Lingkungan Kerja Negatif? Lakukan Hal Ini Agar Tetap Produktif!

Lingkungan Kerja Negatif? Lakukan Hal Ini Agar Tetap Produktif!
info gambar utama

Setiap lingkungan kerja memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ada yang saling mendukung, ada yang saling cuek, ada pula lingkungan kerja yang saling menekan satu sama lain. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, bisa terjadi karena faktor atasan, bisa juga terjadi karena faktor rekan kerja.

Lingkungan kerja yang negatif, secara tidak langsung akan membuatmu muak dan tidak bersemangat dalam bekerja. Hal ini semakin berbahaya jika sampai mempengaruhi produktivitas kerjamu. Untuk itu, kamu dituntut harus bisa menghadapi lingkungan kerja apapun kondisinya, agar produktivitas kerjamu tetap baik.

Namun sebelum itu, kamu harus mengenali tanda-tanda bahwa lingkungan kerja kamu terasa buruk. Mulai dari apakah komunikasi dilingkungan kerja tidak efektif, adanya perilaku tidak profesional, hubungan yang tidak harmonis antar rekan kerja atau atasan, diberikannya sanksi tanpa adanya pembahasan masalah, atau terlalu banyaknya pergunjingan negatif.

Melihat kondisi tersebut, tentu saja kamu tidak boleh berdiam diri. Kamu bisa melakukan beberapa hal berikut agar bisa tetap produktif dan kerja maksimal,

  1. Membuat Grup “Supporting“ Antar Rekan Kerja
Ilustrasi grup supporting
Pexels.com/AlokSharma

Hal ini merupakan yang paling sederhana yang bisa kamu lakukan, Goodmates! Kamu bisa memulai dengan membuat grup Whatsapp yang bisa saling mendukung pekerjaan. Grup tersebut bisa dijadikan ruang diskusi dan memberikan berbagai positivevibes. Tentu saja tidak semua rekan kerja bisa kamu ajak bergabung, karena tidak semua pegawai memiliki tujuan yang sama.

Kamu bisa membuatnya dengan pegawai yang memiliki visi dan misi yang sama. Dengan cara ini kamu bisa saling bertukar ide dan memberikan perlindungan dari hubungan kerja yang tidak sehat di tempat kerjamu. Asyik, bukan?

  1. Ngobrol Santai dan Bergurau di Luar Jam Kerja
Ilustrasi bergurau diluar jam kerja
Pexels.com/PavelDanilyuk

Tidak hanya aktivitas formal atau yang berkaitan dengan pekerjaan saja yang bisa kamu lakukan. Kamu juga perlu untuk bisa saling ngobrol secara informal atau santai di luar jam kantor. Misalnya, nge-jokes bareng yang bisa merelaksasi situasi yang tegang. Hal ini bisa membuat hubungan dengan rekan kerjamu menjadi baik.

Daripada harus mengeluh setiap hari, coba untuk melihat sekitar yang bisa dijadikan bahan gurauan dengan teman-temanmu. Jika kamu belum terbiasa dengan jokes teman-temanmu, cobalah untuk saling bertukan cerita lucu untuk mencairkan suasana. Misalnya, menceritakan masa kecil yang memalukan atau kisah asmara yang selalu sial.

  1. Hindari bergosip
Ilustrasi bergosip
Pexels.com/FelicityTai

Salah satu hal yang membuat lingkungan kerja negatif adalah membicarakan kehidupan orang lain di belakang. Hal ini sering terjadi di beberapa perusahaan hingga menimbulkan kesan tidak baik kepada pihak yang dibicarakan, padahal awalnya biasa-biasa saja.

Membicarakan orang lain atau rekan kerja hingga atasan memang terlihat menyenangkan, namun pikirlah lebih dulu apakah hal itu bisa berdampak buruk terhadap produktifitas dan hubungan relasi di kantor. Think before act ya, Goodmates!

  1. Dokumentasikan Pekerjaan
Ilustrasi dokumentasikan pekerjaan
info gambar

Lingkungan kerja yang negatif dapat dilihat dari kurangnya kepercayaan, serta masalah kurangnya komunikasi yang tidak efektif. Nah, untuk melindungi diri dari hal yang tidak diinginkan, kamu bisa mendokumentasikan seluruh aktifitas pekerjaanmu, seperti hasil meeting, pengajuian cuti tahunan, hingga komitmen khusus terhadap perusahaan. Dokumentasi ini bertujuan sebagai laporan mengenai kinerja yang kamu lakukan di perusahaan agar lebih transparan dan komprehensif.

  1. Fokus pada Pekerjaan Utama
Ilustrasi fokus pada pekerjaan utama
info gambar

Jika lingkungan kerja kurang mendukung dan sudah melihat aura negatif, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah fokus terhadap pekerjaan tanpa melibatkan orang lain. Kamu dapat menyibukkan diri selama jam kerja. Menyelesaikan pekerjaan sesuai target tanpa harus wara-wiri ngobrol yang berujung membicarakan kehidupan orang lain. Terdengar menarik, namun malah menjerumuskanmu ke dalam jurang masalah.

Nah, kalau memang di lingkungan kerjamu sudah ada tanda-tanda lingkungan yang negatif, kamu bisa melakukan cara tersebut ya, Goodmates! Atau, adakah cara lain yang biasanya kamu terapkan di lingkungan kerjamu? Tuliskan di kolom komentar ya!

Untuk tau lebih banyak seputar informasi lowongan pekerjaan ter-update, kamu bisa cek Instagram @workerspedia dan channel Youtube Workerspedia. Disana kamu akan menemukan informasi seputar dunia kerja yang sangat bermanfaat.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini