Mahasiswa Wajib Baca Kalau Ingin Sukses Presentasi!

Mahasiswa Wajib Baca Kalau Ingin Sukses Presentasi!
info gambar utama

#FutureSkillsGNFI

Hai sobat Goodmates, adakah di antara kalian, khususnya para mahasiswa, yang sering mengalami masalah saat presentasi? Kalau kamu orangnya, kalian beruntung ada di sini karena artikel ini akan membahas mengenai tips dan trick agar sukses presentasi di kelas. Yuk, simak bahasan ini.

Goodmates tahu nggak kalau berbicara di depan banyak orang, termasuk hal paling ditakuti di dunia? Menurut Majalah Forbe, berbicara di depan orang banyak dianggap sebagai ketakutan nomer satu dari kebanyakan orang.

Hal tersebut jika dibandingkan dengan kematian, berarti sebagian besar orang lebih memilihnya daripada harus berbicara di depan banyak orang. Padahal, public speaking atau kemampuan seseorang menyampaikan presentasi di depan publik adalah hal yang sangat berguna bagi kalian. Terutama, ketika sudah ataupun hendak bekerja.

Nah, ternyata hal yang menganggu pada saat kita presetasi adalah grogi. Perasaan cemas dan canggung pada saat presentasi ini merupakan hal yang sangat wajar. Bahkan, public speakers yang terkenal pun terkadang masih mengalaminya. Kita hanya perlu melatih dengan jam terbang yang efektif dan efisien.

Melatih diri supaya bisa berbicara di depan orang banyak bisa dilakukan dengan beragam cara, seperti berbicara di depan cermin, merekam suara lalu mengevaluasinya jika ada yang kurang baik, atau meminta bantuan teman terdekat sebagai audiens.

Ilustrasi presentasi
info gambar

Jadi, Bagaimana Tips dan Trick Saat Presentasi di Kelas?

1. Perhatikan Komunikasi Non Verbal

Gunakan bahasa tubuh yang percaya diri, seperti memiliki postur yang baik, membagikan senyum, dan bersikap santai. Ini akan membuat kamu terlihat percaya diri. Kemudian, lakukan kontak mata dengan audiens kamu alih-alih membaca catatan kamu sepanjang waktu.

Hindari perilaku yang membuatmu terdistraksi, seperti merasa gelisah atau mengunyah permen karet. Selain itu, kamu juga perlu memerhatikan gerakan gugup, seperti mengayun dan mengetuk. Hal paling penting, pastikan kamu memakai pakaian yang tepat untuk presentasi yang akan kamu lakukan, ya.

2. Perhatikan Komunikasi Verbal

Hal yang bisa dilakukan untuk melatih komunikasi verbal, yaitu dengan memproyeksikan suara ke belakang kelas sehingga semuanya dapat mendengar materi yang kamu sampaikan. Pada komunikasi verbal, kalian harus mengetahui intonasi dan artikulasi suara pada saat presentasi supaya audiens mudah memahami dan menangkap poin yang kalian bicarakan.

3. Beri Waktu untuk Berpikir

Setiap orang memiliki kecenderungan untuk berbicara lebih cepat di bawah tekanan. Teruslah berusaha untuk memperlambat langkah kamu. Sesekali, sertakan jeda. Berbicara lebih lambat akan membantumu menghindari pengisi verbal yang berlebihan, seperti menggumam “ummm” atau “hmmm”.

Dengan memberikan waktu untuk berpikir, hal tersebut akan membantu mengatur pikiran. Maka dari itu, bagi kalian yang hendak melakukan presentasi, sebaiknya jangan mudah terbawa panik terlebih dahulu.

4. Hindari “Ceramah”

Dengan memasukkan pernyataan yang lebih dari sekadar pidato ke dalam presentasimu, kamu akan lebih mampu menarik perhatian audiens. Cobalah menggunakan visual, mengajukan pertanyaan, atau melakukan aktivitas menarik. Jadi, jangan berpaku pada naskah yang kamu hafalkan sebelumnya.

Bagaimana Goodmates? Sudah Berani Presentasi di Depan Kelas?

Kini, Goodmates tentu sudah mengetahui dan memahami hal yang perlu kamu lakukan ketika hendak presentasi, ya. Jadi, bisa banget muali menerapkannya untuk berlatih supaya lebih siap saat presentasi.

Pada intinya, hal paling penting adalah bersikap berani dan penuh percaya diri atas materi penampilan dan presentasi yang kalian bawakan. Semoga sukses!

 

Referensi: Ruang MahasiswaMasoem University

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini