Melestarikan Budaya dan Bahasa Daerah Nusantara Bersama Komunitas Imbasadi

Melestarikan Budaya dan Bahasa Daerah Nusantara Bersama Komunitas Imbasadi
info gambar utama

#FutureSkillsGNFI

Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman bahasa dan kebudayaan, hal ini sesuai dengan semboyan negara Indonesia yaitu “Bhineka Tunggal Ika” yang memiliki arti berbeda-beda tapi tetap satu jua. Nah hal ini membuktikan bahwa negara Indonesia memiliki kekayaan yang berlimpah, maka perlu adanya peran untuk tetap dilestarikan.

Selain memahami semboyan Negara Indonesia, tentu kitapun perlu tahu nilai nilai yang terkandung dalam semboya negara Indonesia. Adapun nilai-nilai yang terkandung dalam semboyan Negara Indonesia yaitu toleransi, moderat, harmoni, integrasi, kerjasama, saling dukung, semangat berjuang, dll.

Nah pemahaman dan pelestarian ini dilakukan oleh salah satu komunitas yang ada di Indonesia yaitu Imbasadi. Imbasadi adalah singkatan dari Ikatan Mahasiswa Bahasa Daerah se-Indonesia yang didirikan pada tanggal 15 Februari 1993 di Universitas Hassanudin Makassar. Anggota yang tergabung dalam komunitas ini ada 20 Universitas ternama yang ada di Indonesia, di antaranya:

  1. Universita Hasanudin
  2. Universitas Negeri Makassar
  3. Universitas Indonesia
  4. Universitas Padjajaran
  5. Universitas Pendidikan Indonesia
  6. Universitas Negeri Yogyakarta
  7. Universitas Gadjah Mada
  8. Universitas PGRI Semarang
  9. Universitas Sumatera Utara
  10. Universitas Sebelas Maret
  11. Universitas Negeri Semarang
  12. Universitas Negeri Surabaya
  13. Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugwira Denpasar
  14. Universitas Udayana
  15. Universitas Pendidikan Ganesha
  16. Universitas Pattimura
  17. STKIP Ponorogo
  18. Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  19. Universitas Andalas
  20. STKIP Kuningan

Berdirinya Komunitas Imbasadi ini juga dilatarbelakangi adanya keinginan mahasiswa bahasa daerah untuk menciptakan wadah yang bisa menyatukan, berkumpul dan berdiskusi. Adapun harapan didirikannya yaitu untuk mengangkat dan bertanggung jawab terhadap budaya dan sastra daerah.

Komunitas Imbasadi ini tentunya memiliki tujuan: 1) mengembangkan potensi di bidang ilmu pengetahuan, sosial, dan budaya; 2) Menerapkan Pancasila dalam segala amalan kehidupan individu, masyarakat, bangsa, dan negara; 3) Melestarikan budaya tanah sebagai aset nasional yang perlu dilindungi; 4) Menyatukan mahasiswa program studi bahasa dan sastra di seluruh Indonesia, untuk hidup bersama juga menyampaikan segala harapan dalam bidang sastra dan budaya; 5) berpartisipasi secara aktif dalam segala hal yang berkaitan dengan budaya di perguruan tinggi atau di masyarakat.

Tujuan-tujuan di atas juga sangat sesuai dengan makna pada lambang Imbasadi. Lambang tersebut memiliki makna buku sebagai sumber ilmu kebudayaan, warna biru sebagai lautan Indonesia, warna putih sebagai kesucian dalam melaksanakan tanggung jawab, atap rumah yang menghadap ke dalam dan ke keluar sebagai pertumbuh kembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang baik ke dalam maupun ke luar sekaligus berfungsi sebagai perlindungan sumber keilmuan dan kebudayaan, serta tulisan Imbasadi sebagai identitas komunitas.

Imbasadi ini juga memiliki 2 rangkaian kegiatan setiap tahunnya yaitu sarahsehan nusantara dan temu budaya nusantara. Kegiatan ini bermaksud untuk menyatukan keberagaman kebudaayan dan bahasa daerah yang ada di Indonesia agar tetap terlestarikan.

Banyak sekali kegiatan dari mulai mengajarkan berbagai aksara daerah, melaukan berbagai proyek seperti membuat buku aksara daerah seindonesia,  menampilkan berbagai tarian, dongeng, nyanyian dan bahkan kebudayaan - kebudayaan lainnya yang menjadi ciri khas setiap daerah.

Kegiatan keilmuan lainnyapun dilakukan dengan Temu Ilmiah Nusantara yang bertemakan kebudaayan dan bahasa daerah yang ada di Indonesia. Inilah yang menjadi daya tarik untuk mengikuti berbagai rangkaian kegiatan Imbasadi. Kegiatan- kegitan yang dilakukanpun dapat dijadikan sebagai bentuk kegiatann untuk melestarikan kebudayaan nusantara.

 

Referensi: Imbasadi.org | Imbasadi.wordpress.com | Instagram.com/imbasadi_official

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini