Rasa Malas Mulai Datang? Berikut Langkah Hilangkannya!

Rasa Malas Mulai Datang? Berikut Langkah Hilangkannya!
info gambar utama

Rasa malas biasa muncul secara tak terduga, bahkan bisa mengganggu serta menghambat aktivitas keseharian. Umumnya, rasa malas yang muncul adalah hal biasa dan normal. Namun, tidak baik jika kita biarkan begitu saja.

Rasa malas terus menerus akan memberikan dampak negatif, seperti tidak fokus, menurunkan kinerja, dan memengaruhi keseluruhan kesehatan. Biasanya, rasa malas bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti lelah, takut gagal, kurangnya motivasi, kebiasaan menunda, dan sebagainya.

Jika tidak ingin rasa malas ini berlarut dan menimbulkan dampak negatif pada kehidupanmu, kamu harus segera mengatasinya. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Mendorong Motivasi untuk Diri Sendiri

Dengan memotivasi diri sendiri, kamu dapat melawan rasa malas yang timbul. Mulailah menanamkan pada diri kamu bahwa kamu bukan orang yang pemalas. Segera bangkit dan kerjakan seluruh tugasmu tanpa perlu banyak berpikir. Dengan hal tersebut kamu dapat menghilangkan rasa malas yang timbul.

Membuat Daftar atau Jadwal

Buatlah daftar tugas yang akan kamu lakukan dalam 1 hari dapat membuat kamu menjadi produktif mengerjakan tugas. Pastikan kamu mengaturnya sesuai dengan prioritas paling urgent. Jika kamu melakukan cara ini, semua akan terencana dan tidak luput kamu lewatkan sehingga tidak ada rasa malas yang akan muncul.

Mencoba Olahraga

Jika rasa malas kamu sudah muncul, cobalah melakukan kegiatan fisik seperti olahraga. Olahraga dapat bermanfaat untuk meningkatkan energi, mengurangi stres, menurunkan kecemasan, dan memperbaiki suasana hati yang secara tidak langsung tentu akan membantumu mengurangi kelelahan.

Memberikan Apresiasi untuk Diri Sendiri

Hal yang terpenting untuk menghilangkan rasa malasmu adalah memberikan apresiasi untuk dirimu sendiri terhadap apa pun yang sudah kamu kerjakan. Nyatanya, memberikan apresiasi mampu meningkatkan motivasi untuk mencapai impianmu.

Beristirahat Cukup

Kamu bisa mulai menciptakan pola istirahat yang cukup karena bisa memengaruhi tinngkat energi kamu. Dengan menciptakan dan menjaga pola istirahat yang sehat, kamu mampu meningkatkan produktivitas dan mengurangi rasa malas. Kamu bisa mengatur pola tidurmu 7-9 jam setiap malam agar tubuh terasa segar.

Nah itu tadi beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk menghilangkan rasa malas. Selain beberapa cara di atas, masih ada banyak cara lain yang bisa kamu terapkan, seperti, menikmati alam, mengelola stres dengan baik, menjalani hobi, dan lainnya.

Mengatasi rasa malas memang tidak mudah. Perlu sikap konsisten dan disiplin. Maka dari itu, sebelum kamu menerapkan cara di atas, kamu harus mencari tahu terlebih dahulu penyebab rasa malas yang muncul dalam dirimu. Yakinkan dirimu jika kamu bisa melawan dan menghilangkan rasa malasmu agar lebih produktif lagi.

Kamu bisa memulai dengan hidup sehat, karena rasa malas bisa muncul karena keadaan tubuh yang kurang prima. Mulai dengan meminum air putih, tidak merokok, menghindari makanan manis dan berlemak, serta menyantap masakan berprotein tinggi.

Namun, jika rasa malasmu tidak kunjung hilang dan berkepanjangan. Bahkan, memberikan dampak susah tidur, tidak nafsu makan, dan membuatmu memiliki keinginan untuk bunuh diri, bisa saja itu termasuk gejala depresi. Maka, kamu memerlukan bantuan ahlinya. Segeralah hubungi dokter ataupun psikolog untuk membantumu menghilangkan hal negatif tersebut agar tidak semakin berlarut.

 

Referensi:Alodokter | Kejar Mimpi

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini