk lebih berhati-hati dengan jari saat mengetik. Karena, kita tidak tahu dampak yang akan timbul dari kalimat yang bersliweran di sosial media. Mari, bersama kita mewujudkan lingkungan sosial media yang sehat. Kita dapat memulainya dari diri sendiri, yaitu dengan menerapkan beberapa tips di atas!

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, bijak menggunakan media sosial.

 

Words cut deeper than knives. A knife can be pulled out, words are embedded into our souls, - William Chapman

 

Referensi:Tempo | Wolipop Detik

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini