Merana di Akhir Bulan? Udah Gak Zaman, Atur Keuanganmu Sekarang!

Merana di Akhir Bulan? Udah Gak Zaman, Atur Keuanganmu Sekarang!
info gambar utama

#FutureSkillsGNFI

Berbicara mengenai keinginan manusia memang tidak akan pernah ada habisnya. Perkembangan teknologi yang semakin canggih memobilisasi masyarakat untuk berbelanja dari rumah saja. Dimulai dari kebutuhan rumah tangga maupun kebutuhan pribadi lainnya yang dapat dipesan melalui online. Selain tidak harus keluar rumah, harga barang yang dibeli melalui online cenderung lebih murah dibandingkan harga di toko.

Adanya kemudahan dalam berbelanja terkadang dapat menjadi boomerang bagi diri sendiri karena alih-alih menjadi hemat, kemudahan dalam berbelanja secara tidak langsung memicu terjadinya perilaku konsumtif.

Biasanya pada awal bulan, pendapatan yang diterima digunakan untuk berbelanja barang-barang kebutuhan hingga keinginan yang pada akhirnya tidak dapat dikontrol pengeluarannya. Akibatnya pendapatan yang dimiliki tersisa sedikit bahkan bisa terjadi defisit anggaran pada akhir bulan.

Adanya ketidaksadaran dalam menggunakan uang yang dimiliki ini akan memberikan efek yang besar seperti hanya dapat makan mie instan pada akhir bulan atau bahkan terpaksa untuk berhutang karena defisit anggaran. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengatur keuangan kamu. Bagi kamu yang masih bingung darimana memulainya, simak beberapa tips di bawah ini.

1. Tentukan Pendapatan dan Pengeluaran

Tips Mengatur Keuangan | Foto: canva.com

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan sumber pendapatan dan pengeluaran. Kamu bisa mulai dengan mendata seluruh sumber pendapatan yang kamu miliki. Setelah seluruh sumber pendapatan sudah terdata, selanjutnya kamu bisa mendata apa saja pengeluaran kamu selama satu bulan.

Untuk memudahkan kamu dalam mencatat, kamu bisa menggunakan metode skala prioritas. Rincian pengeluaran kamu dimulai dari kebutuhan yang wajib dipenuhi sampai dengan pengeluaran untuk memenuhi keinginan kamu.

2. Rancang Anggaran dalam Satu Bulan

Tips Mengatur Keuangan | Foto: canva.com

Setelah tercatat seluruh pendapatan dan pengeluaran, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah merancang anggaran. Dari jumlah pendapatan yang kamu miliki bisa kamu bagi menjadi beberapa bagian, tetapi sebelum itu, bagi kamu yang sudah terlanjur memiliki utang, cicilan, maupun pengeluaran rutin yang wajib untuk dibayar harus segera kamu bayar agar kamu dapat menyesuaikan pengeluaran lainnya.

Dengan kamu mengetahui secara pasti seberapa banyak sisa pendapatan, kamu dapat menyesuaikannya untuk memenuhi kebutuhan hidup selama satu bulan hingga menabung untuk kebutuhan di masa depan sehingga harapannya kamu segera terbebas dari utang.

Perlu diingat, maksimal kamu dapat mengutang adalah 30 persen dari pendapatan yang kamu miliki. Sisa pendapatan yang kamu miliki ini dapat kamu atur dengan menggunakan metode 50 30 20.

Metode 50 30 20 ini membagi 50 persen pendapatan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang harus dipenuhi sebagai makhluk hidup, 30 persen pendaptan digunakan untuk memenuhi keinginan kamu, dan 20 persen pendapatan kamu digunakan sebagai tabungan.

Ketiga aspek ini paling tidak yang harus kamu gunakan karena sebagai manusia, kamu tidak akan pernah tau bagaimana kondisi kamu ke depannya sehingga harus ada sebagai uang kamu sekarang ditabungkan untuk digunakan di masa depan.

3. Rancang Kebutuhan Pokok Selama Satu Bulan

Setelah merancang anggaran, maka langkah selanjutnya adalah membuat daftar pengeluaran untuk kebutuhan hidup selama satu bulan. Guna memudahkan dalam mengelolanya dapat kamu bagi lagi menjadi empat bagian atau satu minggu sekali. Hal ini bertujuan agar di akhir bulan hidup kamu tidak merana. 

Ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menghemat pengeluaran, yaitu:

  1. Usahakan untuk membuat daftar makanan apa saja yang akan dikonsumsi selama satu minggu. Ini ditujukan agar belanja dapat terarah.
  2. Jika memungkinkan lebih baik untuk memasak sendiri atau hanya membeli lauknya saja di luar.
  3. Membawa botol minum yang berisi air jika berada di luar rumah. Dengan kamu membawa air mineral sendiri, setidaknya kamu dapat menghemat sekitar Rp 3000 untuk setiap botol air mineral 600 ML.

4. Buat Daftar Keinginan

Manusia tentu tidak terlepas dari keinginan mengonsumsi di luar kebutuhan pokok. Ini merupakan hal yang wajar jika kamu dapat mengontrolnya dengan bijak. Jika tidak dapat terkontrol dengan baik, keinginan yang ingin kamu penuhi ini dapat menjadi boomerang bagi diri sendiri.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk membuat daftar apa saja keinginan yang sangat ingin kamu realisasikan. Ingat, bahwa kamu memiliki dana yang terbatas, yaitu hanya 30 persen dari pendapatan yang kamu miliki.

5. Miliki Tabungan dan Dana Darurat

Terakhir, ini penting bagi siapapun untuk menyisihkan sebagai pendapatannya untuk disimpan. Hal ini dikarenakan adanya ketidakpastian akan masa depan mengharuskan kamu untuk memiliki sejumlah dana untuk digunakan sebagai konsumsi di masa depan maupun tujuan lainnya. Jika mengikuti metode 50 30 20, kamu dapat menyisihkan 20 persen pendapatan yang kamu sebagai simpanan.

 

Referensi:Finansialku

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini