Sering Merasa Insecure Dengan Diri Sendiri? Berikut Cara Mengatasinya

Sering Merasa Insecure Dengan Diri Sendiri? Berikut Cara Mengatasinya
info gambar utama

Secara umum insecure dapat diartikan sebuah perasaan tidak nyaman dan aman. Perasaan ini mungkin menyebabkan rasa cemas, tidak mampu, hingga tidak percaya diri sehingga menimbulkan rasa cemburu dan iri terhadap pencapaian orang lain.

Sebenarnya, hal tersebut terbilang wajar. Mayoritas orang pasti pernah memiliki rasa insecure terhadap dirinya sendiri. Insecure yang kamu alami tidak datang secara tiba-tiba, biasanya perasaan itu muncul karena beberapa hal di antaranya:

Trauma

Seseorang yang pernah mengalami trauma di masa lalu dapat mengakibatkan munculnya rasa tidak percaya diri. Trauma yang dimiliki setiap orang tentunya berbeda. Namun, ada beberapa trauma yang sering dialami, seperti pola asuh orang tua yang kurang tepat, tekanan dari keluarga, korban bullying, atau korban pelecehan.

Trauma yang berkepanjangan mampu membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Bahkan, bisa berperngaruh ke kehidupan orang tersbut dalam jangka panjang.

Ekspektasi Terlalu Tinggi

Seseorang yang memiliki eskpektasi terlalu tinggi selalu memiliki harapan dan angan-angan yang sulit dijangkau. Mereka hanya membayangkan kebahagiaan, tanpa memikirkan jalan yang ditempuh untuk mewujudkan ekspektasinya. Terlebih, hal ini tidak diimbangi dengan kesiapan diri dalam menerima kegagalan, sehingga ketika ekspektasinya tidak tercapai, dia akan merasa tidak percaya diri.

Tekanan

Umumnya semua orang memiliki tekanan tersendiri, baik dari diri sendiri, keluarga, pekerjaan, ataupun pasangan. Tekanan yang terlalu tinggi dapat menimbulkan rasa ketakutan dalam diri, entah takut mengambil keputusan yang tepat atau takut mengecewakan. Hal tersebut tidaklah baik karena dapat menyebabkan seseorang takut keluar dari zona nyaman.

Penilaian Tidak Baik dari Orang Lain

Penilaian seseorang untuk diri kita memiliki pengaruh yang sangat besar. Jika kita menerima penilaian yang positif, maka akan membuat kita bahagia. Namun sebaliknya, jika kita menerima penilaian yang negatif, maka akan menimbulkan rasa kurang percaya diri.

Hal tersebut dapat membuat orang itu menarik diri dari lingkungan sekitar ataupun dari dunia luar karena merasa tidak aman, hanya berteman dengan sunyi.

Ilustrasi  | Foto: Pexels.com
info gambar

Setelah memahami beberapa hal yang mampu menimbulkan rasa insecure dalam dirimu, kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara seperti:

Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri

Menghalau berbagai pikiran negatif yang sering muncul tidaklah mudah untuk dilakukan. Perasaan negatif yang muncul dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan membuatmu terus menyalahkan diri sendiri akan kegagalan yang kamu alami.

Namun, kamu harus bisa melawan hal tersebut. Tanamkan dalam dirimu jika bukan hanya kamu yang sering mengalami kegagalan. Semua orang pasti mengalami kegagalan, jadi kamu tidak perlu larut dalam kesedihan hingga menyalahkan diri sendiri.

Berhenti Membandingkan Dengan Orang Lain

Membandingkan dirimu dengan orang lain bukanlah hal yang tepat untuk memperbaiki diri. Hal tersebut justru membuat kamu lebih insecure dan rendah diri. Terlebih, di tengah maraknya penggunaan media sosial saat ini, saat kita lebih sering melihat pencapaian orang lain.

Maka dari itu, mulailah untuk mengurangi bermain media sosial agar kamu bisa fokus pada dirimu sendiri dan selalu bersyukur dengan pencapaianmu dan sesuatu yang kamu miliki.

Lakukan Hal yang Disukai

Jangan lupa melakukan hal yang kamu sukai dan dapat membuatmu bahagia. Dengan melakukan hal tersebut, kamu dapat membuat dirimu merasa bahwa hal yang kamu miliki saat ini sudah sangat cukup.

Hal yang bisa kamu lakukan dia ntaranya, berpergian ke tempat yang kamu sukai, berjalan-jalan dengan hewan kesayangan, mencoba hal baru yang belum pernah kamu lakukan, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi dan mencegah rasa insecure datang. Sebenarnya. masih banyak yang bisa kamu lakukan. seperti menjauhi orang yang toxic, mencari lingkungan yang positif, meminta pendapat dari orang baik, dan selalu berusaha berpikir positif.

 

Referensi: Hello Sehat I Alodokter

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini