Diskusi Seru Bersama Lampahing Bumi

Diskusi Seru Bersama Lampahing Bumi
info gambar utama

Berawal dari Pandemi

Belajar tidak hanya saat berada di bangku perkuliahan. Butuh adanya wadah belajar langsung dengan orang yang telah berpengalaman di bidangnya. Hal inilah yang mendasari terbentuknya komunitas Lampahing Bumi atau sering disingkat Labumi Society.

Berawal dari menonton film “Diam dan Dengarkan” secara bersama-sama, akhirnya memunculkan berbagai diskusi sederhana yang berlanjut dalam grup kecil. Diskusi yang berjalan secara terus menerus membuat Bu Ani Widiastuti, Ph.D., Dosen Fakultas Pertanian UGM dengan 8 mahasiswanya membentuk Labumi sebagai wadah diskusi berbagai permasalahan, baik dari bidang lingkungan, pertanian, self-development, dan hal menarik lainnya di lingkungan masyarakat. Komunitas ini bermula dengan anggota yang tergabung sukarela di lingkungan Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada.

Labumi membawa semangat belajar dengan berbagi dan berdiskusi tentang berbagai hal. Kepengurusan Labumi terbuka untuk setiap anggota tanpa memandang usia maupun gender. Setiap anggota akan masuk divisi yang sesuai dengan minat, kemampuan, dan pengalamannya. Setiap anggota dapat menjadi penanggung jawab di berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh Labumi.

Kelas Bioengineerd Plants | Foto : sumber pribadi
info gambar

Kelas dengan Topik Menarik

Setiap bulan, Labumi mengadakan kegiatan kelas yang mengundang berbagai narasumber di beragam bidang. Setiap kelas, tentu memiliki materi berbeda. Saat ini, tercatat sudah ada 14 kelas dengan topik seperti responsible sourcing, healthy food business, surviving in a post pandemic workforce, perks of being a milenial farmer, dan sebagainya.

Kelasnya selalu terbuka untuk umum tanpa pungutan biaya. Kelas bersifat sarana diskusi terbuka untuk segala rasa ingin tahu. Sampai saat ini, kelas selalu dilaksanakan secara online sehingga peserta dapat mengaksesnya di mana saja. Narasumbernya pun berasal dari berbagai kalangan yang tentu ahli dibidangnya.

Diskusi Seru Lewat Instagram Live dan Microblog

Microblog Labumi | Sumber : Instagram @labumi_society

Labumi hadir di Instagram Ldan Microblog yang dapat diakses di @labumi_society. Melalui platform ini, Labumi mengajak teman-teman berdiskusi secara langsung. Biasanya, membahas topik menarik, seperti belajar bisnis pupuk organik, persiapan sebelum lulus kuliah, hingga cerita tentang beasiswa dan kuliah di luar negeri. Jika kamu membuka Instagram Labumi, maka akan menjumpai berbagai Mircroblog yang ditulis oleh teman-teman Labumi.

Labumi terbuka untuk setiap organisasi atau komunitas lain yang ingin bekerja sama. Dinamika kekeluargaan muncul di Labumi seiring berbagai kegiatan kerjasama antar anggotanya. Jika kamu ingin mencari ruang berdiskusi yang nyaman dan aman tentang berbagai topik, Labumi adalah jawaban komunitas yang harus kamu ikuti!

 

Referensi:Instagram @labumi_society

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini