Pentingnya Mengikuti Magang bagi Mahasiswa Saat Ini. Berikut 5 Keuntungannya!

Pentingnya Mengikuti Magang bagi Mahasiswa Saat Ini. Berikut 5 Keuntungannya!
info gambar utama

Dalam menentukan karir di masa depan, seorang mahasiswa telah memantapkan diri untuk menimba ilmu di bangku universitas sesuai dengan disiplin ilmu. Teori dan ilmu semasa duduk di bangku perkuliahan tentunya sudah cukup banyak diterima melalui berbagai proses pembelajaran.

Akan tetapi, ilmu saja tidak cukup untuk dapat melanjutkan karir professional perlu wadah yang dapat menyalurkan ilmu tersebut. Butuh pengalaman untuk memahami sistem kerja profesional. Hal ini beralasan karena sebagai fase untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia kerja setelah lulus dari universitas.

Ilustrasi | Foto: Freepik
info gambar

Oleh karena itu, wadah yang tepat untuk menempa mahasiswa adalah kegiatan magang. Pada kegiatan magang, secara umum akan memberikan banyak keuntungan yang bermanfaat bari para pemegang atau mahasiswa.

Berikut adalah manfaat yang diperoleh berdasarkan pengalaman langsung peserta magang dari beberapa mahasiswa perguruan tinggi.

1. Pengalaman Kerja

Hal yang paling utama dari mengikuti magang adalah pengalaman kerja. Dalam kegiatan magang, mahasiswa akan terjun secara langsung untuk berkontribusi pada sistem kerja perusahaan. Pengalaman seperti ini tidak akan dapat ditemui di dalam kampus.

Untuk itu, magang merupakan salah satu aspek penting bagi para mahasiswa yang ingin mempersiapkan diri. Seperti yang dirasakan oleh salah satu mahasiswa, yakni Amirza Darojatan, yang mengikuti program magang pada salah satu perusahaan BUMN seperti berikut.

“Karena pengalaman kerjanya sih. Saya berpikir, untuk melanjutkan karier setelah lulus kuliah penting untuk punya pengalaman kerja melalui magang. Lebih penting lagi pengalaman magang ini mahal untuk dipampang pada cv yang dipergunakan untuk melamar pekerjaan.”

2. Mengasah Kemampuan dan Kompetensi Diri

Mengasah ilmu serta keterampilan di dalam kampus tidaklah cukup. perlu pengalaman secara langsung mempraktikkan ilmu tersebut pada dunia kerja profesional. Magang merupakan wadah yang tepat untuk mempergunakan keterampilan yang dimiliki serta menambah skill yang dibutuhkan pada dunia kerja.

Rizaldi Jihad mahasiswa yang mengikuti magang pada salah satu perusahaan startup e-commerce yang memiliki pengalaman seperti di bawah ini.

“Dari pengalaman magang ini, saya jadi lebih siap dengan dunia kerja professional. Pada saat kuliah semester awal saya hanya memiliki pengetahuan yang bersifat teoritis saja. Tetapi setelah saya mengikuti magang, saya dapat mengasah kompetensi yang saya miliki dan berkontribusi pada perusahaan tempat saya magang."

3. Memiliki Kepercayaan Diri

Tentunya seluruh mahasiswa mengalami fase-fase bimbang hingga takut dalam menghadapi masa ketika lulus kuliah. Dalam menanggapi rasa bimbang ini kegiatan magang adalah salah satu faktor yang dapat dijadikan untuk meningkatkan kepercayaan diri terkait skills yang dimiliki. Salah satu mahasiswa, yakni Clement Prolifel, yang melakukan magang pada Perusahaan Bank BUMN menanggapi demikian.

“Saya menjadi lebih siap untuk bekerja secara profesional di bidang yang saya tekuni. Padahal sebelumnya, saya masih merasa kurang sekali dan takut untuk terjun ke dunia pekerjaan yang profesional. Selanjutnya saya akan kembali berkuliah."

4. Menambah Koneksi dan Jaringan Dunia Kerja Profesional

Dalam kegiatan magang yang dilakukan oleh perusahaan, mahasiswa yang terlibat pada program magang tentunya telah mendapatkan pengamatan langsung dari pihak perusahaan. Secara umum perusahaan akan melihat kinerja peserta magang yang nantinya dapat dijadikan pertimbangan menjadi pegawai tetap perusahaan. Kejadian tersebut dialami oleh Jefri ilham yang mendapatkan penawaran dari perusahaan tempat magangnya.

“Setelah hampir 3 bulan melakukan magang, saya mendapatkan tawaran dari HRD perusahaan untuk bekerja menjadi karyawan. HRD perusahaan mengatakan bahwa kinerja saya dinilai lebih dari beberapa rekan magang lainya inilah yang membuat HRD tertarik untuk mengikat saya.”

5. Sebagai Ajang Mengeksplorasi Diri

Setelah lulus dari universitas mahasiswa dihadapkan dengan berbagai macam pilihan karir. Persiapan untuk menanggapi hal ini perlu dilakukan sejak duduk di masa perkuliahan. Hal ini dilakukan agar nantinya ketika lulus mahasiswa sudah dapat menentukan karir profesional di masa depan. Seperti yang diungkapkan Virnie D.M yang mengikuti magang di salah perusahaan Akuntan publik multinasional sebagai berikut:

“Tujuan saya mengikuti magang adalah untuk pengalaman. Sebelumnya saya sudah melakukan magang di beberapa perusahaan dan saya akhirnya merasakan bahwa perusahaan yang saat ini sepertinya cocok untuk menjadi pekerjaan saya nantinya.”

Itulah lima keuntungan dari mengikuti program magang dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Berdasarkan dari beberapa testimoni yang disampaikan oleh mahasiswa yang mengikuti magang menunjukkan kesan yang baik. Untuk itu selagi masih memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi diri kegiatan magang menjadi salah satu hal yang dapat dicoba.

 

Referensi: Wawancara dengan Mahasiswa | Glints

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini