Komitmen Keberlanjutan Astra untuk Alam di Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Komitmen Keberlanjutan Astra untuk Alam di Hari Lingkungan Hidup Sedunia
info gambar utama

Setiap tanggal 5 Juni, dunia merayakan salah satu momen peringatan penting yakni Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Masuk dalam salah satu hari besar sekaligus peringatan yang sudah ditetapkan sedari lama oleh PBB yakni sejak tahun 1972, tahun ini tema yang diangkat adalah Only One Earth atau ‘Hanya Satu Bumi’.

Memiliki makna besar, tanggal ini diperingati untuk menciptakan kesadaran global tentang masalah lingkungan hidup yang dihadapi dunia atau negara tertentu dari waktu ke waktu. Lebih dari itu, jika menilik tema di tahun ini seruan yang digaungkan juga menuntut kesadaran semua orang, untuk menyadari bahwa satu-satunya planet yang bisa ditinggali saat ini masih mengalami ancaman yang serius.

Beruntung, aksi nyata akan kepedulian terhadap lingkungan banyak dilakukan dalam menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia di berbagai negara, termasuk Indonesia. Tidak hanya dilakukan secara perorangan atau kelompok skala kecil, gerakan ini juga dilakukan oleh pihak yang dapat memberikan pengaruh besar, salah satunya Astra Indonesia.

Kontribusi Astra Dukung dan Tingkatkan Pendidikan Berkualitas di Indonesia

Rayakan HUT untuk lingkungan hidup

Hut Astra
info gambar

Masuk dalam salah satu rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 Astra, perusahaan yang sudah berkomitmen untuk berpartisipasi nyata dalam berbagai program keberlanjutan ini juga tak mau melewatkan kesempatan besar di Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Terbukti pada hari Senin (30/5/2022), Astra mengadakan kampanye lingkungan secara nyata berupa penanaman pohon dan pemasangan solar panel dalam acara Festival Lingkungan Astra 2022 bertema Climate Action, Through Community Development yang diadakan di Samosir, Sumatra Utara.

Tak tanggung-tanggung, jumlah pohon dan solar panel yang ada juga mencapai angka yang tak sedikit. Komitmen akan kepedulian lingkungan ini disampaikan oleh Astra Riza Deliansyah selaku Chief of Corporate Affairs Astra.

“Astra akan memasang 65 solar panel di 65 Kampung Berseri Astra (KBA) dan Desa Sejahtera Astra (DSA) yang tersebar di seluruh Indonesia, serta menanam secara bertahap 65.000 pohon di Kabupaten Samosir dengan sistem agroforestri pada tahun ini.” jelasnya.

“Semoga hasil penanaman pohon yang didapat nantinya bisa memberikan dampak positif dari segi sosial, ekonomi, dan lingkungan,” ujar Riza.

Di saat bersamaan, gerakan ini juga disambut baik oleh Wakil Bupati Samosir yakni Drs. Martua Sitanggang. Dirinya berharap kampanye yang dilakukan dapat berkontribusi mengurangi emisi karbon dan menekan laju perubahan iklim.

“Kami berharap program ini dapat berkelanjutan dan menghasilkan nilai ekonomi bagi masyarakat, serta dapat terus bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Samosir dalam pengembangan desa-desa wisata, pemberdayaan lingkungan, dan masyarakat,” harapnya.

Membahas lebih detail mengenai penanaman pohon, sebanyak 65 ribu pohon yang dimaksud akan ditanam pada lahan seluas 125 hektar di Kabupaten Samosir, yang diikuti dengan target 139.700 pohon selama dua tahun ke depan.

Lebih lanjut, nantinya masyarakat DSA Hariara Pohan diharapkan dapat menikmati panen perkebunan dari tanaman produktif yang ditanam, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan perekonomian desa.

Sedangkan untuk solar panel, pemasangan akan dilakukan di lokasi yang belum memiliki jaringan listrik yaitu di kantor lapangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) DSA Hariara Pohan.

Semangat Saling Bantu Astra yang Menjangkau Desa-Desa di Pedalaman Indonesia

Catatan kontribusi Astra untuk lingkungan

Dalam kesempatan yang sama, Astra juga memberikan apresiasi untuk tokoh penggerak atau local champion desa yang secara konsisten mengupayakan peningkatan taraf hidup masyarakat, dan berinovasi dalam berbagai kesempatan.

Apresiasi diberikan dengan menyerahkan donasi senilai Rp400 juta untuk mengembangkan DSA Wilayah Samosir.

Astra menjadi salah satu pihak yang berkomitmen untuk sejalan mendukung program pemerintah dalam target penurunan emisi karbon di tahun 2030 mendatang, lewat Astra 2030 Sustainability Aspirations yang baru saja diluncurkan belum lama ini

Sementara jika membahas mengenai catatan kontribusi nyatanya bagi lingkungan, hingga saat ini Astra tercatat telah melakukan penanaman pohon di berbagai wilayah Indonesia yang mencapai lebih dari 5,1 juta pohon.

Beberapa pohon yang dimaksud terdiri dari 23.523 pohon buah langka. Lain itu Astra juga berkontribusi dalam pembangunan 33 titik Konservasi Keanekaragaman Buah Langka Nusantara (Pranaraksa), yang bertujuan untuk mencegah kepunahan spesies hayati tersebut.

Berdasarkan data dari Laporan Keberlanjutan Astra tahun 2021, Astra telah menurunkan intensitas emisi gas rumah kaca sebesar 22,54 persen serta intensitas konsumsi energi sebesar 24,2 persen dibandingkan tahun 2020.

Kedepannya, Astra berkomitmen untuk terus memberikan dampak berkelanjutan dalam bidang lingkungan sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals (SDG) Indonesia.

Sementara itu rangkaian acara HUT-65 Astra yang bersamaan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini akan berlangsung dari tanggal 8-10 Juni 2022 mendatang, melalui platform digital 65tahunastra.jagat.live.

65 Tahun Berkarya, Astra Libatkan Masyarakat untuk Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

SA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini