TripAdvisor Rilis Daftar Taman Hiburan Terbaik Dunia 2022, Salah Satunya Ada di Bali

TripAdvisor Rilis Daftar Taman Hiburan Terbaik Dunia 2022, Salah Satunya Ada di Bali
info gambar utama

Setiap tahun, Tripadvisor memberikan serangkaian penghargaan Travelers' Choice Awards yang pemenangnya ditentukan berdasarkan ulasan, penilaian wisatawan, kualitas dan kuantitas, aktivitas, atraksi, dan hal-hal yang dibagikan pengguna mengenai destinasi wisata yang dikunjungi di situs mereka.

Tripadvisor menekankan pengalaman dalam penghargaan tahun ini, terutama yang ditawarkan oleh operator tur. "Penghargaan ini memberikan pengakuan yang layak bagi operator tur yang bekerja keras dan terampil yang telah berhasil memberikan pengalaman luar biasa kepada tamu mereka saat masih menghadapi pandemi," kata Kate Urquhart, Senior Director dan General Manager Tripadvisor.

Jika pada tahun 2021 kegiatan di luar ruangan mendominasi penghargaan, tahun ini wisata kota juga semakin populer. Untuk penghargaan kali ini, penilaian telah dilakukan sejak 1 Mei 2021 hingga 30 April 2022. Dua di antara penghargaan yang diberikan TripAdvisor tahun ini adalah Top 10 World Attractions dan Top 10 World Amusement and Water Parks. Kabar baiknya, salah satu taman bermain di Indonesia juga masuk dalam penghargaan tersebut.

Ramah Lingkungan, Bandara Banyuwangi Masuk 20 Besar Arsitektur Terbaik Dunia

Atraksi dan taman hiburan terbaik 2022

Berikut daftar peraih penghargaan Top 10 World Attractions 2022 oleh TripAdvisor:

  1. Basilica de la Sagrada Familia: Barcelona, Spanyol
  2. Colosseum: Roma, Italia
  3. Empire State Building: New York City
  4. Sheikh Zayed Grand Mosque Center: Abu Dhabi, Unit Emirat Arab
  5. Gallerie Degli Uffizi: Florence, Italia
  6. Plaza de España: Seville, Spanyol
  7. Iguazu Falls: Foz do Iguaçu, Brasil
  8. The Roman Baths: Bath, Inggris Raya
  9. Garden of the Gods: Colorado Springs, Colorado
  10. Trevi Fountain: Roma, Italia

Untuk Top 10 World Amusement and Water Parks berikut daftarnya:

  1. Siam Park: Adeje, Spanyol
  2. Puy du Fou: Les Epesses, Prancis
  3. Beto Carrero World: Penha, Brasil
  4. Puy du Fou España: Toledo, Spanyol
  5. The Milky Way Adventure Park: Clovelly, Inggris Raya
  6. Hot Park: Rio Quente, Brasil
  7. Waterbom Bali: Kuta, Indonesia
  8. Dollywood: Pigeon Forge, Tennessee
  9. Universal's Islands of Adventure: Orlando
  10. Parque Terra Mágica Florybal: Canela, Brasil
Bali Dinobatkan Sebagai Destinasi Terpopuler Asia dan Dunia Versi TripAdvisor

Waterbom Bali

Waterbom Bali | Facebook Waterbom Bali
info gambar

Waterbom Bali menjadi satu-satunya destinasi wisata dari Indonesia yang mendapatkan penghargaan untuk taman hiburan terbaik dunia 2022 oleh TripAdvisor. Pertama kali dibuka tahun 1993, Waterbom Bali di Kuta dibangun untuk menciptakan ruang yang memberikan pengalaman yang tak terlupakan dan menyenangkan bagi pengunjung, sekaligus menghormati alam di sekitar.

Mengutip laman resminya, Waterbom Bali secara sadar dikembangkan untuk melengkapi lingkungan yang ada, dengan lebih dari 50 persen tanaman hijau lokal dilestarikan, dan semua seluncuran dan fitur taman dibangun di sekitar flora dan fauna yang ada.

Pembangunan Waterbom Bali juga mengikuti rencana implementasi yang komprehensif untuk meningkatkan keberlanjutan jangka panjang dari praktik bisnis di seluruh pertanian organik, netral karbon serta pengelolaan air, limbah, dan energi.

Pada tahun 1989, Santo Gulino sebagai pendiri Waterbom Bali, pertama kali membayangkan ide untuk membangun taman air di Kuta. Meskipun popularitasnya semakin meningkat, saat itu Kuta masih bisa dianggap sebagai desa, pusat para peransel dan peselancar. Santo sendiri tidak memiliki pengalaman dalam industri taman air, tetapi dia tahu kegembiraan yang dibawanya kepada anak-anak dan keluarga.

“Saya ingin membuat taman air yang menyatu dengan lingkungan alam yang ada”, ungkapnya. Empat tahun membangun taman air tersebut, Waterbom Bali pun resmi dibuka pertama kali pada 7 Desember 1993 dan saat itu baru ada lima seluncuran besar dan tiga seluncuran kecil dengan harga tiket masuk Rp7 ribu. Untuk saat ini, tiket masuknya mulai dari Rp310 ribu untuk wisatawan domestik.

Waterbom Bali berada di lahan seluas 3,8 hektare dan memiliki berbagai wahana, dari kolam renang, 22 jenis seluncuran termasuk yang paling curam di Asia, gazebo, taman air, meriam air, ember raksasa, dan atraksi-atraksi yang dapat dinikmati anak-anak hingga orang dewasa, dari yang paling santai hingga wahana ekstrem.

Di sana juga terdapat beberapa restoran dan bar seperti Wantilan Food Court, Bali Banana Café, The Shack, Pool Bar, dan Thaitalian.

Penghargaan dari TripAdvisor kali ini pun bukanlah yang pertama. Pada tahun 2017, Waterbom Bali mendapat predikat Taman Air Terbaik di Asia pada TripAdvisor Travellers' Choice dan mendapat penghargaan yang sama setahun berikutnya.

Pesona 3 Pantai di Bali yang Masuk Daftar Pantai Terbaik di Asia Versi TripAdvisor

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini