Peran Penting Mahasiswa dalam Menumbuhkan Sikap Nasionalisme

Peran Penting Mahasiswa dalam Menumbuhkan Sikap Nasionalisme
info gambar utama

#FutureSkillsGNFI

Hai sobat Goodmates, sebagai anak bangsa indonesia kita perlu memiliki sikap nasionalisme, sikap cinta terhadap Tanah Air ini menjadikan kita bangga dan peduli terhadap negara kita sendiri, yaitu Indonesia. Hal tersebut tentu hal yang penting bagi kita untuk memiliki sikap nasionalisme.

Berperan dalam menumbuhkan sikap nasionalisme harus disertai dengan wawasan pengetahuan yang tinggi akan negara, mengingat Indonesia memiliki keanekaragaman suku, budaya, dan agama. Jadi, akan lebih baik kalau kita mengenal dekat dengan negara kita terlebih dahulu, sebelum menumbuhkan sikap nasionalisme.

Sikap nasionalisme sudah ditunjukkan oleh beberapa tokoh di Indonesia, di antaranya adalah presiden pertama kita Ir. Soekarno. Sudah tidak heran jika beliau menyandang julukan sebagai Bapak Nasionalisme, dengan sikapnya yang berjuang bersama pahlawan lainnya Indonesia mengalami kemerdekaan pada 1945.

Terlepas dari peran pahlawan dalam menumbuhkan sikap nasionalisme, ada pula hal lain yang meimiliki peran penting dalam menumbuhkan sikap tersebut.

Apakah sobat Goodmates tahu apa itu? Seberapa besar pengaruh yang dimilki oleh peran tersebut? Yuk, simak penjelasan berikut.

Pengertian Nasionalisme

Seorang anak riang memegang bendera indonesia | Foto : Pinterest
info gambar

Nasionalisme adalah paham atau ajaran untuk mencintai bangsa dan negara atas kesadaran bersama. Bentuk dari nasionalisme terbagi menjadi enam, yakni kewarganegaraan, etnis, romantik, budaya, kenegaraan, dan agama. Sedangkan nasionalisme menurut Kamus Besar Indonesia adalah paham kebangsaan yang mengandung makna kesadaran dan semangat cinta Tanah Air.

Tujuan dari adanya sikap nasionalisme adalah untuk menumbuhkan dan meningkatkan rasa cinta terhadap bangsa, negara, dan tanah air. Dengan begitu, dalam penerapan pada kegiatan sehari-hari perlu adanya sebuah kesatuan dan persatuan bangsa yang memiliki sifat nasional.

Menumbuhkan Sikap Nasionalisme

Indonesia Pride Illustration | Foto : Pinterest
info gambar

Banyak sekali hal yang bisa kita lakukan untuk menumbuhkan sikap nasionalisme, terutama pada pembahasan ini akan lebih fokus terhadap lingkup mahasiswa. Jadi, untuk menumbuhkan sikap tersebut kita bisa melakukan.

  1. Refleksi Sejarah

    Indonesia memiliki sejarah yang sangat panjang, perjuangannya pun tak lepas dari peran pemuda. Banyak orang yang beranggapan bahwa sejarah identik dengan masa lalu. Pasalnya, sejarah juga memiliki peran penting dalam pendidikan generasi milenial, khususnya mahasiswa.

  • Mengikuti Kegiatan Volunteering

    Volunteering atau sukarelawan adalah sebuah kegiatan yang bersifat sukarela tanpa mengharapkan imbalan dengan maskud mengabdi untuk belajar. Hal tersebut sudah pasti bisa kita lakukan karena denga kegiatan tersebut tentu akan menambah pengalaman dan pengetahuan, dalam konteks ini berarti kegiatan volunteering bisa berupa festival pemuda desa, pengabdian masyarakat, dll.

  • Mencintai Produk Lokal

    Sebagai Warga Negara Indonesia, kita harus mencintai produk lokal atau hasil produk buatan negara kita sendiri karena hal tersebut dapat membantu menumbuhkan sikap nasionalisme. Selain itu, dengan mendukung produk lokal, kita sudah termasuk membantu perekonomian negara.

  • Peran Mahasiswa

    “Sebagai mahasiswa, kita hidup di lingkungan kampus dengan para mahasiwa berasal dari berbagai macam latar belakang, daerah, suku, bahkan agama,” ujar Supriyadi, seorang mahasiswa Universitas Negeri Semarang.

    Perbedaan suku, budaya, dan agama sudah pasti ada berbagai negara lainnya karena dengan adanya hal itu kita bisa lebih saling menghormati. Begitu juga dengan peranan mahasiwa diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran untuk memiliki sikap nasionalisme, baik di lingkungan kampus maupun masyarakat.

    “Perbedaan ini membuat kita lebih sadar akan pentingnya rasa nasionalisme, bukan hanya dalam kehidupan kampus, tapi juga dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara,” kata Supriyadi.

    Bagi kamu para mahasiswa di seluruh wilayah Indonesia, mari kita tumbuhkan sikap nasionalisme dengan tiga hal di atas. Harapannya, mahasiwa mampu memiliki jiwa besemangat yang tinggi dalam membantu meningkatkan kesejahteraan negara Indonesia. Sekarang, giliran kamu yang beperan!

     

    Referensi: Wawancara | Y.A.I Campus

    Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

    Terima kasih telah membaca sampai di sini