Pelajaran Menarik yang Hanya Ada di Pesantren!

Pelajaran Menarik yang Hanya Ada di Pesantren!
info gambar utama

#FutureSkillsGNFI

Saat mendengar kata pesantren, apakah yang ada dalam pikiran GoodMates? Santri yang hanya mengaji dan mempelajari kitab kuning? Atau, penjara suci yang membosankan seolah ketinggalan zaman?

Wah, jangan salah loh GoodMates. Selama ini, memang banyak yang menganggap belajar di pesantren identik dengan pelajaran agama. Terkesan seperti dikurung dengan berbagai aturan yang ketat. Padahal, belajar di pesantren itu menyenangkan. loh. Bahkan, jauh lebih istimewa dibandingkan sekolah umum.

Bagi kamu yang penasaran dengan kehidupan belajar atau berencana untuk masuk pesantren, simak berbagai pelajaran hidup menarik ini, ya! Tentunya, tidak akan kamu dapatkan kecuali kamu bersekolah di pesantren.

#1 Bersosialisasi

Saat memasuki kehidupan pesantren, kita akan berhadapan dengan teman-teman yang berasal dari berbagai daerah bahkan mancanegara. Bukan hanya saat sekolah, tapi dari bangun tidur hingga tidur lagi alias 24 jam penuh.

Hal tersebut justru menjadi kesempatan yang baik untuk kamu belajar bersosialisasi dan mengenal orang lain dengan lebih baik. Dengan memiliki teman dari berbagai daerah dan suku, kamu akan berlatih untuk menghargai perbedaan dan keberagaman. Kamu juga bisa belajar memahami bahwa setiap orang punya keistimewaannya masing-masing.

Di pesantren, kamu juga diajarkan untuk berbagi dengan sesama, membantu teman yang kesusahan, dan tidak mementingkan diri sendiri. Pelajaran ini akan sangat berguna ketika kita mulai memasuki kehidupan di masyarakat kelak.

#2 Kemandirian

Masuk pesantren berarti kamu siap untuk hidup terpisah dari orang tua. Tidak ada lagi yang mencucikan baju kotor atau menyiapkan sarapan di meja makan. Kamu akan dilatih untuk tidak berpangku tangan kepada orang lain.

Tetapi di saat itulah pelajaran kemandirian berlangsung. Kamu akan belajar untuk berdiri di atas kakimu sendiri. Kamu harus siap mengandalkan diri sendiri untuk menghadapi berbagai situasi dan masalah yang mungkin terjadi. Kamu harus bertanggung jawab untuk mencuci bajumu sendiri, merawat dan membersihkan barang-barang milikmu, bahkan mengatur keuanganmu sendiri.

Namun, kamu tidak perlu panik dan khawatir dengan hal ini. Di pesantren kamu akan mendapati teman, pendamping asrama, dan guru-guru yang akan membantu kamu ketika merasa kesulitan. Kamu selalu bisa berkonsultasi dengan mereka dan meminta bantuan saat tidak mampu menangani masalahmu.

#3 Kreatifitas

Kehidupan yang dibatasi dengan berbagai peraturan yang ketat justru akan mengasah jiwa kreatif kamu. Di kebanyakan pesantren, kamu tidak diizinkan untuk menggunakan gawai canggih ataupun  internet setiap saat. Kedengarannya memang menyusahkan, tapi ternyata tidak lho GoodMates.

Kita dituntut untuk mengubah keterbatasan menjadi banyak kemungkinan. Misalnya saja di beberapa pesantren modern, para santri diwajibkan untuk mengadakan pentas seni setiap tahunnya. Dalam kesempatan ini, kamu akan berlatih bagaimana menyelenggarakan acara yang baik meski ada keterbatasan dana ataupun alat.

#4 Hidup Sederhana

Kesederhanaan adalah nilai utama kehidupan di pesantren. Selama mengenyam pendidikan di pesantren, kamu akan belajar prinsip kesederhanaan dalam setiap aspek kehidupan. Mulai dari makanan, cara berpakaian, hingga keuangan.

Di beberapa pesantren kamu tidak diperbolehkan membawa uang lebih dari seratus ribu dalam seminggu. Ini akan mendorongmu untuk membeli hal-hal yang dibutuhkan saja sekaligus menghindarkan kamu dari sifat boros.

Kamu juga tidak dilarang menggunakan aksesoris yang berlebihan dalam berpakaian. Lewat aturan ini kamu akan belajar untuk tidak bersifat sombong. Di pesantren kamu akan melihat tidak ada perbedaan perlakuan antara anak pejabat dengan anak petani.

#5 Kesabaran

Pernah nggak kamu ke minimarket dan tiba-tiba kesal karena harus antri lama di kasir? Wah, kamu perlu belajar sabar dan para santri nih, GoodMates. Siklus kehidupan di pesantren yang melibatkan banyak orang membuatmu harus sabar mengantri dimana-mana.

Setiap hari kamu akan dihadapkan dengan banyak antrian. Mulai dari antrian mandi, makan, hingga antrian untuk mencuci piring. Dari kegiatan mengantri ini, kamu secara langsung akan belajar untuk bersabar serta menghormati orang lain.

#6 Menghargai Waktu

Pelajaran yang satu ini adalah subyek penting yang harus dipelajari oleh setiap orang. Di pesantren kamu akan ditempa untuk menghargai waktu yang kamu miliki. Setiap kegiatan di pesantren punya batas waktu dan jika terlambat akan ada konsekuensi yang diberikan.

Kamu tidak perlu takut dengan aturan ini, karena dengan cara ini kamu akan dilatih untuk menggunakan waktu sebaik-baiknya. Konsekuensi yang diberikan juga tidak memberatkan. Biasanya berupa hafalan surat-surat pendek Al Qur’an, atau hafalan hadits.

Nah itu dia GoodMates, serangkaian pelajaran menarik yang hanya bisa kamu dapatkan jika kamu sekolah di pesantren. Jadi gimana, apa kamu tertarik untuk belajar di pesantren?

 

Referensi: CNN Indonesia | FLP Blitar

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini