Bagaimana Cara Menikmati Proses Dalam Mengerjakan Sesuatu?

Bagaimana Cara Menikmati Proses Dalam Mengerjakan Sesuatu?
info gambar utama

Life’s not a sprint but a marathon

“Hidup itu bukan lari cepat, melainkan lari marathon (panjang)”

Kamu tentu pernah mendengar kata-kata diatas, kan? Rangkaian beberapa kata itu tersebut memiliki makna yang cukup dalam. Kehidupan layaknya lari marathon, setiap kita akan menempuh jalan yang panjang yang tentunya diperlukan nafas panjang untuk mencapai garis finish. Tetapi tanpa sadar banyak dari kita yang terus menjalani hidup seperti sedang berlari sprint, selalu tergesa-gesa dan harus cepat mencapai finish.

Nah, berikut adalah beberapa tips agar kita dapat menikmati proses dalam mengerjakan sesuatu. Yuk, kita simak:

  1. Fokus pada Sesuatu yang Dikerjakan Sekarang

Dalam melakukan sesuatu tentu kita butuh tujuan dan target yang akan kita capai. Tujuan dan target ini membuat kita merasa termotivasi untuk terus bergerak kedepan. Akan tetapi, terkadang tujuan ini membutakan mata dan pikiran kita. Kita terus berlari untuk mencapai tujuan tanpa memperdulikan keadaaan sekitar. Tentu hal ini tidak baik jika terus kita lakukan. Nikmati setiap langkah. Fokus pada apa yang kita kerjakan sekarang membuat kita merasa lebih Bahagia dan tenang. ‘enjoy the moment’ dan hadirlah secara utuh dalam tiap hal yang kita lakukan.Jalani satu per satu tugas kita dengan sepenuh hati.

  1. Beri Jeda untuk Setiap Pekerjaan, ‘Take Your Time

Beban yang dimiliki oleh tiap pekerjaan tentu berbeda-beda. Ada pekerjaan yang memiliki tingkat kesulitan tinggi, ada juga yang tingkat kesulitannya rendah. Tingkat kesulitan ini akan mempengaruhi energi yang kita keluarkan dalam mengerjakan tiap tugas. Untuk itu, ketika kita sudah selesai mengerjakan suatu pekerjaan, cobalah untuk mengambil waktu jeda untuk beristirahat. Setelah tenaga kita sudah pulih, kita dapat melanjutkan ke pekerjaan berikutnya. Hal ini juga akan membuat kita maksimal dalam mengerjakan pekerjaan.

  1. Evaluasi Setiap Ada Kegagalan

Ada pepatah yang mengatakan bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda.Pepatah inidapat terbukti kebenarannya jika kita melakukan suatu evaluasi setiap mengalami kegagalan. Dengan melakukan hal itu, maka kita akan mengetahui bagian-bagian mana yang salah dalam mengerjakan pekerjaan sebelumnya. Setelah mendapatkan daftar kesalahan yang kita lakukan, kita dapat melakukan perbaikan bahkan peningkatan ke arah yang lebih baik pada tiap pekerjaan yang kita lakukan.

  1. Sabar, Bagian dari Perjuangan

Setelah berusaha mati-matian dalam mengerjakan suatu pekerjaan, seringkali kita merasa kecewa jika hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Belum lagi, acapkali kita mengeluarkan energi yang cukup banyak, tetapi hasil yang didapatkan tidak sebanding. Tentu kita akan merasa sedih dan menganggap bahwa seluruh perjuangan kita sia-sia.

Akan tetapi, sebaiknya kita jangan melupakan suatu hal penting bahwa sabra juga bagian dari perjuangan. Jika hasil yang kita peroleh belum maksimal, maka kta perlu bersabar sambil kembali melakukan koreksi terhadap segala hal yang sudah kita lakukan. Dengan demikian kita dapat memperbaiki hal yang salah tersebut dalam pekerjaan selanjutnya.

Dalam mengerjakan suatu pekerjaan, tentu proses nya bukan hal yang mudah untuk dinikmati. Ditambah lagi, kita yang berpaku pada hasil yang didapatkan, sehingga proses dari pekerjaan itu ingin segera kita lalui agar segera mendapatkan hasil. Akan tetapi, terkadang kunci dari keberhasilan suatu pekerjaan terletak pada seberapa enjoynya kita dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Kamu bisa mencoba semua tips diatas agar dapat menikmati pekerjaanmu. Selamat mencoba!

 

Referensi:BKPP Demak Kab

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini