Jangan Minder, Ini Cara Jitu Percaya Diri Saat Interview Kerja!

Jangan Minder, Ini Cara Jitu Percaya Diri Saat Interview Kerja!
info gambar utama

Menjadi seorang pekerja, proses interview dalam sebuah perusahaan tentu menjadi hal yang sangat penting untuk dilalui. Agar proses interview berjalan lancar dan mulu, kita tentu tak boleh sembarangan bersikap saat melakukan tahap wawancara kerja.

Agar dapat memberikan kesan yang baik dalam bersikap, kepercayaan diri tentu menjadi kunci paling penting dalam mencapai kesuksesan kamu di sesi interview lho, Goodmates. Dan untuk melatih kepercayaan diri kamu saat melakukan wawancara kerja, simak beberapa poin penting yang harus diperhatikan berikut ini.

  1. Persiapkan Diri Dengan Matang
Ilustrasi persiapkan diri dengan matang
info gambar

Sebelum datang ke sesi wawancara, ada baiknya kamu ketahui lebih dalam seputar profil perusahaan dan posisi yang ingin dilamar. Karena biasanya, para pelamar akan ditanyakan seputar hal tersebut.

Persiapkan diri kamu secara matang dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya. Ini tentu akan menambah kepercayaan diri kamu ketika diberi pertanyaan.

  1. Jangan Lupa Berlatih
Ilustrasi | Foto: pexels.com
info gambar

Berlatih, menjadi persiapan awal yang penting dan dibutuhkan dalam menghadapi interview. Hal ini, terbukti sangat mampu mengurangi rasa grogi. Cobalah untuk berlatih berbicara di depan kaca dan biasakan untuk selalu menatap mata lawan bicara untuk menunjukkan rasa percaya diri kamu, Goodmates.

  1. Antisipasi Pertanyaan yang Mungkin Diajukan
Ilustrasi antisipasi pertanyaan yang diajukan
Ilustrasi | Foto: pexels.com

Selain mempersiapkan jawaban seputar gambaran tentang perusahaan yang ingin dilamar, siapkan juga jawaban yang berkaitan dengan kepribadian dan cara kerja kamu yang bisa menarik minat pewawancara.

Buat juga beberapa poin pertanyaan untuk antisipasi jika hal tersebut diajukan saat kamu interview. Karena dengan mempersiapkan jawaban tersebut, pastinya kamu akan lebih siap dan memberikan kesan yang baik bagi interviewer.

  1. Berpikir Positif dan Tenang
Ilustrasi berpikir positif dan tenang
info gambar

Selalu tanamkan pikiran yang positif dan tenang dalam menghadapi setiap pertanyaan yang diajukan. Fokus pada apa yang dibicarakan akan mengurangi rasa grogi saat interview.

  1. Datang Awal dan Berpakaian Rapi
Ilustrasi berpakaian rapi
info gambar

Datang 15-30 menit lebih awal sebelum jadwal interview, juga menjadi nilai plus bagi pelamar. Nggak cuma memberikan kesan tepat waktu dan tidak terlambat, selama menunggu jadwal interview kamu bisa lebih mempersiapkan diri dan tidak terburu-buru. Dan yang terpenting, kenakan pakaian yang rapih dan sopan untuk kesan pertama yang baik ya, Goodmates.

  1. Anggap Pewawancara Sebagai Teman
Ilustrasi anggap pewawancara sebagai teman
Ilustrasi | Foto: pexels.com

Ini salah satu poin yang tak kalah penting. Menganggap pewawancara sebagai teman. Hal ini akan membuatmu rileks dan tidak tegang saat menjawab setiap pertanyaan yang diajukan. Meski begitu, tetaplah memberikan kesan serius dan profesional. Dan jangan lupa, berdoa jadi kunci semua kelancaran proses interview kamu.

Goodmates, setelah membaca beberapa poin penting tadi, semoga kamu bisa mengaplikasikannya dengan lancar saat melakukan interview kerja, ya.

Untuk tau lebih banyak seputar informasi lowongan pekerjaan, kamu bisa cek Instagram @workerspedia dan channel Youtube Workerspedia. Disana kamu akan menemukan informasi seputar pekerjaan yang sangat bermanfaat.

Mulai sekarang, jangan minder lagi saat sesi wawancara kerja lho, Goodmates. Selamat mencoba!

 

Referensi: Skill Academy | Beautynesia

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini