Masuk Minggu Terakhir, Ini Rangkaian Acara HUT ke-495 DKI Jakarta 2022

Masuk Minggu Terakhir, Ini Rangkaian Acara HUT ke-495 DKI Jakarta 2022
info gambar utama

Siapa tak kenal Jakarta? Ibu kota negara dan merupakan kota terbesar di Indonesia ini terletak di pesisir bagian barat laut Pulau Jawa. Menurut catatan sejarah, kota ini pernah dikenal dengan beberapa nama, seperti Sunda Kelapa, Jayakarta, dan Batavia. Di luar negeri, kota metropolitan ini juga dijuluki J-Town atau The Big Durian karena dianggap sebanding dengan New York City yang punya julukan Big Apple.

Kota Jakarta merupakan pusat bisnis, politik, dan kebudayaan. Di kota yang sibuk ini, sangat mudah ditemukan kantor pusat BUMN, perusahaan swasta, dan perusahaan asing.

Pada 22 Juni, Kota Jakarta merayakan hari ulang tahunnya. Kebetulan di tahun ini adalah ulang tahun Jakarta yang ke-495. Sebagai bentuk perayaan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menggelar serangkaian acara yang disebut Jakarta Hajatan dengan slogan "Kolaborasi, Akselerasi, Elevasi" mulai 24 Mei sampai 25 Juni 2022. Apa saja acara yang digelar dalam rangka memeriahkan ulang tahun Jakarta?

Jalan di Jakarta Diganti Nama Tokoh Betawi, Sudahkah Melalui Kajian?

Rangkaian acara Jakarta Hajatan

Ada banyak kegiatan dalam Jakarta Hajatan untuk merayakan ulang tahun Jakarta tahun ini. Mulai dari akarta Weekend Walking, Cycling and Running Tour, dan Jakarta International Java Jazz. Untuk perayaannya sendiritelah dibuka dengan Opening Ceremony Jakarta 495 Anniversary Celebration and Digital Nomad Island Launching di Pulau Bidadari pada 24 Mei 2022.

Rangkaian Jakarta Hajatan juga dilanjutkan dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan, Upacara Peringatan HUT Ke-495 Kota Jakarta, Jakarta Concert di Taman Ismail Marzuki, Pekan Kolaborasi Daerah, Formula-E, Jakarta Awards, dan menggelar malam resepsi, pameran, aktivasi mural wilayah, instalasi, dan pertunjukan musik.

Selain itu, akan ada Sidang Paripurna DPRD, Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah, Puskesmas Expo Tahun 2022 di Hotel Bidakara Pancoran, launching aplikasi Mobile Learning, Malam Puncak Jakarta Hajatan ke-495 Jakarta International Stadium (JIS), dan Bazaar CFD Sudirman-Thamrin

Transportasi dan masuk museum gratis

Khusus untuk HUT ke-495 DKI Jakarta pada 22 Juni 2022, Pemprov DKI Jakarta menggratiskan tarif angkutan umum. Ini termasuk TransJakarta, MRT, dan LRT Jakarta. Penerapan tarif itu tertuang dalam Keputusan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Nomor e-0076 tahun 2022 dan telah ditandatangani oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo pada 21 Juni 2022.

Tarif gratis juga berlaku untuk Mikrotrans, ransJakarta BRT dan Non BRT/Feeder, layanan rusun, bus wisata, TransJakarta Cares, serta penugasan Transportasi Jakarta lainnya.

Selain transportasi, ada juga 11 museum yang dapat dikunjungi secara gratis, yaitu Museum MH Thamrin, Museum Tekstil, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Sejarah Jakarta, Museum Joang 45, Museum Prasasti, Taman Arkeologi Onrust, Rumah si Pitung, Museum Wayang, Museum Bahari, dan Museum Betawi Setu Babakan.

Jembatan Penyeberangan Jadi Spot Foto Hit Warga Jakarta

Pekan Raya Jakarta

Salah satu acara yang rutin digelar dalam rangka HUT DKI Jakarta adalah Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair. Acara ini bahkan telah diadakan pertama kali sejak tahun 1968. Tahun ini menjadi gelaran ke-53 PRJ. Dalam dua tahun terakhir penyelenggaraan Jakarta Fair terpaksa ditunda karena Indonesia sedang dilanda pandemi Covid-19.

Tahun ini PRJ diselenggarakan mulai 9 Juni hingga 17 Juli 2022 mendatang. PRJ sendiri merupakan ajang pameran dan hiburan terbesar se-Asia Tenggara. Kali ini, PRJ akan memamerkan berbagai produk unggulan dari otomotif, perlengkapan olahraga, fesyen, industri kecantikan, kuliner, elektronik, industri kreatif, kerajinan tangan, herbal, produk kesehatan, perbankan, dan produk-produk jasa.

Tak hanya pameran, PRJ juga memiliki konsep musik yang menampilkan sederet musisi ternama seperti Endak soekamti, Tipe x, Maliq & d’essentials, Virgoun, Last child, Godbless, dan Endah n Rhesa. Di PRJ juga akan ada parade karnaval, kontes Miss Jakarta Fair, kegiatan donor darah dan vaksinasi Covid-19, dan pastinya pesta kembang api yang sudah menjadi ciri ikon dari acara ini dari tahun ke tahun.

Untuk yang ingin mengunjungi PRJ, tiket masuknya mulai dari Rp30-50 ribu dan pengunjung juga bisa membeli tiket bundling yang terdiri dari tiket masuk dan tiket konser sebesar Rp60-100 ribu tergantung hari kedatangan.

DKI Jakarta Punya 14 Objek Cagar Budaya Baru, Intip Daftarnya!

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini